//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - nyanadhana

Pages: 1 ... 248 249 250 251 252 253 254 [255]
3811
Vegetarian / Susu, Telur, Bawang, Ku Chai
« on: 17 March 2008, 11:27:15 AM »
 _/\_ yuk ayuk kita kembali pada tujuan seseorang bervegetarian tanpa alasan agama,kedokteran...mohon buang embel2 seperti itu dulu. Kita kunjungi peternakan old Mc Donlad sekali lagi.
1. Telur
seorang vege tidak makan telur ayam kampung  tapi telur ayam negri diperbolehkan,apakah bedanya. yuk kita kunjungi kandang ayam....Ayam-ayam di peternakan punya job desc yang sangat jelas yaitu makan banyak dan bertelur lah setiap hari.(mohon maaf agak kasar) Anda tiap hari buang air besar?bagaimana kalo tiap jamnya saya kasih anda makan trus tiap jam pula anda harus buang air besar? Rasanya bagaimana? sama seperti ayam-ayam negri yang khusus untuk keluarin telur itu dan pakan ayam akan berhubungan dengan ekologi saat ini yang telah saya bahas dalam topik Vegetarian dan Global Warming.

2.Susu
Kita kunjungi kandang sapi,tahukah anda,anda mesti berbagi minum dengan anak sapi juga,seekor sapi untuk bisa diperah membutuhkan makanan yang super banyak 3 kali dari dirinya,anda tahu berapa besar padang rumput yang akan habis hanya untuk produksi susu,kasus terakhir anda bisa lihat hutan Amazon yang mulai kering karena daerah situ sering dijadikan lahan untuk pakan ternak. dan juga kalo anda yang terlahir sebagai sapi,kira-kira suka ga sih diperah2. Klaim dari org vege yang minum susu,sapi kalo ga diperah daerah putingnya akan timbul borok dan kanker makanya kita perah tiap hari agar ga muncul hal seperti itu.
Kita lihat sapi di wild lifenya,perlukah sapi itu diperah?apakah mereka sering mati karena borok dan kanker. Itu karena manusia sering memerah mereka maka timbul infeksi seperti itu.

3.Bawang dan Kuchai
aku pernah dengar bawang itu katanya makhluk hidup (titisan bangau kalo ga salah) itu versi anehnya.survei kedokteran tanpa bukti menyatakan bahwa banwang ningkatin libido.lebih aneh lagi.Nafsu seks bukan berasal dari makanan tapi dari pikiran,kalo anda orgnya ngeres ga usah bawang juga udah on terus. beberapa riset menytakan seorang vege dengan bawang dapat menurunkan tingkat kanker, menyehatkan jantung dan memperlancar aliran darah.bawang telah dipakai di dunia barat sebagai obat alternatif gagal jantung.

 _/\_ Alternatif susu dan telur sebenarnya sudah ada yaitu TEMPE,bahkan lebih kaya daripada ini karena apa? Sapi dan ayam dua-duanya juga makanannya sayur2an baru bisa memproduce ini. sama aja kan produk olahan kedelai. Balik lagi, mau apa tidak kita mengorbankan makhluk lain hanya untuk kesenangan sementara.

Mengenai bawang dan kuchai,itu selera anda sendiri.mau ga mau ya terserah aja deh.

3812
Buddhisme untuk Pemula / Re: Hinayana atau Mahayana?
« on: 17 March 2008, 11:02:59 AM »
Definisi Hinayana harafiahnya Jalan Kecil :P ditujukan untuk bhikkhu yang konservatif yang mempelajari Sutta sebagai satu-satunya yang bisa dipercaya dan berasal dari mulut Buddha, melatih meditasi dan akhirnya mencapai Pencerahan dan ketika ia Parinibbana,ia tidak akan lahir kembali.
Bagi Mahayana,ini tentu disayangkan.kenapa tidak mengambil sumpah Bodhisattva untuk terus-terusan lahir kedalam dunia dan menolong sengsara? nah pengertian seperti ini lah muncul dualitas Hinayana dan Mahayana. kata hinayana ditunjuk oleh Mahayana untuk menyebutkan bhikkhu yang punya aspirasi hanya ingin capai Nibbana.
ini menurut metode pencapaian. maka Hinayana dikatakan egois karena hanya mementingkan dirinya sendiri. perkembangan Hinayana sampai sekarang ini oleh bhikkhu nya sendiri menamakan Theravada(ajaran para Thera).
Sesungguhnya nama bukanlah hal terpenting karena hanya sebuah cap.realisasikan Buddhadhamma dalam kehidupan sehari-hari lebih penting karena tiap manusia memiliki aspirasi KeBuddhaan yang berbeda-beda dan tidak bisa dipaksakan.

3813
 _/\_ Tanpa menghaina atau meributkan aliran sana sini,marilah kita duduk dengan kepala dingin,kita review satu-satu aliran Buddhisme masa kini yang dimasukkan dalam kategori Cult Buddhism.
1. True Buddha School
Leading man : Lu Sheng Yen/Master Lu/Maha Double Lotus Pond Bodhisattva.
Biography : Lu Sheng Yen awalnya merupakan penganut kr****n yang taat akhirnya ketika bertemu dengan aliran Tao,ia mempelajarinya termasuk dalam aliran Mao Shan(istilah black magic dalam Tao). Pertemuannya dengan Buddhism adalah ketika dia melatih Vajrayana.dalam meditasinya dia menyebutkan pertemuannya dengan Sakyamuni Buddha yang mengatakan bahwa dia adalah titisan Padmakumara di Amitabha Pure Land dengan lotus ganda.Padma kumara adalah pemimpin dari para Bodhisattva.
Setelah mendapat mimpi seperti itu,akhirnya ia mengklaim dirinya sebagai Buddha Hidup zaman Sekarang. dan mengeluarkan Sutra yang menyatakan bahwa dirinya sebagai Buddha sebagaimana disabdakan oleh Sakyamuni Buddha. Otentik dari Sutra ini masih dipertanyakan karena Sutra ini ditulis oleh Lu Sheng Yen. ia mendirikan True Buddha School(Cen Fuo Ciao) dengan melandaskan penjapahan mantra dan mistik tantra.
vihara di Indonesia salah satunya adalah Pelangi Ksitigarbha di Pluit.


