//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk  (Read 8997 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Dwi Susanto

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« on: 19 July 2011, 02:38:51 AM »
Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi pengetahuan saya tentang ajaran Buddha hanya saya peroleh ketika saya menempuh pendidikan sejarah dan buku-buku yang saya baca, saya ingin mengetahui apakah ada bacaan-bacaan ketika kita melakukan meditasi dan apakah sudah ada Tripitaka dijual di toko buku?

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #1 on: 19 July 2011, 03:53:38 AM »
Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi pengetahuan saya tentang ajaran Buddha hanya saya peroleh ketika saya menempuh pendidikan sejarah dan buku-buku yang saya baca, saya ingin mengetahui apakah ada bacaan-bacaan ketika kita melakukan meditasi dan apakah sudah ada Tripitaka dijual di toko buku?

salam kenal bro dwi, sama saya juga baru belajar , semoga betah di DC  _/\_

coba bro buka2

http://dhammacitta.org/dcpedia/DhammaCitta_Pedia

http://dhammacitta.org/perpustakaan/

semoga bermanfaat , salam metta  :) _/\_
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #2 on: 19 July 2011, 07:59:09 AM »
Meditasi adalah praktek. Kalau sudah mempelajari meditasi, maka yang seharusnya dilakukan adalah berlatih.
Untuk pemula memang sebaiknya ada pedoman yang baik, dan setelah semakin maju maka yang penting adalah ketekukan berlatih.

Untuk Tipitaka belum ada terjemahan lengkap, tetapi sepotong-sepotong. DC sendiri telah menerbitkan sebagian dari Sutta Pitaka.
Silahkan browsing dan tanya-tanya kalau perlu :)
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Jayadharo Anton

  • Sebelumnya: Balaviro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.300
  • Reputasi: 19
  • Gender: Male
  • Namatthu Buddhassa
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #3 on: 19 July 2011, 08:18:03 AM »
salam kenal,

"Kesehatan adalah keuntungan yang paling besar,kepuasan adalah kekayaan yang paling berharga,kepercayaan adalah saudara paling baik,nibbana adalah kebahagiaan tertinggi" [DHAMMAPADA:204]

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.189
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #4 on: 19 July 2011, 03:19:17 PM »
yah baca2 aja dulu bhn diatas....
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #5 on: 19 July 2011, 03:51:54 PM »
gaaa ggaammpang,...aagggaaa...mmmaaa  buuudddhhaa,...cummmaa tiggaa maceem in..in..tii nya
yaiiitu,...jaaaa..jaaaangan..berbuat jaaa..hat, yang ke duuuu..aa,..tamm..tam..bbaaahlah kee..baajikkk..kann,.yang keti..gaaaa.
aaaadaaalaaaah,..suuu..cii..kaan hatiiii dann..pi.piiiikiirrra..aan..ntu aj  #:-S berat nih kebawa avatar terus #:-S
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #6 on: 19 July 2011, 04:08:13 PM »
gaaa ggaammpang,...aagggaaa...mmmaaa  buuudddhhaa,...cummmaa tiggaa maceem in..in..tii nya
yaiiitu,...jaaaa..jaaaangan..berbuat jaaa..hat, yang ke duuuu..aa,..tamm..tam..bbaaahlah kee..baajikkk..kann,.yang keti..gaaaa.
aaaadaaalaaaah,..suuu..cii..kaan hatiiii dann..pi.piiiikiirrra..aan..ntu aj  #:-S berat nih kebawa avatar terus #:-S

Dah cukup, jangan posting model tulisan begono lage  =P~

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #7 on: 19 July 2011, 04:11:43 PM »
 [at]  kakao
kalau anda ingin diterima di komunitas ini, ada baiknya belajar serius dalam postingan..
saya sudah lihat beberapa komentar rekan2 sini terhadap postingan anda.. ada yang mengatakan sampah..
di postingan sebelumnya, anda terhina dengan perkataan sampah dari bro indra..
namun pernahkah anda berpikir dari mana "sampah" itu muncul kalau tidak ada yang melempar sampah ?

jadi apakah anda ingin dikelaskan selevel dengan sampah / manusia .. berbalik ke pilihan anda :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #8 on: 19 July 2011, 04:28:34 PM »
 [at]  kakao

Cobalah menulis dengan bahasa yang benar. Tulisan seperti itu hanya menyusahkan bagi orang lain dan sebetulnya memalukan bagi diri sendiri. Jika ingin diperhatikan, berikanlah prestasi atau hal-hal yang bermanfaat, jangan melakukan hal-hal bodoh.

