dalam theravada,kuan im disebut avalokitesvara
belum pernah baca tentang avalokitesvara dalam teks theravada, ada rujukannya bro?
Kwan Im ( Hanzi :觀 音; Pinyin : Guān Yīn) adalah penjelmaan Buddha Welas Asih di Asia Timur . Kwan Im sendiri adalah dialek Hokkian yang dipergunakan mayoritas komunitas Cina di Indonesia . Nama lengkap dari Kwan Im adalah Kwan She Im Phosat (Hanzi : 觀世 音菩 薩, pinyin: Guan Shi Yin Pu Sa) yang merupakan terjemahan dari nama aslinya dalam bahasa Sanskrit , Avalokiteśvara.
sumber :
id.m.wikipedia.org/wiki/Kwan_Im
avalokitesvara tidak dikenal dalam theravada...hehehehe
selama membuat batin anda maju, untuk apa perhatiin sekte? kalo anda rasa ada bagian/keseluruhan dari theravada/mahayana/tantrayana yang tidak menunjang batin anda, ya tidak usah diambil..begitu juga maitreya (aliran sesat menurut sebagian besar buddhis) yang menjunjung vegetarian/dana, kalo menurut anda bermanfaat ya ambil saja..sisanya ga usah diambil..kok repot amet seh? ;Djujur....karena saya sudah pernah tersesatkan oleh aliran maitreya dan qiudao.oleh krna itu sya mrsa dri ini bgtu kotor bgai lumpur yg bgtu hitam dan melekat....sya sudah mulai faham buddhisme yg sbnrnya, makanya sya tersadarkan bhwa aliran maitreya ini sesat.namun sya bingung.bgmna caranya untuk keluar dri kesesatan smntara sya sudah qiudao d...sya ingin skali bsa dgn lantang menyatakan diri sebagai penganut buddha-dhamma...tentu ajaran terlengkap adalah perpaduan dri theravada, mahayana dan tantrayana dengan mengesampingkan tambahan dan kekurangan yg tdk sesuai.........tapi sya ingin lepas dlu dri aliran sesat maitreya.........dan sya rasa.cranya adlh dgn bernaung d slh stu sliran buddha yg sejati tsbut........... _/\_ bantulha sya...trims....... _/\_ _/\_ _/\_
jujur....karena saya sudah pernah tersesatkan oleh aliran maitreya dan qiudao.oleh krna itu sya mrsa dri ini bgtu kotor bgai lumpur yg bgtu hitam dan melekat....sya sudah mulai faham buddhisme yg sbnrnya, makanya sya tersadarkan bhwa aliran maitreya ini sesat.namun sya bingung.bgmna caranya untuk keluar dri kesesatan smntara sya sudah qiudao d...sya ingin skali bsa dgn lantang menyatakan diri sebagai penganut buddha-dhamma...tentu ajaran terlengkap adalah perpaduan dri theravada, mahayana dan tantrayana dengan mengesampingkan tambahan dan kekurangan yg tdk sesuai.........tapi sya ingin lepas dlu dri aliran sesat maitreya.........dan sya rasa.cranya adlh dgn bernaung d slh stu sliran buddha yg sejati tsbut........... _/\_ bantulha sya...trims....... _/\_ _/\_ _/\_
jujur....karena saya sudah pernah tersesatkan oleh aliran maitreya dan qiudao.oleh krna itu sya mrsa dri ini bgtu kotor bgai lumpur yg bgtu hitam dan melekat....sya sudah mulai faham buddhisme yg sbnrnya, makanya sya tersadarkan bhwa aliran maitreya ini sesat.namun sya bingung.bgmna caranya untuk keluar dri kesesatan smntara sya sudah qiudao d...sya ingin skali bsa dgn lantang menyatakan diri sebagai penganut buddha-dhamma...tentu ajaran terlengkap adalah perpaduan dri theravada, mahayana dan tantrayana dengan mengesampingkan tambahan dan kekurangan yg tdk sesuai.........tapi sya ingin lepas dlu dri aliran sesat maitreya.........dan sya rasa.cranya adlh dgn bernaung d slh stu sliran buddha yg sejati tsbut........... _/\_ bantulha sya...trims....... _/\_ _/\_ _/\_