2. Fa Lun Gong/ Fa Lun Da Fa
Pendiri Li Hong Zi
Biografi : Awal mula ia mempelajari latihan pernafasan(chi kung) dan meditasi akhirnya mengklaim bahwa ia adalah Buddha diatas Buddha(buku Zhuan Fa Lun). Ia mengklaim meditasinya dapat membawa pencerahan lebih tinggi daripada Sakyamuni Buddha, Sakyamuni dikatakan Buddha tingkat rendahan,yang ia pelajari justru lebih,dari sini ia mengeluarkan buku yang menyatakan dirinya seorang Buddha di buku Zhuan Fa Lun(Memutar Roda dhamma). bukunya dulu dapat ditemukan di Gramedia namun sangat jarang lagi ditemukan sekarang.
Pemerintah China merasa resah karena ajaran seperti ini akan membuat masyarakat kacau balau oleh karena itu pemerintah mengeluarkan cap 'sesat'.Perdebatan sengit terjadi antara apakah penganutnya mempraktekan euthanasia(bunuh diri) dengan bakar diri di lapangan Tian An Men atau sengaja dibuat oleh pemerintah China.Well who knows mana yang benar?

3. I Kuan Tao
Ajaran ini diteruskan dari zaman kerajaan China kuno. Menganggap Maitreya telah lahir di dalam kelompok mereka merupakn agenda untuk menaikkan nama aliran mereka.Di banned oleh pemerintah China,akhirnya sesepuh mereka yang bernama Zhang Tian Ran bersama istri lari ke Taiwan. Mereka mengklaim diri mereka sebagai nabi yang diutus Tuhan(seperti pada agama theistik) dan Tian Ran mengatakan dirinya sebagai titisan Maitreya. Aliran ini sempat populer karena mengusung Vegetarian dan bagi yang belum pernah mengenal Buddhism pasti akan suka karena aliran ini menggabungkan agama tradisional orang Chinese dengan theologi dan Buddhism namun dalam pemahaman yang sangat dipertanyakan.
I Kuan Tao sempat di banned oleh pemerintah Taiwan pada rezim Guo Min Dang namun sekarang telah dipulihkan kembali statusnya. dan dianggap sebagai ajaran minor.

4.Mi Le Da Dao(The Great Tao of Maitreya)
khusus Indonesia,dipelopori oleh seorang Taiwanese yang tinggal di Indonesia yang merupakan pemeluk I Kuan Tao bernama Maitreyawira. Ia datang ke Indonesia saat I Kuan Tao mengalami perpecahan sekte dan atas usulnya.Ia mendirikan aliran ini dan ternyata populer mengingat org-org Chinese masih kurang paham mengenai Buddhadhamma dan figur Maitreya(biksu gendut dengan karung) pasti akan diminati karena membawa hoki.
aliran ini nebeng di WaLuBi yang menerima mereka sebagai adik dalam aliran Buddhism.
Fokus utama aliran ini adalah mereka yang belum pernah mempelajari Buddhism apalagi muda mudi bahkan orang tua ayng status KTP Buddhis melekat. Pembelokan ajaran Buddha terlihat dari penggantian figur Sakyamuni menjadi figur Maitreya yang katanya telah lahir dalam aliran mereka.
Mereka menelurkan satu-satunya Sutra untuk mengklaim aliran mereka yaitu Mi Le Ciu Khu Cen Cing(Sutra Maitreya menolong Penderitaan).saat ini mereka juga 'ahli' mereplace semua kata-kata dalam Sutra Buddhism seperti Maha Ratna Kuta bagian Kassapa,dimana ketika Buddha mengangkat lotus dan Kassapa tersenyum mereka mengatakan bahwa transmisi KeTuhanan sedang terjadi.
Mereka kemudian menciptakan sejarah Buddha Gotama yang menyebutkan bahwa Lao Tzu dari Tiongkok pergi ke India dan membuat Sakyamuni menjadi seorang Buddha(faktanya. Pangeran Siddhatta menjadi Buddha atas usahanya sendiri tanpa guru atau menerima wahyu).
<saya cukup tercengang ketika seorang penganut kr****n yang akhirnya ditarik ke dalam aliran ini dan menjadi Pandita Halim Zen Bodhi yang kita kenal dengan gelar Sarjana Agama Buddha,namun cukup meresahkan setiap harinya menafsir Sutra dengan pandangan diri sendiri.Agama K + B = Kacau Balau)

5. Maitreya Timur Tengah(dikenal sebagai ajaran Universalis)
Mirip2 kedua ajaran diatas namun kali ini diklaim oleh orang Arab yang mukanya mirip bin Laden.mengatakan bahwa dia adalah titisan Maitreya saat ini.dan semua agama harus tunduk padanya. 

Produk-produk Buddhisme menyimpang saat ini lebih banyak Made In China.maaf produk made in china memang tampak seperti aslinya tapi kualitasna selalu diragukan. Well,kita tunggu org mana lagi yang mau menghebohkan jagad Buddhism.  _/\_

3814
Engaged Buddhism / Tzu Chi dalam Pemahaman Buddhisme
« on: 17 March 2008, 10:07:19 AM »
 _/\_ Semua pasti pernah tahu,mengenal,terlibat dalam Tzu Chi bukan? ya betul,sebuah yayasan kecil yang didirikan oleh seorang bhiksuni bernama Cheng Yen dibimbing oleh gurunya Master Ying Shun. Kita akan membicarakan Tzu chi dalam konteks Buddhism berupa FAQ?
1. Pernah Master Cheng Yen ditanya aliran Buddhism apakah yang dia anut,kenapa tidak ada namanya baca mantra,sembahyang-sembahyang atau segala macam aktifitas Buddhist yang biasanya ditemui di vihara? (catatan Tzu Ching Taiwan ketika bertemu Master, Tzu Ching camp International)

Master Cheng Yen membalas tanya,menurut kamu aliran apa yang saya anut? Master kemudian lebih mendalam lagi mengatakan, Buddhism itu sebenarnya tidak jauh - jauh di luar jangkauan manusia. Mengenal ajaran Buddha adalah mengaplikasikannya ke dalam keseharian hidup. Cinta Kasih Universal dengan Kebijaksanaan, oleh karena itu Tzu Chi ada. bukan menitikberatkan agar orang menjadi penganut Buddha tapi agar orang dapat ikut serta merasakan Buddhadhamma/Kebenaran dalam setiap aktifitasnya. Buddhadhamma adalah sekarang apa yang anda lakukan.

