//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?  (Read 27176 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline jin mabok

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 174
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #45 on: 21 July 2011, 03:46:32 PM »
enak sekali mengejek dan bilang tolol. tidak mengerti, beratnya karma buruk yang akan menimpa kita akibat ucapan yang tidak baik.

Loh loh loh?? ??? ^-^
Kan di akhir kata, aku ada nulis PEACE ya bung
Artinya aku cuma bercanda.
Sensitif banget sih.
Kalau memang perkataan ku tersebut menyinggung perasaan bro, aku minta maaf.
 ^:)^ ^:)^

menurut pengamatan saya, sebagian dari penyakit kolesterol, penyakit jantung, mag dan penyakit kepala merupakan buah karma dari akumulasi ucapan-ucapan buruk dan tidak menyenangkan orang lain. beberapa hari ini saya sering merenungi, bahwa ucapan-ucapan buruk itu tidak hanya menyakiti perasaan orang lain, tapi juga menyebabkan penyakit pada diri orang lain, lebih dari itu kata-kata yang tidak menyenangkan bisa membunuh orang lain. kesadaran seperti itu muncul dalam meditasiku. oleh karena itu, saya bertekad untuk mengurangi bahkan sampai menghilangkan kebiasaan saya berkata-kata buruk dan tidak menyenangkan orang lain, demi kebahagiaanku sendiri di saat ini dan juga di masa yang akan datang.

kesannya sedikit lebai
Tapi kalau memang demikian, ya semoga saja perkataan ku tidak menyebabkan penyakit pada diri Anda, apalg sampai membunuh Anda.
Kan lucu banget tuh kalau besok pagi aku baca koran ada org meningal gara-gara dikatain tolol.
Sungguh tolol sekali kalau ada org seperti itu.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #46 on: 21 July 2011, 03:55:33 PM »
saya tau, anda semua tidak menyukai saya. dan saya terima semua yang anda katakan kepada saya. itu adalah buah karma saya sendiri. bila ada hal-hal baik dan benar yang anda sampaikan, semoga saya bisa memahaminya dan bisa membuat saya lebih baik.
ralat bro..
saya pribadi netral pada anda.. saya cuma merasa tindakan anda tidak pantas.. :)
dan saya juga sudah cukup sering ya menyatakan tindakan anda tidak pada tempatnya.. dan mencoba memberi solusi seperti :
seperti :
1. pelajarilah agama anda baik2.. tidak perlu campur adukkan dengan buddhisme..
teman2 saya banyak yang Islam.. mereka juga baik2.. kami pernah diskusi.. dan tidak ada yang pernah mau campur adukkan..
2. bila anda menyukai meditasi buddhis.. pakailah.. silakan.. tidak ada hak paten.. namun sekali kali tidak perlu mencampur adukkan dengan ajaran Islam..
3. hargai member di sini.. baru minta dihargai.. anda merasa anda tidak disukai.. anda tidak dihargai.. namun anda hanya mengeluh.. anda tidak berusaha untuk melihat apa yang salah di diri anda.. anda terus menerus menyalahkan member sini karena tidak menerima anda..

jadi sebenarnya sudah cukup jelas ya hal2 baik dan benar yang di sampaikan.. hanya saja anda menutup mata, hati, dan telinga untuk menindaklanjuti.. dan makanya saya pribadi mengatakan.. terserah anda.. :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Satria

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: -17
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #47 on: 21 July 2011, 04:04:11 PM »
ralat bro..
saya pribadi netral pada anda.. saya cuma merasa tindakan anda tidak pantas.. :)
dan saya juga sudah cukup sering ya menyatakan tindakan anda tidak pada tempatnya.. dan mencoba memberi solusi seperti :
seperti :
1. pelajarilah agama anda baik2.. tidak perlu campur adukkan dengan buddhisme..
teman2 saya banyak yang Islam.. mereka juga baik2.. kami pernah diskusi.. dan tidak ada yang pernah mau campur adukkan..
2. bila anda menyukai meditasi buddhis.. pakailah.. silakan.. tidak ada hak paten.. namun sekali kali tidak perlu mencampur adukkan dengan ajaran Islam..
3. hargai member di sini.. baru minta dihargai.. anda merasa anda tidak disukai.. anda tidak dihargai.. namun anda hanya mengeluh.. anda tidak berusaha untuk melihat apa yang salah di diri anda.. anda terus menerus menyalahkan member sini karena tidak menerima anda..

