//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta  (Read 4706 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« on: 19 August 2011, 11:31:46 PM »
Sharing pengalaman neh, dan juga sekalian nanya...

2 anjing gw...lebih tepatnya anjing-nya temen...dititipin ke gw 3 hari...

mereka super aktif..suka gong2 gk jelas...

kalo malem gw tidur...malah keliaran lari2 dikamar gw.. :|

karena kesel, aye buka paritta dan mantra2 yg dinyanyiin sama Imee Ooi...

dan mereka langsung tenang dan mulai tidur...

well, gw kira ini kebetulan...trus ini barusan ribut2 lage..dan gw suruh diem juga gk bisa diem...mondar2 mandir gk jelas...

akhirne buka Mantra2 Buddhist lage...dan skarang...mereka kayak anjing mati...gk ada suara sama sekale...

Pertanyaannya.. :

apakah Mantra dan Paritta bener2 ada kekuatan untuk menenangkan binatang? kalo iya, kenapa bisa begitu? kenapa bahasa Sansekerta bisa nenangin binatang?

Offline Veno

  • Teman
  • **
  • Posts: 58
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
  • Amithofo bless Us
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #1 on: 19 August 2011, 11:42:47 PM »
mungkin anjing agan dulunya seorang buddhis jg :D, so dia merasa nyaman ketika mendengarkan paritta atau mantra, spt kita layaknya manusia saja yg bila mendengar lagu yg tenang, damai dn kita sukai pasti kn akan merasa tenang dn nyaman,  ;D...

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #2 on: 19 August 2011, 11:45:20 PM »
hebat uiy, pengalaman langsung.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #3 on: 20 August 2011, 12:16:23 AM »
bikin pidionya donk terus masukin ke youtup  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #4 on: 20 August 2011, 12:20:14 AM »
calon masuk sukawati
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.189
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #5 on: 20 August 2011, 12:26:07 AM »
aneh tapi nyata

ayo jgn kalah sama anjing, kalau anjing aja bisa tenang denger paritta, masa kita gak?
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #6 on: 20 August 2011, 12:36:27 AM »
Menurut aye, Kalo emank karena kekuatan parrita binatang bias tenang, mungkin umat Buddhist bias bangga dan Kita bisa membuktikan pada dunia kalo baca dan denger paritta itu manfaatnya bukan sekedar komat kamit gk jelas haha

Offline Veno

  • Teman
  • **
  • Posts: 58
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
  • Amithofo bless Us
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #7 on: 20 August 2011, 12:40:43 AM »
Menurut aye, Kalo emank karena kekuatan parrita binatang bias tenang, mungkin umat Buddhist bias bangga dan Kita bisa membuktikan pada dunia kalo baca dan denger paritta itu manfaatnya bukan sekedar komat kamit gk jelas haha


klo gitu tr besok2 saya test ah baca paritta d tengah aksi tawuran..

siapa tahu bisa menenangkan hati mereka..  ;D ;D ;D...
hayo sapa mu ikt.. daftar segera biar parittanya makin kuat.... ;D ;D

mohon bantuannnya... ;D ;D ^:)^

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #8 on: 20 August 2011, 07:37:50 AM »
Menurut aye, Kalo emank karena kekuatan parrita binatang bias tenang, mungkin umat Buddhist bias bangga dan Kita bisa membuktikan pada dunia kalo baca dan denger paritta itu manfaatnya bukan sekedar komat kamit gk jelas haha
dah coba tes lagu lain ga? atau coba lagu gereja, atau lagu metal, atau lagu rohani lain, liat berefek gimana.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #9 on: 20 August 2011, 08:13:05 AM »
dalam hal pengetesan harus dilakukan dengan porposi yang seimbang
ntar bisa masuk jurnal ilmiah: "jenis2 lagu rohani sebagai penenang bagi batin/mental yang berefek pada kehidupan mahluk hidup".

uji lagu yang diperdengarkan
- buddhist: chanting
- dst
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #10 on: 20 August 2011, 08:52:25 AM »
Mungkin anjing nya suka dengerin musik apa aja, sol2...
Coba musik lain, mulai dari yg beat nya pelan samai cepat...
Dari instrumental, slow pop ampe trance, techno...

You'll see what are they doing?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #11 on: 20 August 2011, 09:01:44 AM »
Tiap sore bawa ke mesjid....

ada anjing yg ikut melonglong denger toa orang sholat :hammer:

jadi mungkin ada sensasi tersendiri dari nada nada buat mereka
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #12 on: 20 August 2011, 09:54:37 AM »
menurut saya berguna kok membuat para hewan mendengar mantra dan paritta. karena Buddha sendiri bilang kalau ada ayam yang bisa terlahir jadi putri karena ayam ini tiap hari dengerin kotbah Dhamma. sumbernya dari Dhammapada Atthakatha. 

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=5875.0;message=155219

 

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #13 on: 20 August 2011, 11:51:58 AM »
aneh tapi nyata

ayo jgn kalah sama anjing, kalau anjing aja bisa tenang denger paritta, masa kita gak?

loh kok mesti denger paritta dulu baru bisa tenang sih? ;D
disamain sama anjing lagi :)).

kalo mesti denger baru bisa tenang kan itu artinya tidak memahami dan tidak mempraktekkan apa isi dari paritta itu,
tapi hanya sekedar menyukai bunyi-bunyian dan bergantung padanya :P.

Tiap sore bawa ke mesjid....

ada anjing yg ikut melonglong denger toa orang sholat :hammer:

jadi mungkin ada sensasi tersendiri dari nada nada buat mereka

kalo soal toa sih, bukan cuma toa mesjid, tapi toa penjual es krim, penjual roti dan toa-toa lainnya menurut sepengetahuan saya memang akan membuat anjing melolong ;D.

Offline jin mabok

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 174
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Anjingku suka denger Mantra dan Paritta
« Reply #14 on: 26 August 2011, 01:33:17 PM »
Menurut aye, itulah kekuatan musik.

Coba deh Anda lg nyetir trs hidupkan lagu-lagu asik.
Yah tau lah lagu-lagu beraliran asik itu gmn, apa yg Anda rasakan?
Tentunya lebih semangat dan membuat perasaan menjadi menggebu-gebu bukan?
Malah terkadang karena terbawa suasana, Anda menyetir dgn ngebut mengikuti musik yg Anda dengarkan.

Tapi coba deh Anda putarkan lagu yg sdikit slow seperti lagu Imee Ooi yg chant of metta.
Pasti perasaan Anda sedikit lebih tenang.
Dan perasaan menggebu-gebu tadi lenyap berubah menjadi damai.

 :whistle: :whistle:

 

anything