2. Kenapa Sutra "Amitartha" atau U Liang Yi Cing(The Sutra of Inummerable Meaning) menjadi patokan?(catatan Tzu Ching Taiwan ketika bertemu Master, Tzu Ching camp International)

dalam Saddharma Pundarika 3 bagian, bagian pertama sebelum Buddha menjelaskan Dharma lebih mendalam adalah Sutra Amitartha, Sutra ini sangat jelas bisa dipraktekan dalam keseharian hidup dan selaras dalam aktifitas Tzu Chi dimulai dari Kemanusiaan,Kebudayaan,Pengobatan,Pendidikan. dan Tzu Chi telah mengaplikasikannya dalam realita

3. Jadi Master ini Mahayana, Theravada ,Amitabha atau aliran apa?
Kembali lagi kepada tujuan, Ketika saya diterima menjadi murid Master Ying Shun, beliau memberikan 6 kata nasehat yaitu Wei Fo Ciao,Wei Cung Sen(Demi Buddhadhamma,Demi Kemanusiaan). Master Ying Shun sendiri adalah orang yang sangat terbuka dalam mempelajari Buddhism karena Buddhism adalah keseharian hidup. (catatan nyanadhana : bacalah biografi Master Ying Shun di wikipedia). Oleh karena itu,kita tidak membatasi pada aliran Buddhist mana,ajaran agama apa asal dia mau berpraktek kebajikan itu sama halnya dia mempelajari Buddhadhamma.

4. Kenapa org-org Tzu Chi selalu keliatan memakai seragam dengan model rambut yang serba sama,apakah tidak ada yang fashionable di Tzu Chi?(catatan Tzu Ching Indonesia dan dijawab oleh senior Tzu Chi)
Memakai seragam adalah bagus,dimana-mana ketika anda berseragam maka orang-orang akan mudah mengetahui bahwa anda org Tzu Chi. dimanapun org Tzu Chi berada,dia selalu membawa kebaikan dan senyum indah, saya sering menemui kejadian di air port ketika saya berseragam Tzu Chi,ada nenek yang terbang bersama melihat aku dan dia berkata,selama aku melihat seragam Tzu Chi,saya merasa aman. ada juga ketika teman saya berseragam dan saya tidak berseragam. Ketika org meminta bantuan,org itu akan menanyakan kepada yang berseragam sedangkan saya yang tidak malah diragukan padahal saya org Tzu Chi.inilah kenapa saya berseragam. saya bisa menuai kebajikan lebih banyak.

5. Kenapa Tzu Chi memiliki isyarat tangan?(pertanyaan saya sendiri dijawab oleh senior Tzu Ching di Taiwan)
Isyarat tangan merupakan bahasa universal, anda bisa berbahasa inggris,mandarin tapi bagaimana dengan org yang bisu tuli apakah mereka menjadi tidak mengerti kebajikan?inilah kenapa kita memiliki isyarat tangan. coba bayangkan ketika anda tidak bisa berbahasa inggris namun anda memaksakan diri berbahasa inggris kepada orang bule. bahasa pertama yang anda gunakan pastilah menggerak-gerakkan tangan ini dan itu.nah,inilah kita sebut isyarat tangan menjadi bahasa universal.

Well,5 dulu yah,kalau ada pertanyaan dari member,silahkan...

3815
Vegetarian / Re: Boleh gak makan pecel lele?
« on: 17 March 2008, 09:02:22 AM »
 _/\_ saya pernah ke restoran yang sedia seafood yang tinggal tunjuk ikannya trus langsung dibawa dari akuarium di belek dan jadi deh masakan seafood.
Ketika kita menunjuk hewan itu berarti kita mengkehendaki kematiannya,saya balikkan lagi jika hengki yang ada di akuarium :P dan saya menunjuk hengki untuk digoreng dan saya makan.Apakah anda akan dendam kesumat pada saya,toh hengki ga ada salah sama saya kenapa hengki harus digoreng untuk makanan saya??
Kedua,mengenai pecel lele....Lele termasuk dalam keluarga ular,(corect me if i'm wrong).Anda tahu ular punya berapa besar rasa dendam? kata orang kalau anda menyakiti ular sekalipun jangan harap bisa masuk ke hutan,anda akan disambit ama ular.sama seperti anda yang makan daging biawak,buaya,mungkin asu juga,karena mereka punya sense anda adalah musuhnya.
Well,berjalanlah tanpa cela,tanpa benci dan permusuhan.toh tidak ada makhluk siapapun yang suka dipajang di etalase,ditunjuk-tunjuk dan nyawanya melayang.  _/\_

3816
Vegetarian / Re: Vegetarian dan Global Warming
« on: 17 March 2008, 08:46:06 AM »
 _/\_ Pertama-tama saya bukan Bhante  :P, hanya sebuah keinginan kecil saya untuk memperbaiki salah paham yang selama ini sering terjadi dan agar tidak timbulnya pikiran untuk merusak Buddhadhamma yang begitu berharganya.
Pikiran kita terjebak dalam dualitas yang tiada akhirnya,ini baik,itu buruk tapi kita jarang menggunakan kebijaksanaan untuk menimbang ini layak atau tidak layak.
Vegetarian dan topik lainnya sebenarnya hanya masalah taste anda sendiri.Buddhadhamma ibarat sebuah kanvas.Anda bisa melukiskan apa yang anda pikirkan mengenai Buddhadhamma tapi tetap penikmat lukisan akan menimbang apakah lukisan anda layak atau tidak layak dibeli.
 _/\_ disini ada Bhante dan para senior yang mungkin bisa menjawab ini dengan lebih mantap.  _/\_