jujur....karena saya sudah pernah tersesatkan oleh aliran maitreya dan qiudao.oleh krna itu sya mrsa dri ini bgtu kotor bgai lumpur yg bgtu hitam dan melekat....sya sudah mulai faham buddhisme yg sbnrnya, makanya sya tersadarkan bhwa aliran maitreya ini sesat.namun sya bingung.bgmna caranya untuk keluar dri kesesatan smntara sya sudah qiudao d...sya ingin skali bsa dgn lantang menyatakan diri sebagai penganut buddha-dhamma...tentu ajaran terlengkap adalah perpaduan dri theravada, mahayana dan tantrayana dengan mengesampingkan tambahan dan kekurangan yg tdk sesuai.........tapi sya ingin lepas dlu dri aliran sesat maitreya.........dan sya rasa.cranya adlh dgn bernaung d slh stu sliran buddha yg sejati tsbut........... _/\_ bantulha sya...trims....... _/\_ _/\_ _/\_
Yang salah dari anda hanyalah persepsi diri anda sendiri bahwa anda kotor bagai lumpur yang sangat hitam.anda tidak tersesat,anda tidak kotor,itu semua hanya persepsi/penilaian sendiri dan tak berpengaruh dengan pencapaian anda.bukannya saya ingin berlebihan.tai saat sya megetauibhwa aliran maitreya ini trnyata mengambil ajaran berbagai agama dan dicampuradukkan sya mgkin bsa menerimanya sbgai agama baru.tpi aliran ini mendompleng agama buddha...dan inilah yg membuat sya tersesat slama ini.makanya sya krg suka dgn aliran ini..........terkesan krg baik tndkan aliran ini...........um..........untuk mslh ingin kluar dri maitreya, sya khawatir krna saat qiudao, kta mengucap sumpah yg sngat pedas dan kejam......jika kita meninggalkan ajaran / aliran maitreya........"wu lei hong',......sambaran petir adlh ancaman bgi kita bkan?.............dan bao shi dan yin shi yg bertanggung jwb trhdp kita,mra juga mngucap sumpah yg sma, jika kita meninggalkan wadah ketuhanan maitreya, mrka lah juga trut menerima hukuman melalui sumpah yg bkejam trsbut..................sungguh tdk etis menahan umat dgn kejam sprti itu.........
umat maitreya,muslim,kristiani,umat hindu,semua sama,tak ada yang menjadi kotor hanya kerena ajaran,atau formalitas dalam proses masuk kedalamnya.
perbedaannya hanyalah sudut pandang dalam melihat kebenaran,dan yang membuat seseorang hina atau kotor terlihat dari perbuatannya walau penilaian itupun sementara(lho kok sementara? yah karena semua selalu berubah,tak ada yang selalu jahat dan baik).
dan pandangan benci dan diskriminasi anda terhadap ajaran maitreya akan menghambat kemajuan batin anda,itu saja.belajarlah dan praktekan.
penolakan dan pemujaan yang berlebihan itu tidak baik.
bukannya saya ingin berlebihan.tai saat sya megetauibhwa aliran maitreya ini trnyata mengambil ajaran berbagai agama dan dicampuradukkan sya mgkin bsa menerimanya sbgai agama baru.tpi aliran ini mendompleng agama buddha...dan inilah yg membuat sya tersesat slama ini.makanya sya krg suka dgn aliran ini..........terkesan krg baik tndkan aliran ini...........um..........untuk mslh ingin kluar dri maitreya, sya khawatir krna saat qiudao, kta mengucap sumpah yg sngat pedas dan kejam......jika kita meninggalkan ajaran / aliran maitreya........"wu lei hong',......sambaran petir adlh ancaman bgi kita bkan?.............dan bao shi dan yin shi yg bertanggung jwb trhdp kita,mra juga mngucap sumpah yg sma, jika kita meninggalkan wadah ketuhanan maitreya, mrka lah juga trut menerima hukuman melalui sumpah yg bkejam trsbut..................sungguh tdk etis menahan umat dgn kejam sprti itu.........