jadi sebenarnya sudah cukup jelas ya hal2 baik dan benar yang di sampaikan.. hanya saja anda menutup mata, hati, dan telinga untuk menindaklanjuti.. dan makanya saya pribadi mengatakan.. terserah anda.. :)


tentang hal ini, saya hanya menganggapnya terjadi kesalah fahaman. tapi saya tidak harus membela diri saat ini dan apalagi memulai perdebatan. apapun yang anda katakan, saya ucapkan terima kasih.

Offline Satria

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: -17
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #48 on: 21 July 2011, 04:30:12 PM »
dulu, saya terbosesi untuk mencari guru terbaik di antara umat buddhis. skarang obsesi itu telah lenyap. saya akan belajar agama Budda dari buku-buku yang ditulis oleh umat buddhis. dari forum inipun saya bisa belajar, tanpa harus menentukan satu orang guru. setiap orang mungkin bisa menyampaikan banyak kebenaran. tapi mungkin tidak selalu benar. saya dapat mengambil pelajaran dari setiap orang, yaitu pelajaran-pelajaran yang dapat saya fahami kebenarannya. adapun hal-hal yang saya anggap salah, tidak akan saya perdebatkan lagi. saya akan mencari  dan mengumpulkan hal yang benar saja. yang salah, biarlah jadi cerminan saja. saya juga tidak akan sibuk lagi mempermasalahkan pertentangan dan perbedaan pendapat. saya pikir, menghabiskan umur untuk berdebat itu hanyalah kesia-siaan. lebih baik, saya mengerahkan tenaga dan pkiran itu untuk membangun diri dengan meditasi dan melatih diri dalam moral.

Offline feiyudhammacittausername

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 46
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #49 on: 21 July 2011, 04:37:05 PM »
Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?



Pertama kau muncul di hadapan orang orang Jahudi. Kau suruh mereka, "jangan sembah Allah lain selain Dirimu!" Beribu ribu tahun Kau hadir di hati banyak umatmu yang Jahudi.

Tapi tidak di tempat lain. Di tempat lain Kau absen Tuhan. Kau tidak muncul di manapun selain di tempat tempat orang Jahudi.

Lalu kemudian muncul dari Nazareth,  Kristus yang juga Tuhan. Bahkan Dia berkata, tak ada orang yang bisa masuk ke kerajaan sorga tanpa melalui Dia.

Nah.... Bingung.com. Sudah ada 2 agama. Jahudi dan kr****n. Dua-duanya punya Tuhan yang katanya sama. YHWH, Yahwe atau apalah. Pokoknya Tuhan satu. Agamanya yang sudah dua.

Belum cukup.

Muncul lagi Tuhan di Arab. Kali ini dengan nama Allah SWT. Tuhan yang sama. Tuhannya Ibrahim atau Abraham. Tuhan Yang Esa. Apakah Kau mau menyampaikan pesan bahwa "Silahkan pilih agamamu apa saja, Tuhannya tetap Saya kok!"

Tapi ini kontradiksi dengan Jangan ada Illah lain selain Aku. Atau Tiada Tuhan Selain Allah. Tuhan yang satu.

Akibatnya umat-umat penyembahMu itu bunuh bunuhan, pak Tuhan.

Makanya, maaf supaya terlihat akrab, saya tanya langsung saja, "Hoi Tuhan, Agamamu Sebenarnya Apa Sih?"

Jawab dong, hitung-hitung bantu John Lennon kampanye perdamaian dunia.