3817
Buddhisme untuk Pemula / Re: Hinayana atau Mahayana?
« on: 17 March 2008, 08:36:44 AM »
Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasambuddhassa.
Kata Arahat merupakan term sebutan bagi mereka yang telah tercerahkan,tidak terlahir kembali lagi, yang sempurna sama seperti kata Buddha = Yang Tercerahkan.
Dalam Khaggavisāna Sutta dan Puggalapannati.seorang Pacceka Buddha adalah orang yang mengerti merealisasi dengan sendirinya Kebenaran namun belum menguasai pemahaman dalam mengajarkan Kebenaran Dhamma kepada makhluk(phalesu vasībhāvam).
 _/\_ Bhante dan para senior yang berada di forum ini, correct me if i'm wrong...tidak ada hubungannya dengan apakah dia Mahayana atau Hinayana atau yana-yana lainnya. Contoh ilustrasi penggunaan termin ini adalah sama dengan saya memanggil nama anda.Dalam memanggil nama anda, saya bisa mendeskripsikan siapa diri anda namun saya tetap tidak akan tahu lebih dalam mengenai anda karna yang tahu hanya diri anda sendiri.
Dikarenakan kita sendiri belum mencapai Pencerahan(masih dalam proses),kita tidak akan tahu Arahat atau Pacceka Buddha itu seperti apa tapi kita menggunakan nama ini untuk mendeskripsikan mengenai mereka.  _/\_

3818
Buddhisme untuk Pemula / Re: Hinayana atau Mahayana?
« on: 17 March 2008, 08:20:30 AM »
Historically ketika terjadi perpecahan aliran,mereka yang merasa bahwa ajaran Buddha harus dikembangkan dalam aspek yang lebih jauh menyebut dirinya Mahayana, sedangkan para bhikkhu yang konservatif dengan ajaran Guru disebut oleh bhikkhu Mahayana sebagai Hinayana. Perkembangan bhikkhu yang konservatif sampai hari ini menjadi Theravada yang berkembang di negara Thailand,Myanmar,Sri Lanka,Burma sedangkan Mahayana membawa dirinya ke daratan China, Tibetan. Sebagai bahan crosscheck, saya mempunyai Pali Tipitaka dan Chinese Tripitaka(koleksi Taisho), jadi dalam menilai,saya tidak ingin menggunakan dualitas mana yang benar atau tidak benar.tapi mana yang layak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena Buddhism bukan mistik yang menjapah mantra,bukan juga sembahyang-sembahyang tancep hio minta perlindungan sesuatu yang belum pernah kita temui. Mengenal ajaran Buddha adalah mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.Baik Mahayana atau Theravada semua memiliki kualitas yang harus dilihat dalam kacamata kebijaksanaan.
Seorang Mahayana harus tahu jalur utamanya adalah mempelajari jalan Bodhisattva bukan terperangkap dalam jalur mistik dengan menjapah mantra yang belum pernah diketahui asal usulnya,mantra memang ada gunanya tapi kalau digunakan dengan tidak bijak, maka seseorang akan keluar dari jalur Buddhism.(saya akan buka thread baru nanti mengenai hal ini).
Saat permulaan.tidak ada Mahayana ,Hinayana atau yana-yana lain hanya karena kebatilan manusia yang terscope dalam kotak ini baik itu tidak baik maka ada sebutan seperti ini.
Mengenai timeline perkembangan Buddhism bisa dipelajari diwebsite ini.
http://www.accesstoinsight.org/history.html

3819
Lingkungan / Re: Save Our World, Reduce Global Warming
« on: 14 March 2008, 05:15:42 PM »
Langkah kecil tidak dijalankan,hasil besar tidak akan tercapai.Talk and Do! jgn NATO

3820
Vegetarian / Vegetarian dan Global Warming
« on: 14 March 2008, 05:08:32 PM »
 _/\_ Meributkan vegetarian boleh atau tidak menurut agama atau bla-bla-bla mungkin kita akan kesampingkan dahulu karena debat yang tiada habisnya. Mari kita lihat secara faktual bahwa dengan vegetarian kita bisa membantu mengurangi pemanasan Global. Kenapa?

Mari kita jalan-jalan ke sebuah peternakan milik Old Mc Donald.
1. Sapi
setiap harinya membutuhkan lebih kurang 5kg rumput,tambah 40 liter air sehari sama dengan sepertiga lapangan sepak bola.ini baru satu ekor sapi,berapa ekor sapi di peternakan dan berapa banyak peternakan di dunia? dan berapa banyak lahan yang kita tebas,rumput yang kita cabut dan air yang kita habiskan hanya untuk selera kita makan seekor sapi?
2. Ayam
Setidaknya lebih dari 1000 ayam(ini baru skala kecil) mati setiap jamnya dan untuk memelihara ayam sebanyak itu,berapa besar CO2,Methana,Nitro Oksida merupakan limbah utama peternakan.
3. B2
Butuh berapa banyak makanan untuk memelihara seekor B2 sampai gemuk? Jawabannya adalah no limit. Bayangkan limbah yang terbuang dan panen yang mesti dihabiskan.

Apa ayng terjadi sekarang ini?beberapa daerah di bumi telah menjadi tandus, dari sebuah hutan yang hijau berubah menjadi padang gersang.Ga percaya. Cari di Google dengan mengetik "Vegetarian and Global Warming' atau topik sejenisnya.Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang mengiris hati anda.

Menurut Anda,berapa banyak daratan,hutan dan ekosistem di bumi ini yang harus anda korbankan demi apa yang anda makan padahal makan sayur tidak membuat anda melarat bahkan sampai sekarat?

Mari kita kunjungi tempat pembantaian mereka setelah kita pelihara...apakah anda mendengar jerit tangisnya yang membuat bulu kuduk anda bisa berdiri. Dimanakah hati kita ketika melihat makhluk-makhluk mati hanya demi nikmat lidah anda. apakah perut anda bisa mengecap yummynya rasa barbeque.Tidak itu hanya di lidah anda.

Mari kita lihat dari pandangan Buddha Dhamma. Apa yang terjadi saat kita ingin makan daging? Lobha(keinginan serakah untuk selalu mengecapnya kembali),Dosa(hati kita tertutup untuk melihat penderitaan makhluk),Moha(ketidaktahuan kita bahwa daging itu juga berasal dari derita kematian).

Mengapa selalu bertanya apakah Buddha makan sayur atau makan daging Atau Aliran iini itu mengajarkan makan vege. Satu hal tanyakan pada diri kita paling gampang.
Bumi kita hanya ada satu di galaksi ini,sudahkah anda bisa pindah ke mars disaat bumi ini musnah? Belum toh,
Tanyakan lagi apakah karena keinginan lidah untuk kenyang kita mengorbankan makhluk lain?
Tanyakan lagi jikalau saya berada di posisi mereka,apakah saya rela saya dibunuh hanya daging saya dimakan biar orang-orang kenyang?(Tekad Bodhisatva mungkin)
Tanyakan lagi,Global Warming, bila tidak ditekan maka tempat terakhir anda berpijak juga akan diragukan bahkan untuk sayur nantinya kita bisa perang.
Tanyakan lagi,sudah cukupkah?Jadi......?

