//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah menentang/menjelekkan aliran maitreya sama saja melakukan tindakan buruk trhdp hewan ternak??  (Read 60414 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Hi all, namo buddhaya,
pengen tanya apakah menentang  atau menjelekan aliran maitreya nanti mendatangkan akibat buruk??
Karena menentang alrn ini mungkin sama saja menentang vegetarianisme, menentang vegetarianisme sama saja menentang pembebasan para hewan2 ternak dari pembunuhan , menentang pembebasan para hewan ternak dri pembunuhan sama saja dgn tindakan buruk, dan mengakibtkan buah akibat buruk...
Berarti menentang aliran maitreya sama saja menentang pembebasan para hewan ternak dri pembunuhan...
Dan bagi para penentang bisa terkena dampak akibat buruk, karena telah melakukan tindakan yg merugikan para hewan2 ternak, karena menentang vegetarianisme...
Jadi apakah menentang aliran maitreya termasuk menentang makhluk2 lain [hewan2 ternak] agar terbebas dari berbgai bentuk pembunuhan?
Karena aliran maitreya memiliki pengikut yg paling bnyk vegetarian, dan bila gara2 tindakan kita jelekin aliran maitreya, maka bnyak orang yg menjdi tidak vegetarian, dan para hewan ternak tetap dikonsumsi lewat pembunuhan2 setiap hari.

jdi apakah tindakan menjelekkan aliran maitreya [sbgai simbol vegetarianisme] akan menghasilkan akibat2 buruk??
Thanx ...
CMIIW.FMIIW.

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Yang ditentang bukan vegetarianismenya, tetapi pandangan salah yg beranggapan bahwa vegetarian bisa membawa kesucian.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
sebenarnya vegetarian atau tidak vegetarian sama saja

baik atau tidak baik tergantung perbuatan orang tsb

kalau ada yg bilang vegetarian lebih baik

gimana kalo orang vegetarian tapi hobi asusila, bohong, mabuk

dibanding orang gk vege tapi ngejalanin sila

gitu juga sebaliknya

memang owe bilang vegetarian juga merupakan salah satu cara mengikis nafsu

nafsu makan tentunya

yg penting yg gk vegetarian menyatap daging 3 bersih

sesuai ajaran buddha

maka tidak ada masalah

"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Yang ditentang bukan vegetarianismenya, tetapi pandangan salah yg beranggapan bahwa vegetarian bisa membawa kesucian.
sbenarnya yg saya tahu, mereka tidak hanya vegetarian untk jd suci, tapi harus berkarya dan membina diri (hati) agar selaras dngn tao, mereka juga diajarkan agar jngn membunuh hewan,merusak lingkungan, mengendalikan nafsu, tidak berzinah, mengajarkan moralitas, seperti bakti pada orang tua, susila, tata krama, sopan santun, bersukur, berpuas dgn apa yg ada, kesetiaan, kesetiakawanan, tanpa pamrih dlm berbuat kebaikan, tiada keakuan dalam melakukan kebaikan, tiada keakuan seperti pribadi langit dan bumi yg menguntgkan orang lain,
jadi mereka bervegetarian semata mata untk welas asih, dan bukti bahwa mereka berempati atas pendritaan makhluk lain yg dibunuh untk konsumsi dagingnya, mereka berempati pd pendritaannya dan tidak memakan dagingnya, krn makan daging makhluk lain menjadi penyebab baru makhluk hewan dibunuh lagi dan terus menerus tanpa henti, dan mereka stop makan daging...mereka mengajar pd pengikutnya stop makan daging sbgai bukti bhwa mereka berempati atas derita makhluk hewan2 yg dibunuh oleh manusia untk konsumsi, sebgai bukti bhwa hewan2 adalah saudaranya atau sahabatnya yg dagingnya jangan dikonsumsi, atau jangan makan daging saudara sendiri...begitulah pandangan mereka dlm memandang vegetarian...
« Last Edit: 16 September 2010, 10:07:34 AM by Johsun »
CMIIW.FMIIW.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
sebenarnya vegetarian atau tidak vegetarian sama saja

