mungkin belajar dari kepercayaan 'tetangga', panutannya 'harus dan dianggap' sempurna prilakunya !
apabila panutannya disinggung misalnya mengapa ? ada atau tidak ada melanggar winaya ? boleh atau tidak boleh ?
maka terjadilah kegusaran dan argumen yang panjang
tapi sampai sekarang sepertinya belum ada jawaban yang memuaskan karena 'beberapa orang yang gusar' tidak mampu memberikan data yang akurat ? mengapa ?
yang bersangkutan juga telah meninggal,...disini smua teman hanya bisa spekulasi,
syarat jadi biku di cukur bulu yang mana aja ya? bulu yang terlihat, atau yang tidak terlihat juga harus di cukur?
syarat menjadi bhikkhu rambut kepala, ketiak, kemaluan wajib dicukur,..
jika ada bhikkhu yang memiliki bulu ketiak, itu sebenarnya juga pelanggaran,..
bisa saja..who knows?
bagi saya beliau adalah orang suci (terlepas dr tingkatannya apakah sotapanna, sakadagami, anagami, atau arahat)..dan Beliau sangat layak dihormatin
Suci atau blm suci saya pribadi tidak tau, tetapi yang pasti beliau memang layak dihormati.
ya anda memang mengatakan demikian, tapi anda juga mengatakan ini:
yg saya pertanyakan bukanlah "apakah yg menjadi bukti bahwa Bhante Ashin suci atau tidak?", melainkan "apa yg menjadi dasar/alasan sehingga anda menganggap bahwa Bhante Ashin adalah seorang suci?", dan jawaban anda adalah spt di atas. benarkah spt itu?
berarti kudu belajar lagi
kalau begifu npwp kacau dong, moso relik identik suci.
atau saya yg kacau ...kale
bhikkhu yang memiliki sarira pertanda latihannya sudah baik, jika bhikkhu tu kagak beres maka tidak bakal punya sarira/relik.
Jenggot atau tidak punya jenggot tidak menandakan latihan seseorang baik atau buruk, begitu juga bhikkhu yang cukur semua bulu belum tentu latihannya sudah benar.
berarti gak sakti khan, ga tau badut atau buda
emang gak boleh nanya?
seandainya ada seseorang yang konon terhormat, tapi bergaul dengan badut, tentu saja wajar jika dipertanyakan orang.
B. Ashin hanya menghadiri undangannya, blm tau LSY itu bakal jadi orang apa, dan LSY saat dikenal B. Ashin juga blm segila sekarang dan tidak bearti B. Asin itu sakti/tidak sakti, karena Sang Buddha saja bisa mempunyai murid Dewadata, begitu juga bhikkhu sti juga pernah berkumpul dengan mengikuti ide Hudoyo tuk kucilkan Bhante Ashin, sementara kita tau kemudian hari hudoyo itu gmn orangnya,..
Guru Agung kita bukankah yang paling banyak menemui orang2 jahat kelas kakap.
Begitu juga disini kita berdiskusi bareng tidak menutup kemungkinan dari kita disini ada yang mengaku nabi pancaran sinar x tahun 2020.
----------------------------------------------------------------------------------------
Oleh diri sendiri kejahatan dilakukan
oleh diri sendiri juga seseorang ternoda
oleh diri sendiri kejahatan tidak dilakukan
oleh diri sendiri juga seseorang menjadi suci,
suci atau tidak suci tergantung pada diri sendiri,
tidak ada orang yang bisa mensucikan orang lain.
Bhante Ashin tidak melakukan kejahatan, jadi saya percaya dia bhikkhu yang baik...