3821
Buddhisme untuk Pemula / Hinayana atau Mahayana?
« on: 14 March 2008, 04:25:00 PM »
 _/\_Aspirasi seorang Buddhist sering salah diartikan terutama menyangkut pada gw paling benar,loe paling salah. Hal ini secara gamblangnya kita bisa refleksikan melalui ajaran Buddhadhamma.
Pada awalnya,istilah ini tidak terdapat pada komunitas Siddhatta Buddha, kata-kata seperti ini baru tercetus ketika Buddha parinibbana. Anda bisa membaca berbagai teks yang menyangkut historis ini dari kitab-kitab Mahayana dan Theravada yang beredar saat ini menyangkut perihal penyusunan Tipitaka secara tertulis pada zaman 500 tahun setelah parinirvana.

Hinayana atau jalan kecil sering dianggap sebagai aspirasi seorang yang ingin mencapai jalah Arahat dan Mahayana mengusung konsep menyelamatkan manusia lewat jalan Bodhisattva dan tekad suci sampai menjadi Buddha.

Dualitas merupakan perdebatan manusia yang tiada habisnya dari jadul sampe jarang(jaman sekarang). Dalam prinsip Mahayana, seseorang yang telah mencapai Arahat ketika dia parinibbana maka dia tidak akan datang lagi untuk memutar roda(mengajarkan) Dhamma untuk menolong semua makhluk dan hal itu akan sangat egois karena ia hanya menolong dirinya sendiri. figur Bodhisattva pun menjadi figur utama karena mereka bertekad tidak akan mencapai penerangan sempurna/keBuddhaan untuk kembali lagi menolong makhluk hidup. Pertanyaannya adalah Siddhatta Buddha termasuk egois apa tidak karena setelah parinibbana dia tidak lagi bertumimbal lahir di alam manapun dan menolong makhluk siapapun?

Arahat, Buddha dan Bodhisattva sebenarnya hanyalah sebuah istilah yang sebetulnya sama di dalam pencapaiannya. Sebelum menjadi Buddha, melalui berbagai kalpa penyempurnaan paramita sebagai Bodhisattva akhirnya dia menyadari Kebenaran Utama.  meneriak-neriakan Mahayana ini itu atau Hinayana ini itu adalah sebuah hal yang paling konyol dibunyikan oleh beberapa umat awam yang belum mempelajari secara historikal yang umumnya kita tarik benang merahnya melalui Tipitaka/Tripitaka.
Inti sari dari Buddha Dhamma digolongkan menjadi Sila,Samadhi,Panna yang mewakili Perbuatan,Perkataan dan Pemikiran yang ketiganya disucikan terlebih dahulu. tebalnya kekotoran batin sangat mempersulit seseorang dalam melihat Kebenaran dan akhirnya terpancing kedalam Dosa(amarah),Lobha(kemelekatan),Moha(ketidaktahuan).

Hinayana atau Mahayana...tidak ada kata-kata seperti itu sama sekali dalam perkataan Guru Buddha Sakyamuni dalam Tipitaka/Tripitaka,isitilah itu muncul setelah beratus-ratus tahun Buddha parinibbana karena dualitas manusia yang belum tercerahkan.

Hinayana atau populernya disebut Theravada artinya mengikuti Para Sesepuh(Thera) merupakan Buddhism awal yang terbentuk.Tradisi Theravada mempertahankan ajaran guru Buddha sebagaimana diajarkan ketika Beliau hidup. Menggunakan bahasa Pali Magadha sebagai bahasa utama. Mengajarkan keseharian dengan refleksi dari setiap kasus yang terjadi pada zaman Sang Buddha masih hidup. Buddha dianggap sebagai manusia biasa yang mencapai pencerahan dengan kekuatannya setelah menyempurnakan Paramita berkalpa-kalpa lamanya.

Mahayana dikenalkan beberapa ratus tahun kemudian ,dengan ide memperluas(enhance) ajaran Buddhadhamma menjadi banyak pintu....(Sadharma Pundarika Sutra menyebutkan bahwa jalan menuju pencerahan ada 84.000 jalan).Isitilah Bodhisattva dikenalkan sesuai aspirasi dalam 10 Tekad Samantabhadra yaitu agar Roda Dhamma selalu berputar. Perlambangan awal emanasi berbagai kebaikan menjadi seorang Bodhisattva seperti Avalokitesvara melambangkan Cinta Kasih Melihat Dunia,Manjushri melambangkan Kebijaksanaan. Buddha menjadi beragam macam dimulai dari Amitabha,Bhaisajyaguru dan Buddha-Buddha yang tak terhitung banyaknya.
Hal ini merupakan salah satu bentuk aspirasi mencapai keBudhaan yang sering menimbulkan miskonsepsi kepada penganut agama Buddha awal. Beberapa tradisi Hindu pun ikut mengambil bagian seperti Mahesvara(Shiva), Indra(Penguasa Tavatimsa alam 33 Dewa), Tara (Tara Devi) namun masih dalam wujud emanasi kebaikan.

Dalam konsep Mahayana, banyak jalan menuju Nirvana oleh karena itu berbagai macam aliran mulai tumbuh mengambil ide seperti itu dan puncaknya setelah Buddhism diperkenalkan kepada Masyarakat Cina,berkembanglah berbagai aliran yang tercampur dengan kultisme Tiongkok yang sudah ada.

Karena ajaran Buddha mengusung topik cinta kasih dan perdamaian, maka setiap orang akan sangat gampang mempelajari agama Buddha dan menerapkannya sesuai dengan pemikirannya. Amitabha PureLand mengajarkan bahwa dengan mengucap nama Amitabha maka setelah meninggal akan menuju ke Alam Sukhavati. Penjelasan Buddhism paling logis adalah pelafalan Amitabha sebetulnya adalah konsentrasi pikiran agar pikiran tidak lari kemana-mana seperti Anapanasati yang memperhatikan nafas. kenapa bisa terlahir ke alam yang baik itu,kembali lagi Buddha mengajarkan mengenai pikiran.(topik ini akan saya buka baru).

