//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Dhamma Sukkha

Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 ... 107
46
Mo nanyaaa... ;D ;D ;D
soal RAPB, di sana dikatakan bahwa "seseorang yg melakukan dana akan lebih mudah untuk menjalankan sila."
Pertanyaannya adalahh :
Kenapa org yg melakukan dana, akan lbh mudah menjalankan silaa? :-? :-? :-? kira2 kenapa yaa? :-? :-? :-?
bagi yg bisa menjawab, ntar w kasih GRP ^-^ ^-^ ^-^

udaa... itu dulu ajaa... \;D/\;D/\;D/

47
Seremonial / Re: selamat ulang tahun koko daimond
« on: 16 October 2011, 08:42:26 PM »
\;D/\;D/\;D/ <:-P <:-P <:-P Met Ultah yooo broo... <:-P <:-P <:-P \;D/\;D/\;D/
semoga slalu maju dlm Buddhasasana \;D/\;D/\;D/ _/\_

48
saya pengennya, sih, kalo sudah mantap jadi Buddhist, resmi dan tercatat.... saya ngga mau antara KTP dan kenyataan berbeda. repot dikit biarin dah...

btw, saya nyari info mengenai Tripitaka... ternyata halamannya buaanyak banget. kalo mo digambarkan, mungkin kayak ensiklopedia... "berbuku-buku" nggak cuma satu "buku". saya clueless nih, mo mulai belajarnya gimana.... saya pengennya belajar dari nol dulu lewat buku.

ada ga buku yang bisa direkomendasikan ke saya, supaya saya bisa belajar dengan cara yang sederhana dulu tapi berstruktur?

oh, ya, saya mau tanya, apakah teman-teman Buddhist di sini sudah membaca keseluruhan Tripitaka?

apakah menjadi seorang Buddhist juga mempelajari bahasa Pali? Haruskah belajar bahasa Pali? jika tidak belajar bahasa Pali, apa saya nanti akan mengalami kesulitan dalam memahami Buddhism?

Terima kasih atas bantuan dan jawabannya....(ini serius, lho, nanyanya).
Tipitaka mah ada banyak buangett, dan ada pula tipitaka yg belum diterjemahkan ke dlm bhs indonesia... ;D ;D ;D
Tipitaka terdiri dari 3 Pitaka : 1. Vinaya Pitaka (yg berisi ttg peraturan2 mengenai Sangha)
                                               2. Sutta Pitaka (yg berisi ttg khotbah2 Semasa hidup Sang Buddha)
                                               3. Abhiddhamma Pitaka (berisi ttg filsafat, metafisika, dll)
Vinaya Pitaka terdiri dari : A. Sutta Vibhanga, terdiri dari ; a. Mahavibhanga
                                                                                            b. Bhikkhunivibhanga
                                         B. Khandaka, terdiri dari ; a. Maha Vagga b. Culla Vagga
                                         C. Parivara
                                         
Sutta Pitaka terdiri dari 5 Nikaya :
1. Digha Nikaya (ttg khotbah2 pnjng)
2. Samyutta Nikaya
3. Majjhima Nikaya
4. Anguttara Nikaya
5. Khuddaka Nikaya, terdiri dari :
    a. Khuddakkapattha
    b. Dhammapada
    c. Udana
    d. Itivuttaka
    e. Sutta Nipata
    f. Vimanavatthu (ttg kehidupan makhluk2 alam surga)
    g. Petavatthu (ttg kehidupan makhluk2 alam peta)
    h. Theragatha (kumpulan syair para Thera semasa hidup Buddha Gotama)
    i. Therigatha (kumpulan syair para Theri semasa hidup Buddha Gotama)
    j. Jataka (ttg kisah hidup Sang Buddha Gotama sebagai Bodhisatta)
    k. Niddesa
    l. Patisambhidamagga (berisi uraian sistematika ttg jln utk mencapai kesucian batin)
   m. Apadana (riwayat hidup 547 Bhikkhu dan riwayat hdp 40 bhikkhuni yg kesemuanya hidup pada masa Buddha Gotama)
   n. Buddhavamsa (ttg riwayat 25 Buddha)
   o. Cariyapitaka (berisi ttg kehidupan Sang Buddha terdahulu dlm btk syair), terutama ttg Dasa Paramita, yg dilaksanakan oleh Beliau, sblm mencapai Penerangan Sempurna)
   p. Nettipakarana
   q. Petakopadesa
   r. Milinda Panha

