//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - jung13

Pages: [1] 2
1
Klo menurut pengalaman sih pendefinisian kebenaran pada akhirny muncul dari dalam.. Referensi yg bertebaran merupakan pengalaman orang lain n untuk dites satu2 bener engganya..

2
Tidak percaya, karena tidak ehipassiko atau tidak ada nya alat pembuktian.
Bro,  Agama Buddha tidak mengenal iman dan tidak pernah diajarkan untuk 'mengimani' sesuatu. Agama Buddha mengajarkan untuk mempelajari serta membuktikan kebenaran Buddha Dhamma, lagipula iman tidaklah cukup membuat kita lepas dari penderitaan.
Jadi apa artinya EHIPASSIKO?


ya sudah klo akang sudah mengerti, berarti case closed.. ;D

3
Masih mencari atau sudah terbukti? Lalu apa bedanya anda dgn saya, kita sama2 mencari pembuktian toh, dengan artian anda juga belum meyakini ttg karma sebelum kehidupan sekarang.

kang, misalkan saya (mm.. jangankan saya.. guru buddha sj..) sudah pernah melihat kehidupan sebelumnya, lalu cerita tentang hal2 tsb..
apa akang percaya?
klo akang percaya, selamat, akang sudah jadi orang yang beriman..
klo ga percaya, ..........................

nah, dari 2 kemungkinan jawaban itu, ga ada yang bermanpaat tuh 22nya buat akang.. itu karena yang jadi center of question itu akang sendiri, bukan kebenaran.

 :)

4
saya baru mempelajari tentang ajaran buddha belakangan ini dan menurut saya ajaran buddha sama dengan jalan pikiran saya
dan karna itu saya juga ingin menjadi buddhisme
tetapi ada beberapa pertanyaan yang saya bingung harus bertanya pada siapa
saya benar-benar bingung karna sudah mencari refrensi tapi tidak dapat jawaban yang tepat
mungkin dari forum DC ini saya bisa mendapatkan jawaban nya.

1.saya bingung apakah bila ingin pindah agama buddha harus ada ritual tertentu dulu ?? seperti agama "I" yang mempunyai syarat harus menyebut kalimat syahadat dan juga seperti agama "K" yang harus di baptis
2.apakah di vihara, orang (maaf) Pribumi menjadi kaum minoritas ? karna yang saya tau hampir semua keturunan chinese dan saya bukan keturunan chinese, saya tinggal di daerah tangerang dan yang saya tau vihara terdekat dari rumah saya Vihara Siripada yang ada di komplek Perumahan Vila Melati Mas mungkin ada yang tau

mohon maaf bila ada penulisan yang kurang berkenan
dan terima kasih atas bantuan untuk jawaban nya  :)

sikat aja coy.. ini tentang jalan bukan tentang surat jalan..

5
Iya seperti jawaban sy diatas td, orang yang sudah mempunyai kemampuan bathin yang bisa melihat kebenaran dan menyadari bahwa kehidupan sebelumnya dan akan datang itu tidak pernah ada. Dan dia akan menjadi bijaksana untuk tetap diam agar tidak ada chaos didunia dan tetap melakukan perbuatan baik.

pertanyaan supaya ehipassiko keluar topik bro :)

ah, yang dibold itu kan sudut pandang akang saja..
klo saya malah nyari bukti, apa sih sebab.. apa sih akibat.. bagaimana menyelesaikannya dengan bijak..

baiklah klo pertanyaan ehipasiko keluar topik, jadi nda usah dibahas.. :) :)

6
waduh..
ya sulit atuh kang.. :-?
seandainya ada yang punya kemampuan batin pun akan sangat sulit mempercayainya karena akang berharap ehipasiko. jadi sampai akang punya kemampuan batin dan melihat sendiri cara kerja karma n kehidupan lampau, bagaimana bisa akang mempercayainya..?


mungkin pertanyaan yang tepat jadinya bagaimana supaya ehipasiko..?


maap y kang klo seharusnya saya ga komen.. ;D

7
IYA dd jung13, membaca paritta itu juga perbuatan kebajikan, tapi perlu dd ingat ya, bahwa yang ditekankan oleh sang Buddha adalah Perbuatan. Ingat ga intisari ajaran Buddhism "Sabbapapassa akaranam kusalassa upasampada sacittapariyodapanam. Etam Buddhanasasanam" (Tinggalkan kejahatan, Tingkatkan Kebajikan, Sucikan hati dan pikiran, inilah inti ajaran Buddha). Jelas sekali semua ini menunjuk pada PERBUATAN. Dengan meninggalkan kejahatan (ini perbuatan, bukan membaca paritta), meningkatkan kebajikan (lagi2 ini perbuatan), sucikan hati dan pikiran (juga perbuatan).