baik atau tidak baik tergantung perbuatan orang tsb

sama saja bg anda, tpi tidak sama bg hewan2, seandainya para hewan bisa berbicara, apa yg anda katakan adalah tidak sama bg mereka, ini menyangkut nyawa mereka dan kesakitan dan pendritaan mereka, keluarga mereka(para hewan2 trnak yg diambil dagingnya)...
« Last Edit: 16 September 2010, 09:59:09 AM by Johsun »
CMIIW.FMIIW.

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
sebenarnya vegetarian atau tidak vegetarian sama saja

baik atau tidak baik tergantung perbuatan orang tsb

sama saja bg anda, tpi tidak sama bg hewan2, seandainya para hewan bisa berbicara, apa yg anda katakan adalah tidak sama bg mereka, ini menyangkut nyawa mereka dan kesakitan dan pendritaan mereka, keluarga mereka(para hewan2 trnak yg diambil dagingnya)...

jadi menurut anda tidak vegetarian itu tidak baik ?
"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
sebenarnya vegetarian atau tidak vegetarian sama saja

baik atau tidak baik tergantung perbuatan orang tsb

sama saja bg anda, tpi tidak sama bg hewan2, seandainya para hewan bisa berbicara, apa yg anda katakan adalah tidak sama bg mereka, ini menyangkut nyawa mereka dan kesakitan dan pendritaan mereka, keluarga mereka(para hewan2 trnak yg diambil dagingnya)...

jadi menurut anda tidak vegetarian itu tidak baik ?
menurut saya, baik atau tidak tergantg perbuatan, tapi perbuatan trhadap siapa? Sesama manusia, tpi kalau makan daging hewan2 berarti kita sudah berbuat tidak baik terhadap hewan2, krn mungkin menjadi penyebab baru timbulnya pembunuhan2 hewan2 lain(yg sengaja diknsumsi dagingnya)...menurut sy begitu...
CMIIW.FMIIW.

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
sebenarnya vegetarian atau tidak vegetarian sama saja

baik atau tidak baik tergantung perbuatan orang tsb

sama saja bg anda, tpi tidak sama bg hewan2, seandainya para hewan bisa berbicara, apa yg anda katakan adalah tidak sama bg mereka, ini menyangkut nyawa mereka dan kesakitan dan pendritaan mereka, keluarga mereka(para hewan2 trnak yg diambil dagingnya)...

jadi menurut anda tidak vegetarian itu tidak baik ?
menurut saya, baik atau tidak tergantg perbuatan, tapi perbuatan trhadap siapa? Sesama manusia, tpi kalau makan daging hewan2 berarti kita sudah berbuat tidak baik terhadap hewan2, krn mungkin menjadi penyebab baru timbulnya pembunuhan2 hewan2 lain(yg sengaja diknsumsi dagingnya)...menurut sy begitu...

lah kan sudah saya bilang kalo gitu karna perbuatan

jadi asalkan tidak melanggar sila

tidak masalah bagi seseorang makan daging'

hanya saja menurut saya seseorang yg vegetarian tentu saja menciptakan karma baik tersendiri

karna welas asihnya pada hewan2

"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
sebenarnya vegetarian atau tidak vegetarian sama saja

baik atau tidak baik tergantung perbuatan orang tsb

sama saja bg anda, tpi tidak sama bg hewan2, seandainya para hewan bisa berbicara, apa yg anda katakan adalah tidak sama bg mereka, ini menyangkut nyawa mereka dan kesakitan dan pendritaan mereka, keluarga mereka(para hewan2 trnak yg diambil dagingnya)...

