//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.  (Read 6905 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« on: 22 May 2009, 01:43:34 PM »
Apakah target ksucian yg ingn sekali dicapai sdr/i umat buddha dalam hdup ini?
Apakah sotapanna, sakadagami, anagami atau arahat?? Mungkinkah?
ataukah kesucian itu hanya dapat dicapai oleh mereka yg melepas ikatan dn menjadi bhikkhu?
ataukah kesucian itu gak dpat dicapai oleh mereka yg hdup brkeluarga??
Thnk.
CMIIW.FMIIW.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #1 on: 23 May 2009, 12:24:37 AM »
Tidak ada target yg harus dicapai umat Buddha dalam pencapaiam tingkat2 kesucian
yang penting berlatih diri menjalani PancaSila Buddhis ......
gw gak pernah dengar maopun baca dari para bhikkhu/ni/umat Buddhis yang mengatakan dalam kehidupan ini harus jadi sotapanna ......  misalnya

Bhikkhu/ni dan umat awan bisa sama2 mencapai kesucian
jika paraminya cukup .......  ;D
makanya terlahir sebagai manusia, punya peluang yg sangat besar utk mencapai kesucian
karena di alam manusia ini kita bisa melihat/merasakan proses ketidak kekalan / bahagia /sedih ...
Banyak peluang utk berbuat kebajikan .......
jika terlahir di alam neraka/setan ...... sangat sulit berbuat kebajikan ..... wong gimana bisa berbuat baik, orang sama2 susah/menderita
jika terlahir di alam dewa ........ semua rata2 dewa bahagia, jadi gimana bisa berbuat baik .... wong semua hidupnya bahagia .......
kesempatan terbesar yaaah di alam manusia, krn dialam manusia kita bisa mendengar Dhamma  _/\_
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #2 on: 23 May 2009, 11:18:04 AM »
Mahàsatipaññhàna Sutta
Khotbah Panjang Tentang Landasan-Landasan Perhatian

‘Siapa pun, para bhikkhu, yang mempraktikkan Empat Landasan Perhatian ini selama tujuh tahun dapat mengharapkan satu dari dua hasil ini: mencapai kesucian Arahat dalam kehidupan ini atau, jika masih ada beberapa kekotoran tersisa, mencapai kondisi Yang-Tidak-Kembali. Jangankan tujuh tahun – siapa pun yang mempraktikkannya selama enam tahun …, lima tahun …, empat tahun …, tiga tahun …, dua tahun …, satu tahun dapat mengharapkan satu dari dua hasil …; jangankan satu tahun - siapa pun yang mempraktikkannya selama tujuh bulan …, enam bulan …, lima bulan …, empat bulan …, tiga bulan …, dua bulan …, satu bulan …, setengah bulan dapat mengharapkan satu dari dua hasil …; jangankan setengah bulan - siapa pun yang mempraktikkan Empat Landasan Perhatian ini selama tujuh hari dapat mengharapkan satu dari dua hasil ini: mencapai kesucian Arahat dalam kehidupan ini atau, jika masih ada beberapa kekotoran tersisa, mencapai kondisi Yang-Tidak-Kembali.’

‘Dikatakan: “Ada, para bhikkhu, satu jalan ini untuk memurnikan makhluk-makhluk, untuk mengatasi dukacita dan kesusahan, untuk melenyapkan kesakitan dan kesedihan, untuk memperoleh jalan yang benar untuk mencapai Nibbàna: - yaitu, empat landasan perhatian” dan untuk alasan inilah, hal tersebut dikatakan.’