Sumber: Traktor Lubis
_/\_Tuhan dlm konsep buddhisme Tuhan itu mutlak dan nonpersonifikatif. klw dlm konsep agama lain, Tuhan adlh pencipta, mahadewa(maha dan segala maha), penguji(pemberi kebahagiaan dan penderitaan(ujian)--->Tuhan adalh yg bebas mempermainkan umatnya(bhsa kasar)................jika mnuruti konsep ajaran agama yg sprti itu, maka muncullah pertanyaan Tuhan beragama apa? atwpun Tuhan di agama mna yg bnr?......jwbnnya ckup mudah, Tuhan bukanlah yg mnciptkan kita, bukanlah yg mnciptkan dunia, surga mwpun neraka, bukanlah yg mmberi kita kebahagiaan mwpun penderitaan..........kita ada, dunia ini ada, kita bsa bgini mwpun bgtu SEMUA krna hukum Dhammaniyama, hukum SEBAB-AKIBAT dan hukum KARMA..........Tuhan tdklah menciptakan agama apapun dan tidak beragama manapun. _/\_

Offline Satria

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: -17
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #50 on: 21 July 2011, 04:41:05 PM »
_/\_Tuhan dlm konsep buddhisme Tuhan itu mutlak dan nonpersonifikatif. klw dlm konsep agama lain, Tuhan adlh pencipta, mahadewa(maha dan segala maha), penguji(pemberi kebahagiaan dan penderitaan(ujian)--->Tuhan adalh yg bebas mempermainkan umatnya(bhsa kasar)................jika mnuruti konsep ajaran agama yg sprti itu, maka muncullah pertanyaan Tuhan beragama apa? atwpun Tuhan di agama mna yg bnr?......jwbnnya ckup mudah, Tuhan bukanlah yg mnciptkan kita, bukanlah yg mnciptkan dunia, surga mwpun neraka, bukanlah yg mmberi kita kebahagiaan mwpun penderitaan..........kita ada, dunia ini ada, kita bsa bgini mwpun bgtu SEMUA krna hukum Dhammaniyama, hukum SEBAB-AKIBAT dan hukum KARMA..........Tuhan tdklah menciptakan agama apapun dan tidak beragama manapun. _/\_

berarti ssuai dengan yang saya nyatakan, bahwa Tuhan tidak beragama apapun.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #51 on: 21 July 2011, 05:46:17 PM »
menurut pengamatan saya, sebagian dari penyakit kolesterol, penyakit jantung, mag dan penyakit kepala merupakan buah karma dari akumulasi ucapan-ucapan buruk dan tidak menyenangkan orang lain. beberapa hari ini saya sering merenungi, bahwa ucapan-ucapan buruk itu tidak hanya menyakiti perasaan orang lain, tapi juga menyebabkan penyakit pada diri orang lain, lebih dari itu kata-kata yang tidak menyenangkan bisa membunuh orang lain. kesadaran seperti itu muncul dalam meditasiku. oleh karena itu, saya bertekad untuk mengurangi bahkan sampai menghilangkan kebiasaan saya berkata-kata buruk dan tidak menyenangkan orang lain, demi kebahagiaanku sendiri di saat ini dan juga di masa yang akan datang.

tunjukan saja referensi yang menyebutkan kta buruk mengakibatkan orang lain sakit kepala , kolestrol, penyakit buruk untuk orang lain dan merupakan buah kamma...

saya bukan ahli kesehatan tetapi coba kita bertanya yang ahli dalam kesehatan, terutama bro forte.

jika anda tidak hanya berteori pasti bisa membuktikan semua ucapan anda itu, dan tidak perlu merasa tersinggung jika memang benar  :)

pertama anda dulu mengatakan tidak ingin di DC lagi
kedua anda kembali dan mengatakan tidak ingin berdiskusi tetapi belajar dhamma melalui game
ketiga sekarang anda malah berdebat disini...

jadi apakah ucapan anda bisa di pegang dan di percaya?
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #52 on: 21 July 2011, 05:48:28 PM »
berarti ssuai dengan yang saya nyatakan, bahwa Tuhan tidak beragama apapun.

konsep tuhan di buddhisme ada atau tidak bro ?

dan jika anda memang tidak meributkan permasalahan2 disini lantas... kenapa sekarang anda merasa tersinggung dan mungkin marah?
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline feiyudhammacittausername