sengaja ya sumpahnya dipenuhi berbagai ancaman biar orang pada takut, klo menurut sy ikutin saja apa kata hati anda.. Sy sendiri kurang setuju aliran agama campur sari, tapi klo yang pengikutnya merasa cocok2 saja, ya mau diapain lagi..sya ingin mempelajari buddha-dhamma scara universal...hanya saja sya ingin bernaung di bwh aliran theravada ...krna sya ingin berlindung kpda sangha. um...trims infonya, tpi divisuddhi Trisarana itu apa yah? bsa dibantu?
klo soal Theravada, Mahayana maupun Tantrayana itu perbedaan aliran saja, intinya sih sama2 Buddhism. Tapi klo anda katakanlah mau total di Theravada ya silakan, bagus juga klo bisa menjalankannya. Kalo ceritanya anda ingin lebih afdol menyatakan diri secara resmi berlindung kepada Buddha Dharma Sangha ya minta divisuddhi Trisarana aja ke Vihara Theravada.
sya ingin mempelajari buddha-dhamma scara universal...hanya saja sya ingin bernaung di bwh aliran theravada ...krna sya ingin berlindung kpda sangha. um...trims infonya, tpi divisuddhi Trisarana itu apa yah? bsa dibantu?bagaimana anda bisa belajar buddha-dhamma secara universal (baca yg di bold), disitu sudah ada suatu penegasan mengenai suatu sekte.
bagaimana anda bisa belajar buddha-dhamma secara universal (baca yg di bold), disitu sudah ada suatu penegasan mengenai suatu sekte.
btw, apakah aliran lain tdk juga berlindung pada sangha?
visudhi tisarana? ya cuma komat-kamit... ,foto-foto, pamer2 KTP visudhi+nama buddhis, besoknya ehh maksiat lagihhh.. ahahahaha :))
sya ingin mempelajari buddha-dhamma scara universal...hanya saja sya ingin bernaung di bwh aliran theravada ...krna sya ingin berlindung kpda sangha. um...trims infonya, tpi divisuddhi Trisarana itu apa yah? bsa dibantu?
sdr feiyu yg baik..baiklah...sya faham skrg.trims atas pencerahannya... :) ..........tetapi apkah sya msh bsa menghormati guru sya di aliran maitreya tsbut, smntara saat ini sya sdh berseteru dgn bbrp org yg dluny dkat dgn sya di aliran tsbut.sya mohon pncerahannya kmbali, klw bsa jln kluar...(ceritanya bgni)...: sya tahu aliran ini bkan buddha-dhamma, sya juga sudah tahu ajaran buddha-dhamma itu sdkit...lalu sya psangstatus di jejaring sosial tntang ajaran buddha-dhamma itu mskipun hnya sdkit...........lalu tmn2 sya yg dri aliran lain itu berkomentar bhwa sya slah dan terus mengecam.lalu sya trbwa emosi dan mengunduh tautan buku dri perpustakaan dhammacitta yg berjudul "bagaimana sya keluar dri yi guan dao"........mrka lalu mengecamkmbali dan mulai mengeluarkan kta2 yg kotor........pdhl mrka mengaku tdk sma dgn yi guan dao.tpi knpa mrka bgtu negative reaksinya?.pdhlmksud sya berbagi buku itu adlh untuk membantu tmn2 sya yg lain yg mgkin msh bsa tersadarkan juga........krna sya tdk tega melihat mrka terus terperangkap d dlm aliran sesat ini...apakah sya slh? sya minta pencerahan sdri semua..........trims......... _/\_ _/\_ _/\_
pertama2. saya dulu juga pernah di qiutao sewaktu kecil.. gak pernah ada istilah lepas dr qiutao juga ketika pertama kl ke vihara.. dan bukan krn semua itu kita jadi kotor dll..