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #3 on: 23 May 2009, 11:56:07 AM »
Apakah target ksucian yg ingn sekali dicapai sdr/i umat buddha dalam hdup ini?
saya sendiri tidak menargetkan tingkat kesucian
tujuan dari latihan adalah melepas, bukan mencapai :)

Quote
Apakah sotapanna, sakadagami, anagami atau arahat?? Mungkinkah?
ataukah kesucian itu hanya dapat dicapai oleh mereka yg melepas ikatan dn menjadi bhikkhu?
ataukah kesucian itu gak dpat dicapai oleh mereka yg hdup brkeluarga??
Thnk.
dalam konteks tingkat kesucian menandakan "seberapa jauh kita melepas (bukan mencapai)", menurut saya mungkin saja perumahtangga dapat menjadi arahat.
melepas terjadi dalam pikiran. biarpun benda2 menarik duniawi lainnya ada didekatnya, orang yg telah melepas tetap bebas dan tidak terikat. dan sebaliknya.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #4 on: 23 May 2009, 12:46:40 PM »
Brarti mesti melepaskan ya, _/\_
melepaskan = pasrah pd segala yg trjadi??
CMIIW.FMIIW.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #5 on: 23 May 2009, 12:54:07 PM »
Brarti mesti melepaskan ya, _/\_
melepaskan = pasrah pd segala yg trjadi??
bukan pasrah, tapi melepaskan dari ketrerikatan LDM
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #6 on: 23 May 2009, 02:57:41 PM »
Contoh perbuatan LDM? Dan contoh perbuatan bukan LDM? Khususnya perbuatan moha dan trlepas dr moha bgaimana? ???
CMIIW.FMIIW.

Offline vivianisun

  • Teman
  • **
  • Posts: 69
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #7 on: 23 May 2009, 03:26:39 PM »
Apakah target ksucian yg ingn sekali dicapai sdr/i umat buddha dalam hdup ini?
Apakah sotapanna, sakadagami, anagami atau arahat?? Mungkinkah?
ataukah kesucian itu hanya dapat dicapai oleh mereka yg melepas ikatan dn menjadi bhikkhu?
ataukah kesucian itu gak dpat dicapai oleh mereka yg hdup brkeluarga??
Thnk.


 _/\_
Saya tidak memiliki target dalam pencapaian tingkat kesucian. Dalam kehidupan ini I hanya berusaha menjalankan Pancasila Buddhist.
 :) :)   :lotus: :lotus:

Dan menurut I tingkat kesucian tch bisa dicapai oleh semua orang. Dan seberapa besar usaha seseorang dalam melatih dirinya. :) :) :)

 _/\_
Do whatever you want to do
Don't  waste your time until you can't do it

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #8 on: 23 May 2009, 05:27:01 PM »
Brarti mesti melepaskan ya, _/\_
melepaskan = pasrah pd segala yg trjadi??

melepas & pasrah beda :)

pasrah itu ada sebuah keadaan yg tidak bisa kita terima namun kita tidak berbuat apa-apa lagi karena tidak ada jalan lagi. disini sebenarnya kita masih menginginkan keadaan tsb.

melepas itu menyadari kita menginginkan suatu keadaan. mengerti bagaimana keinginan itu menenggelamkan diri kita, shg otomatis tidak lagi menginginkan sesuatu...
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline GandalfTheElder

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #9 on: 23 May 2009, 05:51:06 PM »
Mengutip Bhante Uttamo:

Salah satu hal yang penting disebutkan disini adalah KESAMAAN konsep ketuhanan Agama Buddha dengan ketuhanan yang lain adalah sebagai TUJUAN HIDUP.
Bahwa setiap orang yang meninggal dengan agama apapun juga, keinginan mereka adalah untuk bertemu, bersatu, berada di sisi Tuhannya masing-masing.
Demikian pula Agama Buddha menjadikan Tuhan sebagai tujuan hidup.
Penyebutan Tuhan dalam Agama Buddha adalah Nibbana atau Nirwana.
Nibbana selain menjadi tujuan hidup, Nibbana tidaklah mengatur suka dan duka yang dialami oleh manusia.
Nibbana juga tidak menciptakan serta mengatur semesta ini.
Nibbana sebagai tujuan hidup dapat dicapai dengan pelaksanaan secara tekun Jalan Mulia Berunsur Delapan.
Nibbana juga dapat dicapai ketika manusia masih hidup di dunia ini.


Kalau Nirvana bukan tujuan hidup seorang Buddhis, lantas untuk apa seseorang beragama Buddha?

Kalau cuma sekedar Pancasila, bukankah agama lain juga mempraktekkan Pancasila Buddhis? Mis: Hindu, Jain

Nirvana dapat dicapai oleh perumah tangga pun seorang bhikkhu.