Abhidhamma Pitaka, terdiri dari :
A. Dhammasangani, berisi ttg proses2 batin
B. Vibhanga, uraian ttg dhammasangani
C. Dhatukatha, berisi ttg pembahasan mengenai unsur2 batin dan hubungannya
D. Puggalapannatti, menguraikan mengenai jenis watak manusia
E. Kathavatthu
F. Yamaka
G. Patthana, terdiri dari : a. Tikapatthana b. Dukapatthana

klo w sih belum baca tipitaka secara keseluruhannya, tetapi, beberapa bagiannya uda... ;D ;D ;D

menjadi Buddhism, tdk harus belajar bahasa Pali, tetapi klo mau belajar, juga boleh2 ajaa... \;D/\;D/\;D/
belajar bhs Pali sulit juga lhoo...
tak harus bljr kok... yg penting praktiknyaa... \;D/\;D/\;D/\:D/

W ksh referensi buku yaa... Tipitaka Tematik=>>
sama Riwayat Agung Para Buddha(RAPB) =>>\;D/\;D/\;D/

49
Tolong ! / Re: need help....
« on: 09 October 2011, 09:28:31 PM »
coba latihan meditasii... \;D/\;D/\;D/
gunakan objek anapanasati(keluar/masuknya nafas)... ;D ;D ;D
dan ngomong2, bisa tau kgk, emosinya itu gara2 hal apaa? :-?

50
Seremonial / Re: Happy Birthday om Indra yang ke-640 tahun
« on: 09 October 2011, 09:24:37 PM »
<:-P <:-P <:-P \;D/\;D/\;D/ Met Ultahh Cek Anggg... \;D/\;D/\;D/ <:-P <:-P <:-P
sori telat ngucapnya... ^^""
moga cita2nya tercapai dan segera mencapai kearahattaan \;D/\;D/\;D/ _/\_

51
Diskusi Umum / Re: Asal Muasal Manusia
« on: 09 October 2011, 05:35:16 PM »
_/\_
kali ini saya ingin bertanya masalah asal muasal manusia........sebagai umat buddha kita dikonsepi bahwa teori penciptaan adalah tidak dibenarkan(kecuali aliran maitreya)...nah, saya ingin menanyakan selain jawaban tak berujung seperti lahir dari buah karma , buah fikiran dan sejenisnya.....adakah suatu jawaban yang benar2 jawaban dlm buddhisme?.........seorang bikkhu suci hnya mengutarakan bahwa trkdg suatu hal tdk diketahui lbh baik drpda diketahui.........trkdg kita faham dlm ktdktahuan kita.......haisssh.bingung....dan saya mnta pendapat tmn2 tntng bbrp hal brikut:
1. Pan Gu Kai Tian Pi Di, Nv Wa Nie Huang Tu Zao Ren, Nv Wa Bu Tian
2. Adam Hawa dan Iblis Taman Edden
3. Dunia Satu Keluarga, kita semua adalah anak-anak LaoMu
4. Lao Tian Ta Ci
 _/\_
tentang asal muasal manusia baca Agganna sutta dari Digha Nikaya.. \;D/\;D/\;D/
=>> http://dhammacitta.org/dcpedia/DN_27:_Agganna_Sutta

52
Theravada / Re: Kusala dan Akusala
« on: 27 April 2011, 01:31:49 PM »
Dalam pembahasan Abhidhamma, sering saya dengar istilah Kusala dan Akusala.
Kusala di kaitkan dengan alobha, adosa dan amoha.
Sedangkan Akusala dikaitkan dengan lobha, dosa dan moha.
Apakah benar demikian?