kemudian mengenai dulu "tersesat" di ajaran lain dan sekarang merasa penuh dgn kekotoran,, saran saya janganlah berpandangan seperti itu, adalah alami dalam perjalanan spiritual kita, menemui berbagai perbedaan2 tsb. ingat saja bagaimana dulu, dijama Sang Buddha, byk murid2 Buddha yang pada awalnya juga berasal dari aliran2 lain, sekte2 yg mungkin lebih parah praktik nya drpd yg skrg anda keluh2kan terus.. namun setelah mereka menemui/bertemu dgn Buddha, mendengarkan ajarannya, beradu argumen, berdiskusi dll. maka setelah yakin dgn ajaranNya baru lah menyatakan berlindung kepada Buddha Dharma Sangha.
disini juga saya berharap, karena dr awal sdr feiyu meyebutkan baru belajar dharma, ada baiknya di kupas habis dulu, di test dengan kritis dll sampai anda yakin sepenuhnya baru lah menyatakan diri berlindung pada tiratna.,
dan terakhir. saya mau mengambil contoh dari cerita dalam, Upali Sutta MN, dimana Upali yg setelah beradu debat dgn Buddha akhirnya beralih keyakinan dgn berlindung kpd Tiratna. ada kata2 yg saya lupa persisnya bgmn, yg penting intinya adalah., Buddha menganjurkan agar Upali tetap menghormati Guru nya yg terdahulu Nigantha Nattaputta..meskipun jika tidak lagi menyatakan pernaungan kepada gurunya yang lama.. dari situ kita melihat hendaknya kita tidak mengecam ataupun menjelek2kan aliran lain atau aliran dimana dulu kita bernaung. meskipun kini kita sudah tidak lagi memiliki pandangan yang sama, jika memang ada yang berbeda katakan lah terbuka tentang perbedaan tsb. dan lihat itu sebagai perbedaan saja..
semoga bisa membantu sdr feiyu..
_/\_
jujur....karena saya sudah pernah tersesatkan oleh aliran maitreya dan qiudao.oleh krna itu sya mrsa dri ini bgtu kotor bgai lumpur yg bgtu hitam dan melekat....sya sudah mulai faham buddhisme yg sbnrnya, makanya sya tersadarkan bhwa aliran maitreya ini sesat.namun sya bingung.bgmna caranya untuk keluar dri kesesatan smntara sya sudah qiudao d...sya ingin skali bsa dgn lantang menyatakan diri sebagai penganut buddha-dhamma...tentu ajaran terlengkap adalah perpaduan dri theravada, mahayana dan tantrayana dengan mengesampingkan tambahan dan kekurangan yg tdk sesuai.........tapi sya ingin lepas dlu dri aliran sesat maitreya.........dan sya rasa.cranya adlh dgn bernaung d slh stu sliran buddha yg sejati tsbut........... _/\_ bantulha sya...trims....... _/\_ _/\_ _/\_
baiklah...sya faham skrg.trims atas pencerahannya... :) ..........tetapi apkah sya msh bsa menghormati guru sya di aliran maitreya tsbut, smntara saat ini sya sdh berseteru dgn bbrp org yg dluny dkat dgn sya di aliran tsbut.sya mohon pncerahannya kmbali, klw bsa jln kluar...