Nah, bagi yang tidak pernah mempelajari Buddhism,hal ini tentunya akan menimbulkan ajaran suka-suka saya buat. tercampur dengan kultisme,tabu-tabu,mistik dan beberapa hal lainnya.Kita dapat melihat kesemrawutan yang terjadi.

Back to the topic, bila anda ingin mempelajari Buddhadhamma tanpa terpengaruh oleh bentuk Buddhis sana sini...Relevansikan dengan Tipitaka/Tripitaka karena disanalah sabda Sang Buddha yang bisa dipertanggungjawabkan ,jelas asal usulnya dan tidak mengandung rahasia-rahasia atau tabu-tabu tak jelas.Gunakan kebijaksanaan untuk melihat Kebenaran. Selami ajaran Buddha baru berbicara.




3822
 _/\_Tambahan
Manusia selalu merasa dirinya tidak aman dan terkadang hialng rasa percaya diri. di Barat sendiri,psikolog menggunakan terapi Tarot sebagai mediator untuk menyembuhkan org yang sakit psikologis. hal ini ternyata efektif karena bagi org Barat,Tarot adalah alat ramal yang manjur dan mereka sering mengikuti nasehat dari Tarot.
Coba bayangkan kalo seorang psikolog cuma modal omong aja tentu saja tidak akan masuk,nah dengan alternatif cara begini,maka ia dapat memberitahukan kepada pasiennya untuk sembuh.
"Mano pubbangama dhama,Mano setha mano maya"
Pikiran adalah penentu segala sesuatu,kalo anda berpikir jahat maka kejahatan akan mengikuti anda seperti seekor lembu menarik pedati begitu juga dengan pikiran kebaikan.  _/\_

3823
 _/\_Kwamia atau istilahnya meramal nasib sebenarnya adalah sesuatu yang dapat dipelajari secara psikologis. Hal ini terkena blend dari unsur org Tionghoa yang sangat percaya mistis dengan tabu ini itu.
Kenapa kwamia kadang bisa tepat atau tidak itu bergantung dari tukang lihatnya udah asli psikologi apa belum...begini kalo kamu datang ke tempat kwamia dengan muka murung,dia pasti bilang bakal suwe,kalo kamu datang berseri-seri dia pasti bilang hoki lagi bagus.
Mengenai kutuk mengkutuk sebetulnya gampang mirip dengan prinsip hipnotis diri.tes gampangnya kalo tiap hari anda memandangi kaca dan berkata"Aku adalah org paling berbhagia dalam hidup ini" maka hasil rutinnya adalah anda akan menjadi org yang positif dengan tampang berseri tapi kalo anda berkata"hari ini bakal suwe' pastinya hari anda akan merasa gimana gitu.

Dalam Buddhism, Pikiran adalah faktor utama penentu semua makhluk ketika ia melangkah. Makanya Buddhism selalu mengajarkan kepada kita untuk melatih pikiran.

Lihat nasib boleh2 aja sejauh itu fun dan bikin anda relax mengenai beberapa hal. terbukti atau tidaknya perkataan tukang ramal itu kembali lagi bergantung pada pendirian anda karena karma adalah apa yang anda perbuat dan dituai hasilnya,tidak ada makhluk manapun yang bisa menyelamatkan anda baik itu Buddha,Boddhisatva atau makhluk suci lainnya. Yang mereka ajarkan adalah agar anda bisa mengontrol ucapan,pikiran dan perbuatan jahat anda agar tidak menuai keburukan.hanya itu.

3824
 _/\_Tanpa mendiskreditkan aliran yang telah berkembang di bumi Indonesia maupun di beberapa negara. Sebenarnya filosofi dari aliran ini adalah mengambil ajaran kebaikan dari berbagai agama di dunia termasuk didalamnya Buddhism,Confusian,Tao(Juisme agama tradisional Cina) dan akhir-akhir ini mulai merambah ke agama lain seperti kr****n,Islam (kenapa Hindu belum terjamah ya).
Mengambil intisari dari ajaran agama memang bisa menjadi bahan pembelajaran tapi sayangnya aliran ini mentranslasikannya menurut hemat pengetahuan mereka dengan menambahkan bumbu dahsyat yang selama ini tidak kita temukan dalam agama utama.
Contoh utama adalah saya mendengar bagaimana sejarah Buddha yaitu nabi Lao Tze dari Tiongkok terbang ke India mengajarkan ke Tuhanan kepada pangeran Siddhatta untuk menjadi Buddha, lambang kayu salib yang mirip dengan tulisan Mu mereka dan nabi-nabi dari kitab Yahudi, kr****n sampai Islam dinyatakan sebagai nabi yang diutus mengajarkan ajaran keTuhanan mereka.

Saya melihat perkembangan aliran sampai hari ini menelurkan hari Waisak dan Kathina versi mereka.Kathina sebenarnya adalah hari berdana jubah namun perayaannya ternyata berbeda.ntah apa hari itu saya sangat bingung dengan acara Kathina yang biasanya diselenggarakan di vihara yakni mengajak saya untuk Jiu Tao bareng di altar(untung berhasil kabur,ngeles sana sini) :P Saya ingin bertanya kenapa Walubi tidak mengambil tindakan tegas terhadap ini yah malah website Walubi sekarang kalo dibuka adalah bombardir ajaran mereka? Bingung

3825
Yi Guan Dao

Zhang jiao bukannya zhang yue.

Juisme itu bukan ajaran kuno, tapi berasal dari kata Ru Jiao atau Confuciusme.

SheMu adalah sebutan utk istri guru, bukan gelar kehormatan.

Kitab LaoZi XiSheng HuaHu Jing dikarang oleh WangFu karena beliau kalah berdebat dengan pihak Buddhism. Kitab HuaHu ada lagi yg disebut TaiSang LingBao LaoZi HuaHu Miao Jing. Buddhism Tiongkok juga (pernah) mengatakan bahwa murid Buddha Gautama Qia Ye (Kasyapa ?) diutus oleh Buddha Gautama menjelma menjadi Lao Zi dan Ru Tong PuSa menjadi Confucius.