Semoga dd jung13 dapat memahami apa yg saya maksudkan.  ;D


pagi kk..  ;D


hmmm.. :-?
yup secara general demikian intisari agama buddha, tapi bagaimana secara lebih spesfik?
mohon penerangannya ya ka..
setauku begini nih..


pintu perbuatan itu kan ada 3 ya ka, jasmani, ucapan n pikiran..
bukankah perbuatan yang sesungguhnya itu adalah cetana yang melandasi 3 pintu tersebut.. ???


cetana = perbuatan
cetana pada saat pembacaan paritta = perbuatan


tinggalkan kejahatan, cont : mengganti waktu yg tidak bermanfaat dg membaca paritta dg cetana kebajikan.. (perbuatan)
meningkatkan kebajikan, cont : baca paritta dg cetana kebajikan..(perbuatan)
sucikan hati dan pikiran, cont : baca paritta dg cetana kebajikan..(perbuatan)


jadi  begitulah yg kudalami tentang perbuatan yg ditekankan oleh buddha.


mohon koreksinya y kk..

8
silahkan komen, kgk apa2 kok bro/sis ini ? terima kasih telah bersedia sumbangsih di thread sy.
memang membaca paritta itu baik, yang ditekankan disini adalah memupuk KEBAJIKAN adalah utama drpd hny baca paritta.
coba aja anda baca paritta 24 jam terus menerus, dengan anda memupuk kebajikan 24 jam, mana yang lebih menolong anda dalam kelahiran mendatang ? baca paritta nya atau timbunan kebajikan anda ?  ;D


ya, saya setuju jika kk berkata ada perbuatan kebajikan yang lebih besar lagi manfaatnya dari membaca paritta.
tapi bukankah lebih bermanfaat baca paritta daripada melakukan yg tidak bermanfaat? :D
dan (entah kenapa) saya menangkapnya ko seakan2 membaca paritta itu diluar dari perbuatan kebajikan, seakan2 skeptis, seakan2 ada kekecewaan.. hehehehe.. maap y ka.. my bad blm bisa jaga persepsi pikiran..


9
Malam ini saya barusan mendapat kiriman gambar yang membuat saya teringat pernah posting thread tentang Paritta tidak bisa menolong seseorang, yang penting perbuatan KEBAJIKAN selama hidup yang pernah dia timbun. Sehingga saya teringat dengan thread saya ini, jadi ingin menambahkan informasi tambahan bahwa kenyataan nya membaca Paritta pun tidak dapat membebaskan beliau, terbukti beliau bisa benar2 terbebas menjadi meninggal secara klinis dan kenyataan mata awam semua menjadi ZERO setelah ada yang membantu dengan cara BUKAN paritta.  ^:)^


ijin komen y ka..
bukankah membaca paritta dengan niat yang benar adalah juga perbuatan kebajikan?
klo kk rajin baca paritta dengan niat yang benar, misal sebagai pemicu perbuatan kebajikan yang lainnya, kenapa harus dihentikan?
bukankah salah satu pengertian usaha benar dalam jmb8 adalah pengembangan perbuatan bajik?




10
 :o
panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang...
tapi menarik untuk dikatahui.. :-?
aye baca2 duyu deh..


11

misi, numpang tanya..diparitta kan ada buddhanussati, dhammanussati n sanghanussati..
jadi bagaimana sebaiknya saya merenungkannya masing2..?
apa waktu buddhanussati saya membayangkan person buddha yg sedang posisi meditasi ato gmn?
trs klo dhammanussati n sanghanussati gmn banyanginnya..?
makasi sebelumnya..

12
tidak aneh kok !
memang sepatutnya di simak dan umat2 DC yang membaca pasti bisa mengerti serta tidak bingung, seyogianya ada perbedaan2


oo.. ga aneh ya..
brarti sy yang aneh menganggap perdebatan ini aneh.. =))
dimaafkeun yah.. namanya jg anak baru.. masih belajar adaptasi.. :-[


btw mw tanya lg,klo buddhayana ini aliran apa lagi..?
ada berapa aliran kah ajaran buddha ini..?
n apa pembedanya, apa yg eksklusif dimasing2 aliran sampe ada aliaran2 tersebut?

13
ko jadi ngedebatin yg aneh2.. :(

14
Kalau mau liat-liat Tipitaka, liat link berikut:

http://dhammacitta.org/dcpedia/Tipitaka


tengkiu tengkiu jawabannya kk dhammadinna, kk sanjiva, kk shasika..
kayanya aye kudu melipir ketempat pemula dulu nih..
tapi sebelum melupir mo tanya atu lg,,
klo tipitaka kan tiga keranjangnya vinaya, sutta n abhidhamma..
klo tripitaka itu tiga keranjangnya utamanya yang mana?


15
Salam kenal sebelumnya.. _/\_
mw tanya nih..
Tipitaka itu apa2 aja..?
tripitaka itu apa2 aja..?
tisutta itu apa2 aja..?

Salam..

Pages: [1] 2
anything