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #9 on: 19 July 2011, 04:32:14 PM »
[at]  kakao
kalau anda ingin diterima di komunitas ini, ada baiknya belajar serius dalam postingan..
saya sudah lihat beberapa komentar rekan2 sini terhadap postingan anda.. ada yang mengatakan sampah..
di postingan sebelumnya, anda terhina dengan perkataan sampah dari bro indra..
namun pernahkah anda berpikir dari mana "sampah" itu muncul kalau tidak ada yang melempar sampah ?

jadi apakah anda ingin dikelaskan selevel dengan sampah / manusia .. berbalik ke pilihan anda :)
karena pikiran kakao hanya fun,,nggak ada sampah,.entahlah dipikiran orang2,.kalau merasa penuh sampah,.buanglah sampah itu pada tempatnya ;D jangan dijadikan dipikiran kakao pernah denger kisah zen kayak gini suatu hari Guru Zen sdg diuji oleh Shu Tong Pho seorang penyair, segala kelakuan guru Zen itu ditiru olehnya, sampai suatu hari setelah selesai meditasi, Guru Zen berkata : "Anda telah menirukan saya, dan ikut bermeditasi bersama saya, anda mirip seorang Buddha !"  Shu : "wkwkwkwkwk anda menganggap saya seorang buddha,..anda telah kalah dari saya,.wkwwkwkwkwkw " Guru Zen : "anda melihat saya seperti apa ?"   Shu: " anda tak lebih dari setumpuk kotoran,..wkwkkwwkwkwkw !"kata shu sambil tertawa akan kemenangannya dan menceritakan kemenangannya pada semua penduduk, tapi berita ini terdengar oleh adik Shu Thong Po, Shu Mei chen adik perempuannya dia berkata pada kakaknya : "kakak sesungguhnya kamulah yang telah kalah!" Shu tong po:"lho apa dimana kekalahanku?"  Shu Mei Chen : "dalam pikiran Guru Zen penuh dengan Buddha, sementara pikiran kamu penuh dengan kotoran, jelaslah kamu telah kalah !" ;D _/\_ semoga ngerti kalau nggak ngerti jg cabe deh #:-S . dlm Buddhis dikatakan orang2 yang berpikir bijak hanyalah orang2 yang berpikir dengan penuh kesadaran, kesadaran kata2nya menyinggung atau membuat karma bagi pendengarnya atau tidak? jika kata2nya yang digunakan hanya untuk maksud dan tujuan menyombongkan diri dan dianggap benar, itu adalah "Ego" bedanya orang yang mengerti Dhamma dan orang yang tau Dhamma adalah Orang mengerti Dhamma akan semakin merunduk bagaikan bua padi semakin berisi semakin merunduk, dan Orang yang tau Dhamma adalah orang2 yang semakin tinggi hati, dengan kata lain cuma tau dan memperbanyak dan menimbun kilesanya, ..mudah2an sih di DC nggak kayak gitu,.semuanya di DC mengerti dan memahami dari Dhamma itu sendiri ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #10 on: 19 July 2011, 04:43:14 PM »
karena pikiran kakao hanya fun,,nggak ada sampah,.entahlah dipikiran orang2,.kalau merasa penuh sampah,.buanglah sampah itu pada tempatnya ;D jangan dijadikan dipikiran kakao pernah denger kisah zen kayak gini suatu hari Guru Zen sdg diuji oleh Shu Tong Pho seorang penyair, segala kelakuan guru Zen itu ditiru olehnya, sampai suatu hari setelah selesai meditasi, Guru Zen berkata : "Anda telah menirukan saya, dan ikut bermeditasi bersama saya, anda mirip seorang Buddha !"  Shu : "wkwkwkwkwk anda menganggap saya seorang buddha,..anda telah kalah dari saya,.wkwwkwkwkwkw " Guru Zen : "anda melihat saya seperti apa ?"   Shu: " anda tak lebih dari setumpuk kotoran,..wkwkkwwkwkwkw !"kata shu sambil tertawa akan kemenangannya dan menceritakan kemenangannya pada semua penduduk, tapi berita ini terdengar oleh adik Shu Thong Po, Shu Mei chen adik perempuannya dia berkata pada kakaknya : "kakak sesungguhnya kamulah yang telah kalah!" Shu tong po:"lho apa dimana kekalahanku?"  Shu Mei Chen : "dalam pikiran Guru Zen penuh dengan Buddha, sementara pikiran kamu penuh dengan kotoran, jelaslah kamu telah kalah !" ;D _/\_ semoga ngerti kalau nggak ngerti jg cabe deh #:-S . dlm Buddhis dikatakan orang2 yang berpikir bijak hanyalah orang2 yang berpikir dengan penuh kesadaran, kesadaran kata2nya menyinggung atau membuat karma bagi pendengarnya atau tidak? jika kata2nya yang digunakan hanya untuk maksud dan tujuan menyombongkan diri dan dianggap benar, itu adalah "Ego" bedanya orang yang mengerti Dhamma dan orang yang tau Dhamma adalah Orang mengerti Dhamma akan semakin merunduk bagaikan bua padi semakin berisi semakin merunduk, dan Orang yang tau Dhamma adalah orang2 yang semakin tinggi hati, dengan kata lain cuma tau dan memperbanyak dan menimbun kilesanya, ..mudah2an sih di DC nggak kayak gitu,.semuanya di DC mengerti dan memahami dari Dhamma itu sendiri ;D