Saya bingung menghubungkannya dengan pengertian sehari2..
Apakah Kusala = baik dan Akusala = buruk?
Karena penilaian baik dan buruk saya selama ini didasarkan pada ego, baik = lobha dan buruk = dosa,
apakah penilaian kusala dan akusala juga demikian?

Mohon pencerahannya dari para master..
ya, benar sekali yg dibold itu... ;D
baik=lobha? buruk=dosa?
lobha, dosa, moha itu termasuk akusala
lihat dari pengertiannya...
Lobha= keserakahan, Dosa=Kebencian, Moha=Kebodohan
sedangkan yg termsk kusala itu, alobha, adosa, ma amoha lawan kata dari yg di atas... ;D ;D ;D _/\_

53
kyak nya yg pertama daptar... pasti bro saceng nih... ayo saceng, cepetan n jangan sampai kelewatan kesempatan baik ini...

 ;D
bro sacheng? serius? pasti boong....
si biku gitaris dan potographis itu jadi pembimbing ndak ?  ???
biku gitaris pasti cek ang :)) :)) :)) potograpis kgk tau siapaaa... :)) :)) :))

54
Jurnal Pribadi / Re: Jurnal citta
« on: 20 April 2011, 02:42:20 PM »
;D semua orang punya emosi , wajar aja
w gak kenal siapa sejie, tapi thanks yaa ^^/ dah semangatin wnyaaa \;D/ _/\_
 anumodana _/\_

55
Jurnal Pribadi / Re: Jurnal citta
« on: 20 April 2011, 02:41:15 PM »
klo kata2 w kasar, ato nyakitin cek ang, w minta maaf....  ^:)^ ^:)^ ^:)^

56
Jurnal Pribadi / Re: Jurnal citta
« on: 20 April 2011, 02:33:35 PM »
sori w orgnya kgk komitmen.... ^:)^ ^:)^ ^:)^
pokoknya w masih umat awam.

57
Theravada / Re: Besok hari Uposatha
« on: 20 April 2011, 12:13:35 PM »
Hari ini ato besok?? jd bingung aku
mo hari ini ato bsk tergantung niat org yg menjalankan...
kata eyang klo pada hari Hnya berhalangan silahkan tunda di hari sebelumnya... itu aja.
tapi bagiku semuanya tergantung pada niat org yg menjalankan spt dlm buku uposatha sutta yg w anjurkan dan eyang anjurkan.
soalnya buku itu w dapet dari bbcid, dan bukunya saat ini masih ada di bbcid. krn w minjemi ke abang bbcid tapi belum w ambil abang bbcid tepatnya bang agus pun sudah baca siap tinggal diambil... \;D/

58
Diskusi Umum / Re: Hubungan Musik dengan Dhamma?
« on: 20 April 2011, 11:09:16 AM »
got the point kk kainyn ^^
Tapi kalo mantra bukannya bernada ya? ada nadanya seperti ta pei cou bahasa mandarin n bahasa sansekerta nadanya beda, tapi tetap dari 12 tangga nada atau sebenarnya asal mantra itu tidak bernada, tapi diciptakan nadanya oleh seseorang supaya mudah dilafalkan? ato sebenarnya mantra itu tidak ada dalam Dhamma?  _/\_


bukannya mantra itu tdk ada dalam dhamma, bagiku, paritta adalah paritta, mantra adalah mantra, tetapi mantra bisa termasuk paritta, dari sini kita harus melihat kontekstual artinyaa.... paritta = perlindungan, pemeliharaan... klo mantra ya mantraa...
mantra dalam kamus wnya komat kamit gak jelasnya mbah dukun.... tapi ini persepsi negatif dari wnya.... mantra ya mantra, ada sebuah lagu buddhis yg w suka dari obhassati foundation di fb, lagunya terlanjur di download, judulnya tibetan lullaby enak banget lho musiknya, w gak tau apa yg dicakapin, pokoknya berulang2, yg w denger sih ngomongnya kyk gini : om dare tu dare dure soha, om dare to dare dure sooha... om dare tu dare tu dare ture sooha... om dare tu dare ture dare ture soha.... gitu dehh.... w suka musiknya krn lagu buddhis, w buka krn lagunya sederhana sekali, tibetan lullaby tapi enak didengerr.... w tipe yg suka musik slowly.... kyk tibetan lullaby ini.... ^^/