BaiLian Jiao mengambil paham Buddhism, Confuciusm dan Taoism. Han SanTong menyatakan dirinya sebagai keturunan dari Song. Murid2nya antara lain Liu FuTong dan Lie Erl. Mereka menggunakan paham dari master HuiYuan (pendiri sekte Sukhavati) mengenai Teratai Putih di surga Sukhavati dan perkumpulan Teratai Putihnya master HuiYuan (BaiLian Se). Kemudian berangsur2 menjadi BaiLian Jiao.

Mengenai bangsa Manchu yang menyerbu Tiongkok, bisa dikatakan bahwa dinasti Ming telah hancur akibat pemberontakan Lie ZhiCheng. Pada masa itu Lie ZhiCheng mendirikan dinasti Xun. Masuknya Manchu disebabkan Wu SanGui yang membuka pintu SanHai Guan untuk balas dendam. Wu ShanGui bertindak demikian karena Lie ZhiCeng membunuh selir kesayangan Wu dan ayahnya.

Sesungguhnya pendiri Yi GuanDao adalah Wang Jue Yi yang mengangkat dirinya sebagai sesepuh ke 15. Dan gurunya Yao HoTian sebagai sesepuh ke 14. Yao HoTian sendiri adalah seorg tosu aliran QuanZhen dan beliau adalah sesepuh QuanZhen angkatan ke 14. Dan kalangan Taoisme mengakui Yao HoTian sebagai sesepuh. Yi GuanDao sendiri ada pengaruh dari paham Luo Jiao yang didirikan oleh Luo MengHong/Luo WeiQun yang pada dinasti Qing menjadi Qing Bang (salah satu triad). Mengenai WuSheng LaoMu juga berasal dari Luo Jiao.

Urutan sesepuh menurut Yi GuanDao sbb:
1. Tatmo (Bodhi Dharma) dan merupakan manifestasi dari (HuCheng GuFo (Buddhism)
2. Shen Guang (man:RanDeng GuFo( Buddhism))
3. ShengChan (m:LingBao TianJun (Taoism)
4. DaoXin(m:TianHuang JunZhi (Bud)
5. HungRen(m:LingXiao JinTong(Tao)
6. Hui Neng(m:DiZhang GuFo(Bud)
7. Ma DaoYi/Ma DanYang(m:Ma Ying JunZhi(Bud)
7. Bai YuChan(m:NanYue DaDi (Tao)
8. Luo WeiQun/Luo MengHong (m:GongYuan ZhenRen(Tao))
9. Huang DeHui (m:YuanShi TianJun(Tao)
10. Wu JingLin/Wu CeXiang (WenChang DiJun (Tao)
11. Ho LiaoKu (m:JiuTian DouMu (Tao))
12. Yuan TuiAn/Yuan ZiLian(m:YuanShi TianZhun(Tao))
13. Yang HuanHsu/Yang ShouYi (m:Nan Hai GuFo(Bud))
13. Xu HuanWu/Xu JiNan(m:MiLe GuFo(Bud))
14. Yao HoTian(m:YaoCe JinMu(Tao))
15. Wang JueYi(m:SuiLing GuFo(Bud))
16. Liu QingHsu(m:TaiJi ZhenRen(Tao))
17. Lu ZhongYi(m:MiLe Zhushi(Bud))
18. Zhang TianRan(m:JiGong HuoFo(Bud))
18. Sun SuZhen(m:HuiGuang Pusa(Bud))
Cat: YiGuan Dao percaya bahwa sesepuh mereka itu adalah penjelmaan dari TianZun, Buddha dan Bodhisatva. Catatan diatas mengenai manifestasi adalah penjelmaan dan kata Buddha serta Tao itu menjelaskan penjelmaan dari aliran mana. Sesepuh Bai dan Yao tidak pernah mengatakan diri mereka adalah penjelmaan dari NanYue DaDi serta YaoCe JinMu.

Sekilas sejarah Wang JueYi.
Wang JueYi lahir pada th.1821 di propinsi SanDong kota QingZhou. Nama aslinya adalah Wang XueMeng alias Wang XiXue. JueYi adalah nama Taoistnya selain itu ia sering disebut BeiHai LaoRen. Mata pencahariannya adalah meramal. Ia berkelana didaerah HuaBei, HuaZhong, HuaDong bahkan di SeCuan juga ada jejak2 keberadaanya.

Pada usia 27 th. ia mengangkat sesepuh Yao HoTian menjadi gurunya. Kemudian di kota QingZhou ia mendirikan DongZhen Tang.
Pada th.1877 ia membuat suatu pernyataan bahwa WuSheng LaoMu datang ke DongZhen Tang dan menyatakan bahwa dirinya sebagai sesepuh/ketua ke 15. Yang mana hal ini mendapat tentangan dari Taoism. Kemudian ia menyebarkan pahamnya ke daerah JiangSu, AnHui, HoNan, BeiJing, HuBei, GuangXi, GuangDong. Pada th.1882 ia beranggapan bahwa pemberontakan bisa dimulai. Tapi ia gagal dan pada th.1884 ia meninggal. Kemudian Liu QingHsu (alias Liu ZiGang)menggantikan kedudukannya sebagai Zhangmen(ketua). Dan digantikan lagi oleh Lu ZhongYi. Pada masa kepemimpinan mereka berdua, Yi GuanDao tidak berkembang pesat.

Pada th.1930, seorg ex tosu bernama Zhang GuangBi (nama Taoistnya adalah TianRan) menjadi pemimpin, dan dibawah kepemimpinannya Yi GuanDao berkembang pesat. Terutama pada masa perang melawan Jepang. Pada th.1949, ketika komunis berkuasa, YiGuan Dao dihantam habis sehingga bisa dikatakan lenyap di RRC. Aliran tersebut dibagi 18 zhu (organisasi/unit) tapi sekarang cuma tersisa 5 zhu. Aliran Maitreya Indonesia kalau tidak salah ingat adalah BaoGuang Zhu sedangkan yang TianDao itu adalah FaYi Zhu. 5 Zhu itu sbb: JiYi Zu, FaYi Zu , BaoGuang Zu,WenHua Zu ,ZhengYi Zu. Walau demikian mereka satu sumber dan sama2 TianDao atau YiGuan Dao. Perkembangan YiGuan Dao amat pesat di Taiwan sehingga pemerintahan GuoMin Dang pada tahun 1953 melarang ajaran YiGuan Dao, baru pada tahun 1987 diakui pemerintah.