ahhhh bauuuuu luhhhh!!!!!
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline feiyudhammacittausername

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 46
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #11 on: 19 July 2011, 05:00:55 PM »
selamat mempelajari Buddha-Dhamma. mungkin sebagai informasi saja, Saat ini agama Buddha sudah terbagi dalam banyak sekali aliran. Aliran2 ini saling melengkapi, dan memiliki pedoman yg sama yaitu kpda TRIPITAKA dan sdkit tmbahan d bbrpa aspek. namun, prinsip dasarnya sma. Semua aliran ini dikelompokkan k dlm 3 aliran bsar, yaitu Theravada, Mahayana dan Vajrayana. Ketiga aliran ini hnya berbeda dlm intrepetasinya.kmu bsa mencri literatur dri msg2 aliran tsbt dan memilih memeluk dhamma di bwh naungan aliran yg plg sesuai dgn tekad anda untuk mempelajari buddhisme. Saya sngt menekankan hal ini krna saat ini aliran sesat agama Buddha sudah smakin dwasa dan tlah brhsil menyesatka bnyk umat. jngn smpai anda mempelajari ajaran sesat itu sbgai ajaran buddhis. "ANDA DAPAT MENGAKUI DIRI ANDA SEBAGAI UMAT BUDDHA, DAN AJARAN YANG DAPAT ANDA PEGANG ADALAH BUDDHA-DHAMMA. ANDA BERNAUNG DI BAWAH ALIRAN TERTENTU(THERAVADA, MAHAYANA, VAJRAYANA) yang secara spesifik dlm aliran kcil dri aliran bsar tsbut. PEDOMAN YANG DAPAT ANDA PEGANG ADALAH TRIPITAKA DAN KITAB SUTRA ALIRAN DI MANA ANDA BERNAUNG." tripitaka tidak di jual, namun buku2 rujukannya ada dijual. CATTAN KHUSUS: HINDARI ALIRAN SESAT YG ADA. ALIRAN SESAT AGAMA BUDDHA DI INDONESIA YG TERKENAL BERKEDOK "ALIRAN BUDDHA MAITREYA" !ingat, ajaran ini adlh sesat, ajarnnya bukanlah BUddha-Dhamma, aliran sesat ini, mencuri ajaran buddhisme, taoisme, konfucius dan kristiani dan DISAMARKAN lalu DIUBAH ARTINYA untuk MENYESATKAN UMAT. "BERHATI-HATIlah...nama lain dri aliran sesat ini adalah BAI LIAN JIAO, YI GUAN DAO, MI LE DA DAO. say hnya mengingat and untuk menghindari aliran sesat ini dan sebisa mgkin sgera mempelajari buddha-dhamma yg bnarnya. Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia. Sadhu, Sadhu, Sadhu. Namo Buddhaya.