(ceritanya bgni)...: sya tahu aliran ini bkan buddha-dhamma, sya juga sudah tahu ajaran buddha-dhamma itu sdkit...lalu sya psangstatus di jejaring sosial tntang ajaran buddha-dhamma itu mskipun hnya sdkit...........lalu tmn2 sya yg dri aliran lain itu berkomentar bhwa sya slah dan terus mengecam.lalu sya trbwa emosi dan mengunduh tautan buku dri perpustakaan dhammacitta yg berjudul "bagaimana sya keluar dri yi guan dao"........mrka lalu mengecamkmbali dan mulai mengeluarkan kta2 yg kotor........pdhl mrka mengaku tdk sma dgn yi guan dao.tpi knpa mrka bgtu negative reaksinya?.pdhlmksud sya berbagi buku itu adlh untuk membantu tmn2 sya yg lain yg mgkin msh bsa tersadarkan juga........krna sya tdk tega melihat mrka terus terperangkap d dlm aliran sesat ini...apakah sya slh? sya minta pencerahan sdri semua..........trims......... _/\_ _/\_ _/\_
tentu saja masih bisa menghormati guru anda yang lama., kalau tentang perseteruan anda dengan teman2 anda dulu, mungkin sebaiknya anda yang sekarang harus mundur selangkah, dalam arti mengabaikan provokasi serta mungkin jangan menambah bibit mslh. mungkin tindakan nge tag "bagaimana saya keluar dari i kuan dao" bukan tindakan yg tepat, mungkin juga karena terkesan anda sekarang mengajak2 orang lain keluar dari ajran yg mereka anut. (meski agak aneh karena anda bilang mereka buka i kuang tao ::) )tips anda terasa sngt baik..trims.sya trima dan akan sya terapkan..........sya psti akan mmpelajari buddha-dhamma dgn baik...lalu bgmna dgn org2 yg sudah trlanjur berseteru dgn sya? sikap dan tndkan apa yg hrus sya ambil?
sekali lagi maksud anda mungkin baik, tapi cara saja yang mesti di ubah..
bagaimana caranya? saya kasih sedikit tips.. hehe
belajar lah yang tekun tentang buddha dharma, sampai di titik anda cukup tahu byk, dan merasaka perubahan dalam batin anda (jadi lebih damai), kemudian untuk urusan "menyadarkan" teman yg beragama/aliran lain.. sebaiknya dihindari jika memang bukan mereka yg tertarik lebih dahulu, jika mereka tertarik barulah anda memberitahu apa yg mereka mau tahu ttg ajaran buddha.
satu cara plg ampuh dalam membuat orang lain tertarik dgn ajaran buddha adalah bagaimana perilaku anda sendiri, jika anda pembawaannya tenang damai bahagia tidak mudah marah dalam kondisi buruk sekalipun, itu akan menjadi daya tarik.. namun sebaliknya, jika anda selalu negative, mudah terpancing emosi dll, adalah hal wajar jika orang lain mengatakan " ah apa2an itu, pasti agamanya gak bener, lihat aj kelakuan org nya"
saya sendiri juga memiliki byk teman yg beragama lain, khususnya kr****n (karena sekolah saya dulu sekolah kr****n), toh sampai skrg damai2 aj hehe, malah gk pernah bahas2 agama. saling respek itu kuncinya doank sih..
semoga bisa membantu yah..
n jgn menyerah dalam belajar buddha dharma :)
tips anda terasa sngt baik..trims.sya trima dan akan sya terapkan..........sya psti akan mmpelajari buddha-dhamma dgn baik...lalu bgmna dgn org2 yg sudah trlanjur berseteru dgn sya? sikap dan tndkan apa yg hrus sya ambil?
tips anda terasa sngt baik..trims.sya trima dan akan sya terapkan..........sya psti akan mmpelajari buddha-dhamma dgn baik...lalu bgmna dgn org2 yg sudah trlanjur berseteru dgn sya? sikap dan tndkan apa yg hrus sya ambil?
