//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tentang Berbohong dan Dosa  (Read 6865 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline kelie_r

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 5
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Tentang Berbohong dan Dosa
« on: 21 July 2011, 03:19:09 PM »
Namo Buddhaya.. _/\_
saya masih baru disini..
Dan saya mau bertanya tentang 'berbohong'
Apakah kalo kita berbohong karena terpaksa itu juga dosa?
contoh kejadian nya kayak gitu..
Kita jualan. Misalnya kita jual baju.. modal kita buat beli itu baju rp 50.000 trus kita jual baju tu dgn harga rp 60.000 trus ada yg mau beli. Dia minta kurang harga kita kasi 59.000 sampe uda 51.000 kan ga mungkin ya kita jualan ga dapat uang.. Ya pasti kita bohong n ngatain klo kita beli tu baju jg dgn harga 51.000 bukan?

jadi kira'' itu dosa ga ya?

dan berbohong untuk kebaikan apa dosa juga?
Misalnya kayak gitu..
Kita lg sendirian di tempat yg sepi. Tiba'' ada org datang lari'' dgn berlumuran darah sambil megang perutnya..kita kan nampak tu orang.
Trus org kedua dtg smbil lari jg bawa pisau, trus orang kedua ini tanya kita apakah tadi kamu melihat ada orang lari disekitar sini?
Ya pasti kita jawab ga ya..
Soalnya kalo kita jawab ada, pasti dia bunuh orang pertama td..
Jadi kira'' dosa ga ya? Soalnya kita kan berbohong untuk melindungi orang...

Mohon dijawab ya. N sory kalo kepanjangan..
Thanks ^^  _/\_

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #1 on: 21 July 2011, 03:49:31 PM »
Namo Buddhaya.. _/\_
saya masih baru disini..
Dan saya mau bertanya tentang 'berbohong'
Apakah kalo kita berbohong karena terpaksa itu juga dosa?
contoh kejadian nya kayak gitu..
Kita jualan. Misalnya kita jual baju.. modal kita buat beli itu baju rp 50.000 trus kita jual baju tu dgn harga rp 60.000 trus ada yg mau beli. Dia minta kurang harga kita kasi 59.000 sampe uda 51.000 kan ga mungkin ya kita jualan ga dapat uang.. Ya pasti kita bohong n ngatain klo kita beli tu baju jg dgn harga 51.000 bukan?

jadi kira'' itu dosa ga ya?
Dalam Buddhisme tidak menggunakan 'dosa' seperti di agama lain. Kita melatih diri tidak berbohong karena jika kita terbiasa mengatakan hal-hal yang tidak sesuai dengan kebenaran, walaupun hanya hal-hal kecil, bisa terbawa sampai ke hal-hal besar.

Demi kebaikan, kita bisa memilih tidak mengatakan sesuatu. Tidak selalu harus berbohong. Kalau berdagang menyebutkan modal, itu namanya jujur tapi bodoh. Kita bisa bilang untungnya sudah pas-pasan atau biaya besar, dll. Tidak selalu harus berbohong mengenai modal.


Quote
dan berbohong untuk kebaikan apa dosa juga?
Misalnya kayak gitu..
Kita lg sendirian di tempat yg sepi. Tiba'' ada org datang lari'' dgn berlumuran darah sambil megang perutnya..kita kan nampak tu orang.
Trus org kedua dtg smbil lari jg bawa pisau, trus orang kedua ini tanya kita apakah tadi kamu melihat ada orang lari disekitar sini?
Ya pasti kita jawab ga ya..
Soalnya kalo kita jawab ada, pasti dia bunuh orang pertama td..
Jadi kira'' dosa ga ya? Soalnya kita kan berbohong untuk melindungi orang...

Mohon dijawab ya. N sory kalo kepanjangan..
Thanks ^^  _/\_
Dalam hidup, banyak hal-hal yang perlu dipertimbangkan dengan kebijaksanaan, bukan selalu kaku pada peraturan secara total. Pahamilah mengapa peraturan dibuat dan apa manfaat dari aturan tersebut.


Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #2 on: 21 July 2011, 03:56:11 PM »
Namo Buddhaya.. _/\_
saya masih baru disini..
Dan saya mau bertanya tentang 'berbohong'
Apakah kalo kita berbohong karena terpaksa itu juga dosa?
contoh kejadian nya kayak gitu..
Kita jualan. Misalnya kita jual baju.. modal kita buat beli itu baju rp 50.000 trus kita jual baju tu dgn harga rp 60.000 trus ada yg mau beli. Dia minta kurang harga kita kasi 59.000 sampe uda 51.000 kan ga mungkin ya kita jualan ga dapat uang.. Ya pasti kita bohong n ngatain klo kita beli tu baju jg dgn harga 51.000 bukan?

jadi kira'' itu dosa ga ya?

dan berbohong untuk kebaikan apa dosa juga?

Mungkin harus ditetapkan harga penawaran yang paling minimal. Jika memang penawaran dibawah harga tersebut, bisa langsung ditolak  ;D.

Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #3 on: 21 July 2011, 04:16:25 PM »
nah sedikit tambahan.. saya di toko juga kadang2 ada kendala untuk gak berbohong..

contoh kasus.. ada pelanggan beli barang A dgn harga 45000, terus dia minta di bon di tulis 50.000. biasanya sih saya bilang, saya kasi bon kosong aja yah..(mksdnya biar dia yg nulis sendiri). tapi most case, dianya gak mau n mau tulisan tangan guanya :hammer:
ya terpaksa deh eke tulisin 50.000,- gejolak batin juga wahahhaha tapi kl ngk di tulisin suka gak jadi beli (pengalaman sih rata2 gak mo balik beli lagi atau lsg gak jadi beli)  :'(

mo gak mau ikut andil juga deh dlm kasus penipuan tsb  :(

tapi yg pasti kl dia minta begituan gua pasti gak kasi cap/stempel toko, jaga2 hahahahahhahahha

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #4 on: 21 July 2011, 05:59:25 PM »
pertanyaan menguji ini  ;D saya rasa TS sudah tau jawabannya  :))
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #5 on: 21 July 2011, 06:22:44 PM »
Quote
Apakah kalo kita berbohong karena terpaksa itu juga dosa?
terpaksa = dpt mengakibatkan nyawa melayang...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline jin mabok

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 174
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #6 on: 22 July 2011, 11:16:35 AM »
Kalo aku sih tidak melihat ke apa yg kita lakukan, tetapi lebih ke niat kita saat melakukan tersebut.

Untuk kasus dagang, seandainya saat besar nanti aku berada pada situasi Anda, yah mau tidak mau aku harus berbohong.
Kalau tidak, besok mau makan apee coba?

Jadi saat akan berbohong kepada pelanggan, aku sih niatnya cuma untuk dapet duit buat makan. Buat kluarga makan.
Bukan untuk merugikan pelanggan tsb.

Meskipun begitu, tapi aku tetap melakukan karma buruk karena telah merugikan pelanggan dgn membohonginya.

Intinya sih emang susah kalau mau melatih diri sementara kita masih terikat dgn hal duniawi.

-----

Sama halnya dgn kasus ke-2.
Tentu saja kita berbohong kepada org yg membawa pisau tsb agar org yg sedang berlumuran darah tsb dapat selamat.
Tapi itu tidak merupakan karma buruk, karena niat kita adalah untuk menyelamatkan nyawa org lain dan mencegah terjadinya pembunuhan.

Offline Ruenis

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #7 on: 22 July 2011, 01:46:02 PM »
nah sedikit tambahan.. saya di toko juga kadang2 ada kendala untuk gak berbohong..

contoh kasus.. ada pelanggan beli barang A dgn harga 45000, terus dia minta di bon di tulis 50.000. biasanya sih saya bilang, saya kasi bon kosong aja yah..(mksdnya biar dia yg nulis sendiri). tapi most case, dianya gak mau n mau tulisan tangan guanya :hammer:
ya terpaksa deh eke tulisin 50.000,- gejolak batin juga wahahhaha tapi kl ngk di tulisin suka gak jadi beli (pengalaman sih rata2 gak mo balik beli lagi atau lsg gak jadi beli)  :'(

mo gak mau ikut andil juga deh dlm kasus penipuan tsb  :(

tapi yg pasti kl dia minta begituan gua pasti gak kasi cap/stempel toko, jaga2 hahahahahhahahha

Pertanyaan di awal sudah dijawab oleh Bro Kainyn dengan sempurna.

untuk yang saya quote ini,masalahnya adalah bagaimana tekad dan prinsip hidup anda sendiri,saya yakin anda tau hal ini(membuat bon dengan harga yang tidak benar sesuai permintaan konsumen) adalah salah dan itu menganjal dipikiran anda,oleh karena itu anda bertanya disini.