jadi menurut anda tidak vegetarian itu tidak baik ?
menurut saya, baik atau tidak tergantg perbuatan, tapi perbuatan trhadap siapa? Sesama manusia, tpi kalau makan daging hewan2 berarti kita sudah berbuat tidak baik terhadap hewan2, krn mungkin menjadi penyebab baru timbulnya pembunuhan2 hewan2 lain(yg sengaja diknsumsi dagingnya)...menurut sy begitu...

lah kan sudah saya bilang kalo gitu karna perbuatan

jadi asalkan tidak melanggar sila

tidak masalah bagi seseorang makan daging'

hanya saja menurut saya seseorang yg vegetarian tentu saja menciptakan karma baik tersendiri

karna welas asihnya pada hewan2


yup setuju di kalimat terakhir... Perbuatan baik atau tidak ditujukan untk siapa dulu? Berbuat baik bukan hanya trhdp manusia saja, tpi juga harus pd hewan, kalau kita vegetarian ini setidaknya udah dpt mengurangi jumlah pembunuhan kategori hewan2 yg sengaja dibunuh untk dimakan...kalau kita vegetarian dan tidak lg memakan daging, berarti kita sudah merencanakan perbuatan yg tidak merugikan makhluk lain, dan merencanakan perbuatan yg bersifat membebaskan makhluk lain dri segenap rasa ketakutan dan pendritaan..makhluk lain itu bukan cuma manusia kan?? tapi hewan2 yg sengaja dibunuh untk dimakan..jdi vegetarian itu sudah merupakan perbuatan baik kepada hewan2 yg sengaja dibunuh untk dimakan...dan fangsheng termasuk perbuatan baik kpd hewan2...
CMIIW.FMIIW.

Offline padmakumara

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.317
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • mara devaputra
ada beberapa orang yg mengaku kalo vegetarian

yg sebagian besar baru mencoba

yg sebagian lagi karna sakit

karena tidak terbiasa

badannya lemah dan tidak bertenaga

semakin lama semakin  lemah

saran dokter sih harus makan daging biar ada tenaga

tapi si vege bersikeras harus menjalankan ajaran agamanya untuk vege

trus dokter bilang

mending pilih mati atau makan daging


nah menurut kowe2 kasus diatas gimana hah ?

"Godaan sex merupakan bahaya terbesar dan merupakan penyebab banyak bencana.
Banyak hati yang hancur karena nafsu birahi."

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
ada beberapa orang yg mengaku kalo vegetarian

yg sebagian besar baru mencoba

yg sebagian lagi karna sakit

karena tidak terbiasa

badannya lemah dan tidak bertenaga

semakin lama semakin  lemah

saran dokter sih harus makan daging biar ada tenaga

tapi si vege bersikeras harus menjalankan ajaran agamanya untuk vege

trus dokter bilang

mending pilih mati atau makan daging


nah menurut kowe2 kasus diatas gimana hah ?


hehehe dokter mana dulu, memang sudah jd tradisi dri zaman dulu kalau orang2 bilg kalau tidak makan dging bs lemah,
sebenarnya tidak lemah, toh kuda, gajah yg tdk makan daging saja tetap kuat.. Yg melemahkan itu adalah pikiran yg percaya pd tradisi bhwa tdk makan daging akan lemah...
Jd yg melemahkan itu adalah sugesti dan pemikiran.
Kalau sugesti bhwa aku tidak makan daging akan tetap kuat seperti gajah yg tetap kuat, pastilah tetap kuat dan tidak lemah..
Atlet saja ada yg vegetarian dan tetap kuat..

http://kontaktuhan.org/news/news201/ve_60.htm

http://suprememastertv.com/ina/bbs/board.php?bo_table=veg_data_ina&wr_id=20&goto_url=&page=5&url=
CMIIW.FMIIW.