Belajarlah untuk selalu berpikir positif,bersikaplah sewajarnya.jangan berlebihan atau cuek,kalau dia atau mereka membalas dengan sikap yang tidak menyenangkan,tetap pertahankan sikap positif anda karena itu mungkin efek atau buah permasalahan yang dulu.jika anda bertahan dalam waktu yang cukup,mereka juga akan berubah sikap dan hubungan akan membaik,percayalah pada hukum sebab akibat.tapi sebelumnya,Buktikan!ok.trims.............. _/\_
saya ad pertnyaan baru.......ini mslh bhakti puja(ibadah/sembahyang).........jika sya penganut buddha-dhamma (universal).ke vihara mna sya hrus beribadah?..dan mslh klenteng .layakkah dikunjungi umat buddhis?.......dan katakanlah sya beribadah di vihara theravada, lalu ketika suatuhri sya berkunjung ke vihara mahayana, apkah sya layak beribadah d sna?...soalnya ada perbedaan rupang .di sana ada avalokis dll.........bingung.mohonpencerahannya. _/\_ _/\_ _/\_
saya ad pertnyaan baru.......ini mslh bhakti puja(ibadah/sembahyang).........jika sya penganut buddha-dhamma (universal).ke vihara mna sya hrus beribadah?..dan mslh klenteng .layakkah dikunjungi umat buddhis?.......dan katakanlah sya beribadah di vihara theravada, lalu ketika suatuhri sya berkunjung ke vihara mahayana, apkah sya layak beribadah d sna?...soalnya ada perbedaan rupang .di sana ada avalokis dll.........bingung.mohonpencerahannya. _/\_ _/\_ _/\_
vihara dalam batin anda sendiri... atau kl perlu untuk simbolis, vihara apa saja yang di dalam nya bisa memberi anda ketenangan batin.bukan...mgkin bhsa penyampaian sya yg krg jlas...mksud sya bgni : sya ada bca di topik lain, klw di mahayana itu ada bnyk tmbhan boddhisatva2 yg tdk ada di theravada, dan theravada tdk mengakui kbradaannya.jdi sya bngung klw sya prgi ke vihara mahayana, sya psti koq akan mghargai...cman apkah sya juga lyk untuk...apa yh bhsanya...mungkin "bai".kpda ktakanlah avalokis....mgkin ada yg mrasa prtnyaan sya tdk brhnti.maaf jika mngganggu yg bersangkutan...saya brtnya krna mrasa ada kabut msh di bathin. _/\_ _/\_ _/\_
layak., tidak ada larangan apapun dalam ajaran buddha dharma bagi umat awam.
sdr feiyu., saya pribadi skrg lebih cocok thdp theravada, namun saya ketua bag. puja bakti muda-mudi untuk sebuah vihara Mahayana di jakarta.. so far ok2 saja.. jgn terlalu men"cap", jika saya aliran ini maka aliran lain merupakan pantangan buat saya jika mengunjungi, beribadah atau berkegiatan ataupun bersahabat dgn para pemeluk agama lain.. anda sendiri berkeinginan untuk menjadi penganut "buddha dharma (universal)" jika terlalu kaku tentu nya tidak universal lagi bukan :P
soal rupang2, hargailah sebagai bentuk keyakinan dari aliran/agama/kepercayaan orang lain yang berbeda bagi kita.
bukan...mgkin bhsa penyampaian sya yg krg jlas...mksud sya bgni : sya ada bca di topik lain, klw di mahayana itu ada bnyk tmbhan boddhisatva2 yg tdk ada di theravada, dan theravada tdk mengakui kbradaannya.jdi sya bngung klw sya prgi ke vihara mahayana, sya psti koq akan mghargai...cman apkah sya juga lyk untuk...apa yh bhsanya...mungkin "bai".kpda ktakanlah avalokis....mgkin ada yg mrasa prtnyaan sya tdk brhnti.maaf jika mngganggu yg bersangkutan...saya brtnya krna mrasa ada kabut msh di bathin. _/\_ _/\_ _/\_