Berbohong,apapun alasannya ada baiknya tidak dibiasakan.karena dengan alasan2 "kebaikan" kelak bisa kebablasan dan membuahkan masalah besar.
Jika sejak dini anda bertekad untuk berani mengatakan TIDAK untuk membuat bon dengan harga yang tidak benar,saya pikir konsumen juga akan mengenal anda dari sikap tegas anda itu,tapi semua kembali ke pilihan anda sendiri sebagai pewaris karma perbuatan sendiri.salam
Thousands of candles can be lighted from a single candle,
and the life of the candle will not be shortened.
Happiness never decreases by being shared.

Buddha

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #8 on: 22 July 2011, 02:59:38 PM »
Seperti kata bro Ruenis, bro Kuswanto punya niat berdagang yang mendukung kejujuran, akibatnya sekarang mungkin hilang beberapa pelanggan. Tapi bukan tidak mungkin malah nanti direkomendasikan oleh banyak orang/perusahaan karena reputasi kejujurannya. Walaupun tidak banyak, tapi masih ada juga orang yang menjunjung tinggi kejujuran.


Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #9 on: 22 July 2011, 05:34:19 PM »
tetapi sebelumnya maaf, sebenarnya arti dosa pada ajaran buddha itu apa ?  :)

soalnya apa yang di tulis pada judul diatas tentang berbohong dan dosa, apakah yang dimaksud ts berbohong itu dosa?
karena TS menulis dan menanyakan "Apakah kalo kita berbohong karena terpaksa itu juga dosa?" sedangkan dosa pada ajaran buddha yang saya tau itu "kebencian"

jika itu yang di maksud TSdan dilihat dari pandangan ajaran buddhis berjualan seperti itu tidak "dosa" tetapi Musavada  ;D mohon di koreksi jika salah  _/\_
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #10 on: 22 July 2011, 06:36:15 PM »
tetapi sebelumnya maaf, sebenarnya arti dosa pada ajaran buddha itu apa ?  :)

soalnya apa yang di tulis pada judul diatas tentang berbohong dan dosa, apakah yang dimaksud ts berbohong itu dosa?
karena TS menulis dan menanyakan "Apakah kalo kita berbohong karena terpaksa itu juga dosa?" sedangkan dosa pada ajaran buddha yang saya tau itu "kebencian"

jika itu yang di maksud TSdan dilihat dari pandangan ajaran buddhis berjualan seperti itu tidak "dosa" tetapi Musavada  ;D mohon di koreksi jika salah  _/\_
Kalau menurut dugaan saya, sepertinya TS ini masih belum terbiasa dengan istilah Buddhisme dan masih terpengaruh paham ajaran lain, sehingga menggunakan 'dosa' tersebut. Betul seperti bro WAL bilang, kalau 'dosa' dalam istilah Buddhisme berarti 'kebencian', dan tidak ada hubungan langsung dengan 'musavada' atau 'ucapan salah'.


Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #11 on: 22 July 2011, 07:37:52 PM »
Kalau menurut dugaan saya, sepertinya TS ini masih belum terbiasa dengan istilah Buddhisme dan masih terpengaruh paham ajaran lain, sehingga menggunakan 'dosa' tersebut. Betul seperti bro WAL bilang, kalau 'dosa' dalam istilah Buddhisme berarti 'kebencian', dan tidak ada hubungan langsung dengan 'musavada' atau 'ucapan salah'.

jadi kata bagaimana sebaiknya yang di gunakan bro?
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline stephen chow

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.055
  • Reputasi: 37
  • Gender: Male
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #12 on: 22 July 2011, 08:12:08 PM »
Pertanyaan di awal sudah dijawab oleh Bro Kainyn dengan sempurna.

untuk yang saya quote ini,masalahnya adalah bagaimana tekad dan prinsip hidup anda sendiri,saya yakin anda tau hal ini(membuat bon dengan harga yang tidak benar sesuai permintaan konsumen) adalah salah dan itu menganjal dipikiran anda,oleh karena itu anda bertanya disini.