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.189
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
gak ada hubungannya dengan karma tuh.... menurutku ga ada hubungannya

Suruh aja mereka vegetarian terus tapi mengkoreksi soal Laomu...
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline Dhammapada

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 142
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Semangat Dalam Dhamma
sy tdk mengetri john kenapa ya mebela agama dahulunya (pdhl skrg sdh islam)
pasti imanya ga kuat nih, padahal satu satunya agama yg di ridhoi allah adalah islam dan alquran adalah sumber pengetahuan tanpa batas~

but yg di kritik bkn vegenya(skrg aja msh pro dan kontra)....dan apakah menyelamatkan makhluk2 / terna satuny2 hanya vege??? tdk ad cara lain? dan ingat roda samsara selalu berputar ada kehidupan ada kematian...

 [-o< [-o< [-o<
“Jikalau Tuhan adalah penyebab dari semua yang terjadi, apalah gunanya usaha keras/pengorbanan manusia?”

[Asvaghosa, Buddha-carita 9, 53]

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
yup setuju di kalimat terakhir... Perbuatan baik atau tidak ditujukan untk siapa dulu? Berbuat baik bukan hanya trhdp manusia saja, tpi juga harus pd hewan, kalau kita vegetarian ini setidaknya udah dpt mengurangi jumlah pembunuhan kategori hewan2 yg sengaja dibunuh untk dimakan...kalau kita vegetarian dan tidak lg memakan daging, berarti kita sudah merencanakan perbuatan yg tidak merugikan makhluk lain, dan merencanakan perbuatan yg bersifat membebaskan makhluk lain dri segenap rasa ketakutan dan pendritaan..makhluk lain itu bukan cuma manusia kan?? tapi hewan2 yg sengaja dibunuh untk dimakan..jdi vegetarian itu sudah merupakan perbuatan baik kepada hewan2 yg sengaja dibunuh untk dimakan...dan fangsheng termasuk perbuatan baik kpd hewan2...
Bagaimana dengan hewan-hewan yang sengaja dibunuh agar tidak mengganggu hasil pertanian untuk para vegetarian? Apakah itu tidak tergolong makhluk yang perlu dibebaskan dari penderitaan?

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
sy tdk mengetri johsun kenapa ya mebela agama dahulunya (pdhl skrg sdh islam)
pasti imanya ga kuat nih, padahal satu satunya agama yg di ridhoi allah adalah islam dan alquran adalah sumber pengetahuan tanpa batas~

but yg di kritik bkn vegenya(skrg aja msh pro dan kontra)....dan apakah menyelamatkan makhluk2 / terna satuny2 hanya vege??? tdk ad cara lain? dan ingat roda samsara selalu berputar ada kehidupan ada kematian...

 [-o< [-o< [-o<
waktu itu we lg belajar2 tntg Islam, waktu itu sempat takut kalau masuk jahanam, lalu gw ingin di khitan/sunat, tpi sebnrnya gw blum blm disyahkan secra resmi atau blm disaksikan oleh ulama/ustadz di tempat ibadah mereka, jdi gw bermaksud menunda dulu...skrg gw cendrung lebih suka ke vihara buddha,[bukan vihara maitreya], walau keluarga gw semua aliran maitreya..jd harap maklumin, gw membela adalah membela apa yg aliran maitreya lakukan yaitu vegetarianisme, krn umat2nya dari anak2 sampai remaja, pemuda, hngga tua bnyk yg vegetarian...sdgkan vegetarianisme termasuk tindakan baik kpd hewan kategori hewan yg sengaja dibunuh untk dimakan, seperti yg sy jelaskan diatas...

Quote
but yg di kritik bkn vegenya(skrg aja msh pro dan kontra)....dan apakah menyelamatkan makhluk2 / terna satuny2 hanya vege??? tdk ad cara lain? dan ingat roda samsara selalu berputar ada kehidupan ada kematian...

cara lain adalah fangsheng...trmasuk vegetarian...roda samsara selalu ada khdupan dan kematian, bukan berarti hewan itu layak mati dgn cara dibunuh dan layak dimakan..krna membiarkan pembunuhan2 trhadap hewan terus terjadi , tentu ini bertentangan dgn nilai2 metta karuna ala buddhis...
CMIIW.FMIIW.