bro feiyu yang baik, saya pemuja avolokistesvara , dan saya tidak terganggu soal aturan dan di terima atau tidaknya avolokistesvara, karena bukan rupang yang saya puja , tetapi nilai2 luhur dari keseluruhan baik sang buddha , boddhisatva , jadi tidak perlu dipermasalahkan jika anda ingin berpuja bhakti di mana saja . walau saya jelas2 hanya mempelajari aliran theravadaum......dgn pernyatan ini, mgkin sya mrsa lbih jelas.mgkin slama ini sya berbhakti puja pda personal boddhisatva/buddha, bukan nilai luhur kebajikannya.sya faham.sya akan merubahnya..trims.... _/\_ _/\_ _/\_
bukan...mgkin bhsa penyampaian sya yg krg jlas...mksud sya bgni : sya ada bca di topik lain, klw di mahayana itu ada bnyk tmbhan boddhisatva2 yg tdk ada di theravada, dan theravada tdk mengakui kbradaannya.jdi sya bngung klw sya prgi ke vihara mahayana, sya psti koq akan mghargai...cman apkah sya juga lyk untuk...apa yh bhsanya...mungkin "bai".kpda ktakanlah avalokis....mgkin ada yg mrasa prtnyaan sya tdk brhnti.maaf jika mngganggu yg bersangkutan...saya brtnya krna mrasa ada kabut msh di bathin. _/\_ _/\_ _/\_
Anggap aja Bodhisattva tersebut lupa ditulis di Tipitaka Theravada....beres.... hehe
apa syarat untuk bernaung di bawah aliran theravada........?...maksudnya jika saya ingin mengakui diri sbgai umat theravada baik kpda bathin sya sndri maupun kpda yg lainnya, apa yg hrus sya lakukan?......lalu, apakah aliran theravada itu scara umum?.....kmudian apakah seorg umat theravada disalahkan untuk berbhaktipuja di kuil( bahasa lokal pekkong kdg2 vihara (wrna serba merah) dan d dlmnya juga ada rupang buddha sakyamuni?......apakah juga berbhatipuja kpda kuan yim?....adakah sosok kuanyim d dlm aliran theravada ini?.maaf bertanya bnyk..... _/\_ saya bru ingin _/\_BER-CETANA masuk theravada, jdi bnyk yg ingin sya ketahui....
kok milih theravada napa? alasannya?
karena Theravada masih mempertahankan sebagian 'tradisi2' dari jaman Sang Buddha ;D
iya..di theravada memang sedikit ritual2...dan sangat mementingkan meditasi..dan meditasi ini paling penting..
theravada yg mana?
theravada yang di indonesia ya? kalau di thailand juga mirip2 indo rasanya..setidaknya lebih sedikit ritual dibanding mahayana...
baru tau saya soal ini , share dong :) referensinya please ;D
saya juga pernah denger tapi ga tau pasti bhikkhu2 theravada indonesia itu berasal dari dhammayut ato maha nikaya...kayaknya dhammayut..
http://en.wikipedia.org/wiki/Dhammayuttika_Nikaya
waktu kecil, bertahun2 saya ke vihara Theravada
ikut baca paritta, mendengar dhamma desana, ber tisarana
tapi tetap bingung dan ngk bisa menangkap inti ajaran
ya jelas aja ga bisa nangkap inti ajaran..lha ajarane aja ngajarin tanpa-inti
iya musti meditasi..
Not Self... masa No Self ?
saya cek lagi di wiki bener not self.....haha..thanks
http://en.wikipedia.org/wiki/Anatta
tapi kalo anatta diterjemahkan tanpa inti..bukannya cakupannya malah lebih luas ya?
(saya pernah tanya Bhante Uttamo juga ga pa2 diartikan tanpa inti)
misal untuk tilakkhana, kan rumah dikatakan dukkha..tentu nya bukan rumah itu merasa tidak puas..
dan rumah juga anatta...tentunya rumah memang tidak bisa memiliki dirinya sendiri..
dan saat kita mendeskontruksi sebuah rumah maka tidak bisa kita temukan inti yang bisa disebut rumah. kan cuma agregat dari pintu, jendela, atap rumah, dinding rumah dsb..
di milinda panha pakai contoh kereta kuda..
lagian kalo tanpa inti bukannya malah pasti bukan milikku, jadi sudah mengcover not-self..
nah kalau link ini juga bilang kalau anatta tu no inner core, di judulnya
http://www.dhammaweb.net/htmlbook/page.php?page=4&id=1
makanya dikatakan not self (tidak berdiri sendiri)... coba cari apa saja (benda, fenomena) yang terdiri dari 1 kondisi penyusunnya saja ? Rasa-nya tidak ada... itu-lah an-atta...