59
pembalut tdk dilahirkan,.tidak hidup,..mana enak =P~,..kakao mau jd  =P~ =P~ :-?apa ya???
coklat cewe pa cowo?
ho cowo...
pembalut memang kgk dilahirkan kokk.... siapa pula yg bilang pembalut dilahirkan? pembalut itu kan benda cemana sih lu.... :hammer:

60
Mewakili Metta yang sedang belajar posting, ini adalah postingan titipan dari metta
 
Tindakan seksual yang tidak pantas adalah salah satu karma buruk yang dilakukan oleh tubuh/fisik. Dasarnya adalah seseorang yang tidak pantas bagi kita untuk melakukan hubungan seksual dengannya.
Ada beberapa kategori. Misalnya: tidaklah tepat untuk berhubungan sex dengan orang yang masih mempunyai hubungan dengan anda,yang masih ada pertalian darah dengan diri anda. Secara ketat, dalam pandangan Buddhisme, jika dalam 7 generasi kebelakang anda masih mempunyai hubungan darah dengan seseorang, maka orang tersebut dipandang tidak pantas untuk menjadi pasangan seksual bagi kita.
Kita tidak pantas berhubungan dengan suami atau istri orang. Jika anda menikah, tidak pantas untuk berhubungan selain dengan istri atau suami anda.
Juga tidak pantas berhubungan seksual dengan anak dibawah umur, anak yang masih berada dalam perlindungan orang tuanya.
 
Kriteria lainnya yang berkaitan dengan dasar ini adalah sifat dari tindakan seksual. Hubungan seksual yang melibatkan lubang lain selain lubang yang alami dipandang tidak pantas. Karena itu sex oral dan sex anal digolongkan sebagai tindakan seksual yang tidak pantas.
 
Dasar yang tidak tepat lainnya berkaitan dengan waktu, misalnya pada saat seseorang telah mengambil sumpah suci. Adalah mungkin bagi seseorang untuk mengambil sumpah suci tersebut hanya selama 24 jam. Selama masa tersebut,anda harus benar-benar menghindari hubungan seksual. Tidaklah tepat berhubungan sex dengan seseorang selama selang waktu orang tersebut sedang menjalankan sila. Waktu yang tidak tepat lainnya adalah ketika pasangan anda sedang hamil.
 
Kriteria lainnya adalah tempat berlangsungnya hubungan seksual. Tidaklah tepat berhubungan seksual ditempat yang terdapat gambar-gambar religius, stupa, atau guru spiritual anda.
 
Factor-faktor inilah yang merupakan dasar yang mengubah hubangan seksual menjadi tindakan seksual yang tidak pantas.
 
Mengenai kilesa, salah satu dari tiga racun : kebencian, kemelekatan, dan ketidaktahuan dapat menyebatkan anda melakukan hubungan seksual yang tidak pantas. Kemarahan atau kebencian dapat menyebabkan anda memaksa orang lain untuk berhubungan seksual dengan anda.
 
Motivasinya sederhana saja, yaitu keinginan untuk melakukan hubungan seksual.
 
Apakah tindakannya? Hubungan seksual terjadi ketika kenikmatan sebagai akibat dari kontak dialami antara kedua organ seksual.
 