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #12 on: 19 July 2011, 05:02:16 PM »
ahhhh bauuuuu luhhhh!!!!!
orang yang mengenal dan mengerti Dhamma seharusnya orang yang paling berbahagia didunia,.kl anda merasa ada yang kurang,..periksakan diri anda segera wkwkwwkkwkkw =)) fun,..
maaauuuu,.aaabbaangg...bbbaa..bbaaacaaa  iinn ? ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #13 on: 19 July 2011, 05:09:42 PM »
selamat mempelajari Buddha-Dhamma. mungkin sebagai informasi saja, Saat ini agama Buddha sudah terbagi dalam banyak sekali aliran. Aliran2 ini saling melengkapi, dan memiliki pedoman yg sama yaitu kpda TRIPITAKA dan sdkit tmbahan d bbrpa aspek. namun, prinsip dasarnya sma. Semua aliran ini dikelompokkan k dlm 3 aliran bsar, yaitu Theravada, Mahayana dan Vajrayana. Ketiga aliran ini hnya berbeda dlm intrepetasinya.kmu bsa mencri literatur dri msg2 aliran tsbt dan memilih memeluk dhamma di bwh naungan aliran yg plg sesuai dgn tekad anda untuk mempelajari buddhisme. Saya sngt menekankan hal ini krna saat ini aliran sesat agama Buddha sudah smakin dwasa dan tlah brhsil menyesatka bnyk umat. jngn smpai anda mempelajari ajaran sesat itu sbgai ajaran buddhis. "ANDA DAPAT MENGAKUI DIRI ANDA SEBAGAI UMAT BUDDHA, DAN AJARAN YANG DAPAT ANDA PEGANG ADALAH BUDDHA-DHAMMA. ANDA BERNAUNG DI BAWAH ALIRAN TERTENTU(THERAVADA, MAHAYANA, VAJRAYANA) yang secara spesifik dlm aliran kcil dri aliran bsar tsbut. PEDOMAN YANG DAPAT ANDA PEGANG ADALAH TRIPITAKA DAN KITAB SUTRA ALIRAN DI MANA ANDA BERNAUNG." tripitaka tidak di jual, namun buku2 rujukannya ada dijual. CATTAN KHUSUS: HINDARI ALIRAN SESAT YG ADA. ALIRAN SESAT AGAMA BUDDHA DI INDONESIA YG TERKENAL BERKEDOK "ALIRAN BUDDHA MAITREYA" !ingat, ajaran ini adlh sesat, ajarnnya bukanlah BUddha-Dhamma, aliran sesat ini, mencuri ajaran buddhisme, taoisme, konfucius dan kristiani dan DISAMARKAN lalu DIUBAH ARTINYA untuk MENYESATKAN UMAT. "BERHATI-HATIlah...nama lain dri aliran sesat ini adalah BAI LIAN JIAO, YI GUAN DAO, MI LE DA DAO. say hnya mengingat and untuk menghindari aliran sesat ini dan sebisa mgkin sgera mempelajari buddha-dhamma yg bnarnya. Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia. Sadhu, Sadhu, Sadhu. Namo Buddhaya.
wew selama anda selalu berpikir positif tdk ada aliran pun yang menyesatkan,.kl itu menyesatkan pasti sdh ditindaklanjuti oleh pihak berwajib, aliran2 itu hanyalah perpecahan dan buah pola pikir manusia yang tdk puas dan selalu ingin lebih,..selalu berpikir positif jangan negatif,.dimana pikiran negatif akan menjadikan watak anda ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi mohon petunjuk
« Reply #14 on: 19 July 2011, 05:17:32 PM »
Saya baru menganut ajaran Buddha, jadi pengetahuan saya tentang ajaran Buddha hanya saya peroleh ketika saya menempuh pendidikan sejarah dan buku-buku yang saya baca, saya ingin mengetahui apakah ada bacaan-bacaan ketika kita melakukan meditasi dan apakah sudah ada Tripitaka dijual di toko buku?
Salam kenal om dwi. Saya harap om dwi bisa betah disini. Kalau ada pertanyaan bisa tanya-tanya sama senior di DC. :)