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 46
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #53 on: 21 July 2011, 06:18:30 PM »
konsep tuhan di buddhisme ada atau tidak bro ?

dan jika anda memang tidak meributkan permasalahan2 disini lantas... kenapa sekarang anda merasa tersinggung dan mungkin marah?
mgkin sya bantu menjwb prtnyaan ini. Tuhan dlm konsep agam buddha adlh Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak.
kcuali aliran buddha sesat maitreyalah yg menganut konsep ketuhanan brupa LAOMU yg juga mahadewa.
 _/\_

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #54 on: 21 July 2011, 09:52:54 PM »
mgkin sya bantu menjwb prtnyaan ini. Tuhan dlm konsep agam buddha adlh Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak.

 _/\_
*Bold*
Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak = Nibbana
bukan bicara konsep tuhan
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Satria

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: -17
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #55 on: 22 July 2011, 06:06:24 PM »
tunjukan saja referensi yang menyebutkan kta buruk mengakibatkan orang lain sakit kepala , kolestrol, penyakit buruk untuk orang lain dan merupakan buah kamma...

saya tidak mengetahui referensinya bro. itu hanya pendapat pribadi, berdasarkan pengamatan pribadi, yang mungkin akan dianggap salah dan subjektif.  silahkan anda mengatakan kebenarannya, bila mengetahui.

Quote
saya bukan ahli kesehatan tetapi coba kita bertanya yang ahli dalam kesehatan, terutama bro forte.

jika anda tidak hanya berteori pasti bisa membuktikan semua ucapan anda itu, dan tidak perlu merasa tersinggung jika memang benar  :)

pertama anda dulu mengatakan tidak ingin di DC lagi
kedua anda kembali dan mengatakan tidak ingin berdiskusi tetapi belajar dhamma melalui game
ketiga sekarang anda malah berdebat disini...

saya pikir itu kesalah fahaman. kawan-kawan sering sekali menyalah fahami kata-kata saya. saya tidak menyatkan begini atau begitu, tapi dianggap menyatakan begini atau begitu. kalau diminta bukti referensinya tentang benarhkan saya berkata begitu, pasti ada, tapi sebenarnya yang saya nyatakan dengan yang kalian kemukakan, yang saya maksud dengan yang kalian tangkap itu berbeda.

kesalahan fahaman ini menjadi kendala utama dalam komunikasi. tapi saya tidak akan memaksakan orang lain untuk memahaminya segera. biarlah saya dipandang dan dinilai begini dan begitu. toh tidak ada yang bisa saya lakukan lagi, kecuali bersabar atas segala kesalah fahaman tersebut.

Quote
jadi apakah ucapan anda bisa di pegang dan di percaya?

saya tidak merasa menyalahi kata-kata saya sendiri. tapi mengapa orang menyalah fahaminya. saya tidak pernah menyatakan akan pergi dari DC untuk selama-lamanya. saya hanya menyatakan "sudah waktunya saya pergi dari DC". oleh karena itu sah-sah saja bila sewaktu-waktu saya merasa "sudah waktunya saya kembali ke DC".

kendatipun begitu, saya hanya mencoba menjelaskan dengan perasaan pesimis bahwa apa yang akan saya katakan tersebut dapat diterima. bila kata-kata yang dulu disalah fahami, sangat mungkin yang inpun disalah fahami. dan saya menyadari, bahwa semua ini karena saya tidak mengikuti anjuran sang Buddha tentang bagaimana cara berkomunikasi.

di dalam sutta, sang Buddha menjelaskan tentang cara berkomunikasi. itu pelajaran yang sangat bagus. tapi saya tidak mengikuti anjuran itu. karna saya berpikir, jika sejak pertama saya melaksanakan anjuran sang Buddha tentang cara komunikasi, maka tentulah kawan-kawan di sini akan selalu berempati kepada saya, berkata-kata baik, dan sopan santun. hal itu tentu akan merugikan saya. karena saya menjadi sulit melihat karakterisik umat buddhis pada umumnya. Sekarang, tidak perlu lagi bagi saya untuk mempelajari karakteristik buddhis, karena segala sesuatunya mengenai hal itu telah saya pelajari. oleh karena itu, sudah waktunya bagi saya untukmelatih diri dalam berkomunikasi dengan cara-cara sebagaimana yang dianjurkan oleh sang Buddha.