Jika anda adalah umat biasa, anda harus berhati-hati terhadap tindakan seksual yang tidak pantas ini, khususnya yang berkaitan dengan kriteria pertama, orang yang tidak tepat. Berhubungan sex dengan orang tua kandung sangatlah jarang terjadi. Tetapi dalam pandangan Buddhis yang lebih ketat, anda dikatakan masih mempunyai hubungan darah dengan seseorang jika sampai 7 generasi ke belakang ada terdapat suatu hubungan keluarga (ada hubungan darah melalui orang tua, kakek nenek, buyut, dan seterusnya, sampai 7 generasi terlewati). Sejauh 7 generasi kebelakang, anda masih dianggap sebagai saudara sepupu. Dalam kasus ini , pernikahan atau hubungan seksual tidaklah pantas dilakukan. Anda mesti berhati-hati karena dewasa ini hanya sedikit orang yang menyadari hal ini dan kebanyakan dari mereka tidak memberikan perhatian terhadap hal ini.
 
Apabila kita melakukan tindakan seksual yang tidak pantas maka berarti kita telah melanggar Sila ke 3 dari Pancasila Buddhis,
 
Sumber : Buku Karma oleh Dagpo Rinpoche.
Rinpoche yaa.... tantrayana kan suhunehh?
di malaysia w ketemu bhante lhoo... ada 2 jenis bhante, bhante aliran tantra dgn thera...
bhante tantra di hotel ketemunya hanya satu... tapi di tempat pemberhentian bus, malem2 pokoknya malah ramee...
w gak bilang lu sheng yen punya pandangan salah yaa... jadi jgn ada yg judge wnyaa.... ada wnya ato gak ada wnya tetep sama ajaa.... tdk menghentikan perdebatan.....  perdebatan akan tetap terjadi, pokoknya dari dulu w gak pernah takut sama LSY soalnya dari kelas satu smp w dah pernah baca bukunya LSY, yg w tau tujuannya LSY baik, mo nolong org, kgk peduli dia seorg dhammaraja ato segala macam, w dapet tanggapan buruk LSY dari forum DC yg bilang dia suka SEKS pokoknya segala macam negatif thinking.... itu ajaa....
bhikkhu theravada w ketemu, tapi cuman satu doang, warna jubahnya meragukan.... warnanya orange cerah.... giginya kuning boneng liat w, pas lagi beli kue ma dd w, dianya dikasih duit sama org, w kgk tau berapa ringgit pokoknya uang, awalnya w kagak kepikiran dana sama sekali ke si bhikkhu, soalnya dia satu org, biasa bhante klo pindapatta berame2.... w tau ituuu....
terkecuali di tempat terpencil, w kagak tauu.....
krn w perhatiinnya sudah biasa, soalnya tiap pagi ii sama bpk wnya jalan santai, ato jalan sehat di cemara, w ikut ke ITBC sekedar dana makanan ringan ma bantu2 abang sanaa..... nyuci piringg.... \;D/\;D/\;D/
klo atthasila, w diam2an ma org sana, tapi tetep aja masih ada koko genit yg minta nomor hp wnya, dianya botak, w heran kenapa dia botak pdhl pake baju biasa, tapi krn srg ngobrol ma org sana jadi dah biasaa.... w dah tau sifat koko itu, koko sebelumnya juga namanya amin, namanya juga amin, tapi koko sebelumnya dah gak kerja lagi, gantiin si amin kedua...
sebenarnya ada acek2 sih di sanaa... yg juga botakk.... umurnya jelasnya lbh tua dari cek ang, krn tanpa kumis....
mukanya pokoknya dah tua, tapi si acek sudah jadi samanera, w panggil bhante2 di ITBC semuanya dgn panggilan bhante.... ;D ;D ;D
kgk peduli samanera ato bhikkhu asli....
w sering nyapa namo Buddhaya di ITBC.... \;D/\;D/\;D/
krn w suka nyapa org, tapi klo di luar vhr, w berusaha kgk nyapa org krn bpk w larang, ya uda bilang aja namo buddhaya ke semua bhikkhu ma umat yg masuk ke lingkungan vhr \;D/\;D/\;D/
krn bpk w kgk suka w sembarang nyapa org, nyapa merpati ma anjing aja dah dianggap tak waras ya udaa.... :P Y_Y

Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 ... 107