Kitab2 utama YiGuan Dao sbb:
1.Yi Guan Tan Yuan Tu Suo
2.San Yi Tan Yuan
3.Li Jiao Ho Jue
4.Tu Ming Fan Ke
5.Zi Yue Jie
6.Yi Guan Can Dao Yao Yuan dll.

Pada masa kepemimpinan Wang JueYi, tingkatan dalam ajaran sbb: Yi Phin zhong Sheng, Erl Ping Tian En, San Ping Zheng En, shi ping Yin en, wu ping bao en, liu ping ding xing, qi ping se guo, ba ping se di, jiu ping lien tai. Mengikuti hirarki pejabat pemerintahan ManChu. Kemudian pada masa kepemimpinan Zhang TianRan diubah lagi sbb: Shi Zun, Shi mu, dao zhang, dian chuan shi, tan zhu, qian ren, san cai, yin bao shi, dao qing.

WuSheng LaoMu (MingMing ShangDi WuLiang QingHsu ZiZun ZiSheng SanJie SeFang WanLing ZhenZai) dan Maitreya adalah fokus pemujaan mereka.

Tulisan Mu pada WuSheng LaoMu itu diubah dari tulisan mu biasa menjadi memiliki makna yaitu WuJi dan TaiJi.

Selain membicarakan persamaan 3 ajaran (Buddhism, Taoism dan Confuciusm), Wang JueYi (Yi GuanDao) menitik beratkan pada teknik membina diri (xiu lian nei dan). Hal ini tidaklah aneh mengingat dirinya adalah ex murid QuanZhen. Teknik membina diri itu dalam kitab YiGuan Dao disebut JiuJie ShenGong.

Ada pendapat bahwa Wang JueYi sebagai kepala YiHo Tuan (kaum boxer) tidaklah cocok, karena pada th.1884 ia meninggal dunia. Yi HoTuan memang org2 Yi GuanDao banyak yang menjadi anggotanya dan akhirnya banyak vihara(bhiksu2), daoguan(tosu2), kelenteng bergabung melawan dominasi barat. Zhao DuoShan selain sebagai murid YiGuan Dao, ia juga merupakan ketua perguruan dari Tinju Bunga Mei. Masalahnya itu bermula dari kemarahan yang memuncak kepada org2 barat. Pada masa itu agama ---censored--- dan ---censored--- disebut agama "menang perkara", maksudnya adalah jika penganut ---censored--- berperkara pasti menang dipengadilan. Selain itu hampir rata2 perjanjian2 tidak adil memasukkan masalah missionaris/kr****nisasi. Brosur2 FuQing MieYang (basmi barat dukung Qing) menggambarkan tosu, dewa2, bhiksu2 bekerjasama membasmi kambing (yang).

3 pusaka YiGuan Dao (Guan , ying , Jie)
1.Xuan Guan merupakan titik jalan darah YingTang, juga salah satu Qiao semangat/spirit.
(note:Kadang sering digunakan oleh aliran2 berbau mistik utk mengikat atau mengunci semangat pengikutnya, yang ini jgn ditulis kedalam buku, hanya mereka yg berbakat dalam membina diri/qigong diberitahu secara jelas apa itu XuanGuan Qiao oleh org2 TianDao)
2.Ying (mudra)/Ho Tong Ying.
Dimana dikatakan bahwa mudra penghormatan itu hanya boleh di vihara mereka, jika disembarangan kelenteng atau vihara memberikan penghormatan dengan mudra itu, dewa2 disana tidak sanggup menerima penghormatan itu bahkan bisa membuat dewa2 itu merasa berdosa. Sebenarnya merupakan pengubahan dari cara penghormatan Taoist yang sering disebut BaoQuan atau ZiWu Jie. Dan merupakan satu mudra bagi praktisi pemula meditasi Taoism.
3.Jie /khou jie (kata2 rahasia)
Kata2 rahasia aliran TianDao adalah 5 yaitu Wu Tai Fo Mi Le. Dan setahu saya 5 kata rahasia itu tidak membuat yg membaca menjadi Buddha tapi bisa menghindari dari 99 malapetaka.

Sebenarnya banyak serikat rahasia/sekte rahasia itu karena bobroknya pemerintahan. Mereka rakyat jelata tidak bisa berbuat apa2 selain mencari perlindungan dari mahluk2 adikodrati. Banyak kegiatan itu berawal dari satu desa atau kota yg berkumpul utk melawan negara karena ditindas. Contohnya HongQiang Hui (serikat Tombak Merah) yang melawan pejabat2 korup. Atau juga TaiPing TianGuo yang didirikan oleh Hong XiuQuan dan berkolaborasi dengan serikat Hong yang didirikan oleh Hung WenDing anak dari Hung XiGuan. Pada awal pemberontakan TaiPing, negara2 barat menyokong secara diam2 karena Hung XiuQuan adalah seorg ---censored---, tapi ketika ia menjadi agak saraf dengan mengangkat dirinya sebagai adik Yesus, mereka berbalik mendukung Qing.

Banyak tokoh2 serikat rahasia itu merupakan pahlawan rakyat dalam menghadapi pejabat2 korup. Misalnya Hung WenDing, Huang FeiHung, bhiksu SanDe, Ma FuYi, Zhao DuoSan, Lie TieTa, dll.

Sejarah Tiongkok itu dibagi 2 secara umum yaitu Zheng Chuan dan Lie Chuan. Zheng Chuan bisa dikatakan adalah catatan sejarah resmi kerajaan dan Lie Cuan adalah catatan sejarah rakyat. Contohnya adalah kisah SamKok. Ada 2 buku SamKok yaitu SanGuo Zhi dan SanGuo YuanYi. Yang terkenal adalah SanGuo YuanYi karangan Luo GuanZhong. Bisa dikatakan bahwa Luo mengambil dari cerita rakyat bukan catatan sejarah resmi.

Kisah 108 pendekar yg sering diambil oleh serikat2 rahasia juga demikian. Bagi dinasti Song, mereka adalah bandit dan bagi rakyat, mereka adalah penolong. Shi NaiAn mengambil kisah rakyat itu.

Pages: 1 ... 248 249 250 251 252 253 254 [255]
anything