Berbohong,apapun alasannya ada baiknya tidak dibiasakan.karena dengan alasan2 "kebaikan" kelak bisa kebablasan dan membuahkan masalah besar.
Jika sejak dini anda bertekad untuk berani mengatakan TIDAK untuk membuat bon dengan harga yang tidak benar,saya pikir konsumen juga akan mengenal anda dari sikap tegas anda itu,tapi semua kembali ke pilihan anda sendiri sebagai pewaris karma perbuatan sendiri.salam
Tambahan dari saya Bro..  ;D

Kasus bon rekayasa memang bukan hal baru lagi, sangat buanyak kasus ini.

Jika saya pribadi ya menolak dengan cara yg halus jika kondisi masih bisa hidup berkecukupan dengan tidak ada pembeli yg bon rekayasa..

pertanyaannya jika anda menolak semua bon rekayasa, apakah usaha anda tetap bisa biayain keluarga anda hidup normal?

Jika berkecukupan ya usahanya dengan jualan menolak bon rekayasa, kenapa tidak tinggalkan saja perbuatan bon rekayasa?
Walaupun kelihatan sepele kejadian ini, kenapa harus mendapatkan uang dengan cara begitu jika ada cara lain.

 _/\_
Menjadi Baik adalah moralitas sejati..
Berbuat Baik adalah mungkin sekadar jalan menuju tujuan..
Y.M. Dr. H. Saddhatissa..

Offline kelie_r

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 5
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #13 on: 23 July 2011, 02:35:39 PM »
terpaksa = dpt mengakibatkan nyawa melayang...
maksudnya gimana ya?  :-?
pertanyaan menguji ini  ;D saya rasa TS sudah tau jawabannya  :))
ngga kok emang ga tau  :)

tetapi sebelumnya maaf, sebenarnya arti dosa pada ajaran buddha itu apa ?  :)

soalnya apa yang di tulis pada judul diatas tentang berbohong dan dosa, apakah yang dimaksud ts berbohong itu dosa?
karena TS menulis dan menanyakan "Apakah kalo kita berbohong karena terpaksa itu juga dosa?" sedangkan dosa pada ajaran buddha yang saya tau itu "kebencian"

jika itu yang di maksud TSdan dilihat dari pandangan ajaran buddhis berjualan seperti itu tidak "dosa" tetapi Musavada  ;D mohon di koreksi jika salah  _/\_
iya ya.. berarti salah menggunakan bahasa ya saya.
hehe.. _/\_
jadi kalo saya blg berbohong karena terpaksa, apakah itu karma buruk juga?
Kalau menurut dugaan saya, sepertinya TS ini masih belum terbiasa dengan istilah Buddhisme dan masih terpengaruh paham ajaran lain, sehingga menggunakan 'dosa' tersebut. Betul seperti bro WAL bilang, kalau 'dosa' dalam istilah Buddhisme berarti 'kebencian', dan tidak ada hubungan langsung dengan 'musavada' atau 'ucapan salah'.
iya..
saya baru sadar aja. trims.kalo saya blg berbohong karena terpaksa apakah itu karma buruk gimana?

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Tentang Berbohong dan Dosa
« Reply #14 on: 23 July 2011, 02:47:08 PM »
maksudnya gimana ya?  :-?ngga kok emang ga tau  :)
iya ya.. berarti salah menggunakan bahasa ya saya.
hehe.. _/\_
jadi kalo saya blg berbohong karena terpaksa, apakah itu karma buruk juga?iya..
saya baru sadar aja. trims.kalo saya blg berbohong karena terpaksa apakah itu karma buruk gimana?

kalau menurut saya tetap akan menerima kamma buruk walaupun kecil, lebih baik kita tunggu pencerahan dari yang lebih faham dari para senior dan sesepuh DC  :)
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

 

anything