Offline Satria

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: -17
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #56 on: 22 July 2011, 06:17:01 PM »
mgkin sya bantu menjwb prtnyaan ini. Tuhan dlm konsep agam buddha adlh Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak.
kcuali aliran buddha sesat maitreyalah yg menganut konsep ketuhanan brupa LAOMU yg juga mahadewa.
 _/\_

saya setuju, bahwa itulah konsep Tuhan di dalam agama Buddha. dan tentu saja, ini akan dibantah habis-habisan oleh kawan-kawan yang lain. saya tidak menemukan suatu cara untuk menjelaskan bahwa "corak logika" antara Nibbana dan Tuhan itu sama. Tetapi pandangan umat Buddhis tentang Tuhan itu telah diselewengkan oleh penafsiran yang salah tentang Tuhan, sehingga tidak bisa melihat corak logika yang sama antara Tuhan dengan Nibbana. mereka berkata, "Tuhan itu berfirman, sedngkan Nibbana itu tidak berfirman. oleh karena itu Tuhan dan Nibbana tidak sama. Tuhan itu pemarah, sedangkan Nibbana itu bukan sesuatu yang bisa marah, maka Tuhan itu tidak sama dengan Nibbana". padahal sesungguhnya Tuhan itu tidaklah sesederhana itu. karena ketidak sederhanannya itu banyak umat mnyalah fahami apa itu Tuhan, sebagaimana umat Buddha yang banyak menyalah fahami Nibbana. Tapi tentunya kesalah fahaman itu tidak harus dipersalahkan. namanya juga umat, mereka butuh tuntutan dan bimbingan, atau partisipasi bersama dalam menyingkap kebenaran. jika diantara seribu orang hanya ada satu orang saja yang tercerahkan, itu sudah merupakan keuntungan yang besar. oleh karena itu, seharusnya kita satu sama lain jangn saling menyalahkan, tapi saling membantu untuk meluruskan pandangan dengan cara yang sabar dan bijaksana.


Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #57 on: 22 July 2011, 07:09:00 PM »
Quote
satria : .........hal itu tentu akan merugikan saya. karena saya menjadi sulit melihat karakterisik umat buddhis pada umumnya. Sekarang, tidak perlu lagi bagi saya untuk mempelajari karakteristik buddhis, karena segala sesuatunya mengenai hal itu telah saya pelajari...........

kalau begitu bagaimana karakteristik johan3000 ? mohon masukannya...  ;D ;D :x
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #58 on: 22 July 2011, 08:06:02 PM »
nah.. percuma kan menasehati bro Satria..
secara singkat saja.. ajaran Buddha yang dipelajari juga baru secuil.. sudah berani menafsirkan sendiri alias menggunakan opini pribadi.. lalu mengatakan : umat Buddha menyalahpahami pengertian Nibbana..

nanti merengek lagi.. koq gak diterima.. koq umat Buddha begini begitu padaku.. padahal penyebab berasal dari diri sendiri... ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hoi Tuhan! Agamamu Sebenarnya Apa Sih?
« Reply #59 on: 22 July 2011, 08:11:21 PM »
nah.. percuma kan menasehati bro Satria..
secara singkat saja.. ajaran Buddha yang dipelajari juga baru secuil.. sudah berani menafsirkan sendiri alias menggunakan opini pribadi.. lalu mengatakan : umat Buddha menyalahpahami pengertian Nibbana..

nanti merengek lagi.. koq gak diterima.. koq umat Buddha begini begitu padaku.. padahal penyebab berasal dari diri sendiri... ;D

bagaimana kalau saya yang dinasehati bro?
dan bagaimana jika saya yang merengek, harus dengan airmata atau tidak?

 ;D ^:)^
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma