//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ingatan buruk dpat dihapus gak?  (Read 11298 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« on: 21 May 2009, 08:08:19 AM »
Mgkn diantra kita pernh ngalami kejadian yg bruk, mgkn ada yg pernh ngalami trauma berat gara2 sbuah kjadian, yg buat dia phobia, insomnia, takut, cemas, dsb, dan apbila mgkin ingatan lalu yg buruk itu dapat dihapus, kan sangat bagus buat hari2 kedepan, apakah ada cara untk menghapus memory buruk yg buat trauma, phobia atau takut. .Cemas sampai insmnia, atau stidaknya ingatan itu dimanipulasi jdi skenario lain, bisakah? Dngan cara hipnosys bisa gak? atau membenturkan kepala dngan benda keras, bisa gak memory buruk itu gak teringat trus??
CMIIW.FMIIW.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #1 on: 21 May 2009, 08:47:56 AM »
Bs.. Amnesia semua
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #2 on: 21 May 2009, 08:48:56 AM »
Boleh tahu gak cara agar amnesia?
CMIIW.FMIIW.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #3 on: 21 May 2009, 08:53:05 AM »
Benturkn kpla dg bnda keras.. Tp fatal bs lsg mninggal.

sadari n trima aja.. Gak plu buat lupa igtn.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #4 on: 21 May 2009, 09:15:03 AM »
reinkarnasi

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #5 on: 21 May 2009, 09:24:09 AM »
seiring berjalannya waktu akan terlupakan :)
thanks Buddha...

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #6 on: 21 May 2009, 09:37:10 AM »
IMHO..
Ingatan tidak bisa dihapus, pikiran laksana harddisk yang ga bisa di delete, peristiwa apapun akan tercetak lengkap berikut 'stamp time' nya
Yang ada hanya di timpa lagi dengan ingatan lainnya yang bagus2, hingga memory buruk itu dapat ditekan dan tidak muncul kembali

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #7 on: 21 May 2009, 09:43:06 AM »
kejadian buruk (trauma buruk) bisa dihilangkan...

dgn membuat kejadian yg JAUH LEBIH BURUK lagi...

dijamin itu bakal hilang!...


kayaknya yg takut ular bisa dihilangkan takutnya sama hypnotis...
(atau selft hypnotis)..
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #8 on: 21 May 2009, 09:46:02 AM »
Atau OVERCOME THE FEAR...

banyak orang gemetar kalau bicara didepan umum
(spt ratusan bahka ribuan orang). Nah kalau dia
mengambil kelas public speaking, dan latihan terus..
sering2 bicara didepan orang....

lama2 bukan trauma atau takut,
tapi malah menjadi RINDU bicara di depan umum!

Nah kejadian buruk di atas kan juga bisa diatasin bukan?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #9 on: 21 May 2009, 10:50:00 AM »
kejadian buruk (trauma buruk) bisa dihilangkan...

dgn membuat kejadian yg JAUH LEBIH BURUK lagi...

Wahahahaha... Bagus nih... Tapi ini seh namanya mademin api pake minyak...

Kayanya susah yah... Gw sendiri phobia ama air gelap. Meski cuma ember 50cm, kalo gw ga bisa liat ke dasarnya, gw ga berani masukin tangan gw. Ga tau penyebabnya, sejak lahir kayanya ga ada kasus negatif ama air gelap.

Kalopun bisa dilupain pake hipnosis, kalo sesekali ketemu/keinget hal yang bisa trigger ke memori buruk itu, pasti keangkat lagi ke permukaan...

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #10 on: 21 May 2009, 11:07:20 AM »
Brarti hnya reinkarnasi saja satu2nya harapan buat hapus memory.
Benturan keras ke kepala bisa2 lngsung tewas. Hpnosys mungkn bs kali buat alur crita memory jdi crita lain, dimanipulasi bisakah?? Mislnya tringat kejadian traumatis xyz, kmudian dihpnotis cerita xyz itu jadi cerita xab, bisa gak ya?
CMIIW.FMIIW.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #11 on: 21 May 2009, 11:10:42 AM »
mengapa harus dihapus? ingatan atas hal-hal buruk merupakan ingatan atas hal-hal yang sudah terjadi. sebagai pengikut Buddha, kita disarankan menyikapi secara bijaksana akan pikiran kita, bukannya menolak atau membenci pikiran.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #12 on: 21 May 2009, 11:26:39 AM »
kejadian buruk (trauma buruk) bisa dihilangkan...

dgn membuat kejadian yg JAUH LEBIH BURUK lagi...

Wahahahaha... Bagus nih... Tapi ini seh namanya mademin api pake minyak...

Kayanya susah yah... Gw sendiri phobia ama air gelap. Meski cuma ember 50cm, kalo gw ga bisa liat ke dasarnya, gw ga berani masukin tangan gw. Ga tau penyebabnya, sejak lahir kayanya ga ada kasus negatif ama air gelap.

Kalopun bisa dilupain pake hipnosis, kalo sesekali ketemu/keinget hal yang bisa trigger ke memori buruk itu, pasti keangkat lagi ke permukaan...

itu tandanya dikehidupan lampau bro pernah
urusan berat sama air
(spt pernah tenggelam, bahkan meninggal di dlm air)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #13 on: 21 May 2009, 12:09:03 PM »
Mgkn diantra kita pernh ngalami kejadian yg bruk, mgkn ada yg pernh ngalami trauma berat gara2 sbuah kjadian, yg buat dia phobia, insomnia, takut, cemas, dsb, dan apbila mgkin ingatan lalu yg buruk itu dapat dihapus, kan sangat bagus buat hari2 kedepan, apakah ada cara untk menghapus memory buruk yg buat trauma, phobia atau takut. .Cemas sampai insmnia, atau stidaknya ingatan itu dimanipulasi jdi skenario lain, bisakah? Dngan cara hipnosys bisa gak? atau membenturkan kepala dngan benda keras, bisa gak memory buruk itu gak teringat trus??

Imo....

Ingatan buruk itu tidak dapat di hapus....karena udah tersimpan di sanna (persepsi/pencerapan) kita.

Kalo tidak mau ingatan buruk itu teringat kembali...janganlah di Hipnosis....Dalam Buddhisme...Hipnotis adalah kondisi pikiran yang muncul melalui ajakan. Nah...ajakan itu bisa muncul melalui 3 cara yaitu :
1. Melalui kata-kata contoh hasutan, ulangan, tekanan intonasi dsb.
2. Melalui Tindakan jasmani contoh kerlingan mata, telunjuk, gerakan anggota badan dsb.
3. Melalui pikiran yaitu bhavanga (kesadaran penyambung kehidupan) di interupsi dengan cara kita sehingga persepsi hal lampau terbangkitkan (terinduksi) untuk teringat dan muncul contoh memikirkan kejadian itu lagi.

Kalo bisa banyak-banyaklah berbuat kebaikan....dan seiring dengan berjalannya waktu...maka kamu akan melupakan ingatan buruk itu.

_/\_ :lotus:

 
 
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Ingatan buruk dpat dihapus gak?
« Reply #14 on: 21 May 2009, 12:10:39 PM »
seperti kata bro Forte:
sadari & terima

ketika kita ingin menghapus ingatan, ada pengalaman lalu yg tidak kita inginkan.
penolakan itu sendiri justru membuat adanya diri di masa lalu yg terus menerus mengalami penderitaan. sadari saja & terima fakta di masa lalu itu, hiduplah pada saat ini.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~