Memang tidak usah memaksakan diri kita untuk mencapai pencerahan di kehidupan saat ini juga. Tapi yang penting kita berjuang dengan penuh keteguhan dan semangat untuk mencapainya.

Kalau hanya Pancasila, itu tak akan membantu banyak. Usaha harus diiringi dengan meditasi.

Demikian menurut saya.

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #10 on: 23 May 2009, 06:02:21 PM »
gak pake target , do the best aja yg kita mampu dlm menjalankan ajaran Buddha :)
thanks Buddha...

Offline vivianisun

  • Teman
  • **
  • Posts: 69
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #11 on: 23 May 2009, 06:16:00 PM »
Mengutip Bhante Uttamo:

Salah satu hal yang penting disebutkan disini adalah KESAMAAN konsep ketuhanan Agama Buddha dengan ketuhanan yang lain adalah sebagai TUJUAN HIDUP.
Bahwa setiap orang yang meninggal dengan agama apapun juga, keinginan mereka adalah untuk bertemu, bersatu, berada di sisi Tuhannya masing-masing.
Demikian pula Agama Buddha menjadikan Tuhan sebagai tujuan hidup.
Penyebutan Tuhan dalam Agama Buddha adalah Nibbana atau Nirwana.
Nibbana selain menjadi tujuan hidup, Nibbana tidaklah mengatur suka dan duka yang dialami oleh manusia.
Nibbana juga tidak menciptakan serta mengatur semesta ini.
Nibbana sebagai tujuan hidup dapat dicapai dengan pelaksanaan secara tekun Jalan Mulia Berunsur Delapan.
Nibbana juga dapat dicapai ketika manusia masih hidup di dunia ini.


Kalau Nirvana bukan tujuan hidup seorang Buddhis, lantas untuk apa seseorang beragama Buddha?

Kalau cuma sekedar Pancasila, bukankah agama lain juga mempraktekkan Pancasila Buddhis? Mis: Hindu, Jain

Nirvana dapat dicapai oleh perumah tangga pun seorang bhikkhu.

Memang tidak usah memaksakan diri kita untuk mencapai pencerahan di kehidupan saat ini juga. Tapi yang penting kita berjuang dengan penuh keteguhan dan semangat untuk mencapainya.

Kalau hanya Pancasila, itu tak akan membantu banyak. Usaha harus diiringi dengan meditasi.

Demikian menurut saya.

 _/\_
The Siddha Wanderer


Iya, tapi kan dasar untuk melatih diri duluan kan melatih Pancasila Buddhist :D :D
Do whatever you want to do
Don't  waste your time until you can't do it

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #12 on: 23 May 2009, 06:34:52 PM »
pertama kita beruntung sekali mengetahui 4 kebenaran yaitu :

1. Kemutlakan Dukkha
2. Sebab2 Dukkha
3. Dukkha berakhir
4. Cara Mengakhiri Dukkha

dengan begitu saya menyadari untuk melaksanakan sila, samadhi, dan panna.

Bila saja ada kehidupan berikutnya, walau parami yg dikumpulkan belum cukup, semoga dapat berjodoh lagi mengetahui 4 Kebenaran tersebut....
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #13 on: 23 May 2009, 10:14:22 PM »
Sekedar oot:
Mengutip Bhante Uttamo:

Salah satu hal yang penting disebutkan disini adalah KESAMAAN konsep ketuhanan Agama Buddha dengan ketuhanan yang lain adalah sebagai TUJUAN HIDUP.
Bahwa setiap orang yang meninggal dengan agama apapun juga, keinginan mereka adalah untuk bertemu, bersatu, berada di sisi Tuhannya masing-masing.
Demikian pula Agama Buddha menjadikan Tuhan sebagai tujuan hidup.
Penyebutan Tuhan dalam Agama Buddha adalah Nibbana atau Nirwana.
Nibbana selain menjadi tujuan hidup, Nibbana tidaklah mengatur suka dan duka yang dialami oleh manusia.
Nibbana juga tidak menciptakan serta mengatur semesta ini.
Nibbana sebagai tujuan hidup dapat dicapai dengan pelaksanaan secara tekun Jalan Mulia Berunsur Delapan.
Nibbana juga dapat dicapai ketika manusia masih hidup di dunia ini.


Kalau Nirvana bukan tujuan hidup seorang Buddhis, lantas untuk apa seseorang beragama Buddha?

Kalau cuma sekedar Pancasila, bukankah agama lain juga mempraktekkan Pancasila Buddhis? Mis: Hindu, Jain --> Dan Nirvana pun dikenal pula dalam Jainisme dan menjadi tujuan hidup seorang Jain. Sekedar Pancasila? Dan sekedar Nirvana?

Nirvana dapat dicapai oleh perumah tangga pun seorang bhikkhu.

Memang tidak usah memaksakan diri kita untuk mencapai pencerahan di kehidupan saat ini juga. Tapi yang penting kita berjuang dengan penuh keteguhan dan semangat untuk mencapainya.

Kalau hanya Pancasila, itu tak akan membantu banyak. Usaha harus diiringi dengan meditasi.

Demikian menurut saya.

 _/\_
The Siddha Wanderer

oot selesai

IMO, dlm hal ini kita perlu mengenali 3 hal: diri sendiri, proses dan tujuan. Pertama mengenali diri sendiri, potensi, kelebihan-kekurangannya. Selanjutnya mengetahui ttg tujuan. Kemudian, melepaskan diri dari keterpakuan thdp tujuan dan fokus dlm menjalani prosesnya.
Toh, kalo dijalani dg proses yg sebaik2nya, nanti sampai jg kan ke tujuan? Memaksakan utk mengejar dan melihat ke tujuan yg tak terlihat, bisa-bisa malah membuat kita berdelusi-ria atau berhalusinasi telah sampai ke tujuan. Dpt dilihat dari kian maraknya ajaran2 yg menyimpang dan klaim2 pencapaian diri.
Cara fokus dlm menjalani proses? Sudah diajarkan dalam banyak cara dan pendekatan oleh Guru Buddha.
Silakan berehipassiko-ria.

_/\_
appamadena sampadetha

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Target pencapaian kesucian dalam hdup ini.
« Reply #14 on: 24 May 2009, 07:41:06 AM »
Mengutip Bhante Uttamo:

Salah satu hal yang penting disebutkan disini adalah KESAMAAN konsep ketuhanan Agama Buddha dengan ketuhanan yang lain adalah sebagai TUJUAN HIDUP.
Bahwa setiap orang yang meninggal dengan agama apapun juga, keinginan mereka adalah untuk bertemu, bersatu, berada di sisi Tuhannya masing-masing.
Demikian pula Agama Buddha menjadikan Tuhan sebagai tujuan hidup.
Penyebutan Tuhan dalam Agama Buddha adalah Nibbana atau Nirwana.
Nibbana selain menjadi tujuan hidup, Nibbana tidaklah mengatur suka dan duka yang dialami oleh manusia.
Nibbana juga tidak menciptakan serta mengatur semesta ini.
Nibbana sebagai tujuan hidup dapat dicapai dengan pelaksanaan secara tekun Jalan Mulia Berunsur Delapan.
Nibbana juga dapat dicapai ketika manusia masih hidup di dunia ini.


Kalau Nirvana bukan tujuan hidup seorang Buddhis, lantas untuk apa seseorang beragama Buddha?

Kalau cuma sekedar Pancasila, bukankah agama lain juga mempraktekkan Pancasila Buddhis? Mis: Hindu, Jain

Nirvana dapat dicapai oleh perumah tangga pun seorang bhikkhu.

Memang tidak usah memaksakan diri kita untuk mencapai pencerahan di kehidupan saat ini juga. Tapi yang penting kita berjuang dengan penuh keteguhan dan semangat untuk mencapainya.

Kalau hanya Pancasila, itu tak akan membantu banyak. Usaha harus diiringi dengan meditasi.

Demikian menurut saya.

 _/\_
The Siddha Wanderer


At. Bro Grandalf

SETUJU dengan OPINI Bro

Semoga bermamfaat

 _/\_
« Last Edit: 24 May 2009, 07:44:38 AM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

 

anything