//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Aliran Maitreya yang Kritis...  (Read 412631 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.344
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #45 on: 20 December 2007, 12:34:45 AM »
kata anda sangat betul
 _/\_
Smile Forever :)

Offline mei_lee

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 433
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #46 on: 20 December 2007, 12:36:38 AM »
 [at]  ko lothar : aduh jangan malu2 kucing gt dunk.. saingan sama ko puss ntr =))

 [at]  luz : wew,  ^:)^ bener2... hahaha wong kita ja lum tau apa ajaran kita yang sebenrna kok mau mencap aliran lain itu "sesat" seh... ^^V

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.225
  • Reputasi: 142
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #47 on: 20 December 2007, 12:37:14 AM »
Pertama, saya tidak tahu apa yang dimaksud Sdr. Bond sebagai “sakyaditthi”. “telinga” saya merasa asing dengan kata tersebut apalagi jika dikaitkan dengan masalah sesat atau tidak sesat, keliru atau tidak keliru. Apakah yang dimaksud Sdr. Bond sebenarnya adalah “sakkayaditthi” atau justru “micchaditthi”? Tentu saja bagi saya kedua kata ini berbeda artinya.

Menurut  KBBI:
Sesat : 1. salah jalan, tidak melalui jalan yang benar. 2. ki salah (keliru) benar; berbuat yang tidak senonoh; menyimpang dari kebenaran.
Menyesatkan: 1. membawa ke jalan yang salah. 2. ki  menyebabkan keliru (salah)

Dengan demikian kata sesat bisa juga berarti keliru. Jadi, kata “pandangan keliru” juga bisa disebut dengan “pandangan sesat (menyesatkan)”, karena pandangan yang menyimpang dari yang sebenarnya, membawa ke jalan yang salah. Pandangan salah dalam bahasa Pali disebut “micchaditthi”.

Sakkayaditthi berarti pandangan yang beranggapan adanya diri yang kekal. Ini adalah pandangan menyimpang dari kebenaran. Oleh karena itu pandangan ini termasuk pandangan salah, keliru, sesat (menyimpang dari kebenaran), micchaditthi.

Salah satu point dari Jalan Utama Berunsur Delapan, yang paling pertama adalah sammaditthi (pandangan benar). Jika ada kepercayaan/aliran yang mengajarkan pemahaman salah seperti adanya diri sejati, karma diwariskan dari ortu ke anak dan karma diciptakan oleh tuhan personal, pembebasan hanya didapat dari mengucap “3 kata suci”, dll, maka ajaran ini adalah ajaran yang sesat. Mengapa disebut sesat? Karena menyimpang dari kebenaran dan  membawa ke jalan yang salah. Dengan keberadaan pandangan salah ini, maka otomatis ajaran tersebut menyimpang dari Jalan Utama Berunsur Delapan. Dan ketika menyimpang dari Jalan Utama Berunsur Delapan yang merupakan fundamental Buddha Dhamma, layakkah ajaran tersebut masuk dalam kategori Buddha Dhamma?

Sammaditthi adalah hal yang perlu karena merupakan awal untuk memahami sesuatu dengan benar. Oleh karena itu ia diletakkan paling pertama dalam Jalan Utama Berunsur Delapan. Apakah kepercayaan/aliran yang mengajarkan micchaditthi merugikan? Jelas merugikan karena membawa orang pada pemahaman yang salah yang nantinya akan menjauhkan diri dari pembebasan.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.225
  • Reputasi: 142
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #48 on: 20 December 2007, 12:37:42 AM »
tiap agama pasti ada kelebihan na lar sampe ada pengikut na gt. itu kan tinggal liat masing2 orang gmn tanggepan na.. ^^V sama hal na keg maitreya ini pasti ada kelebihan na sehingga banyak yang ikut kan?? jd kita gak isa menyalahkan aliran ini, hanya saja kalo bisa di jelaskan kalo maitreya itu ada persamaan n perbedaan gt. :D jd gak isa sepenuh na di bilang salah jg :P apa lagi sesat
Sdri. Mei_lee, kita tidak perlu tergesa-gesa mengatakan “tiap agama pasti ada kelebihan na lar sampe ada pengikut na gt”. Karena ada pandangan lain. Yaitu, karena sebagian besar manusia miskin akan kebijaksanaan, penuh dengan avijja, mau dibodohi, keras kepala, malas (mau yang instan), dsb. Dengan sifat-sifat inilah maka sebagian besar manusia mudah jatuh ke dalam hal-hal yang tidak baik. Sebagian besar manusia akan tertarik dengan hal-hal yang menyenangkan dan instan didapat. Dan ketika ada agama, aliran yang menawarkan sesuatu yang memenuhi kebutuhan akan sifat-sifat manusia tadi, maka manusia akan berbondong-bondong mengikuti agama atau aliran tersebut.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.344
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #49 on: 20 December 2007, 12:40:35 AM »
tiap agama pasti ada kelebihan na lar sampe ada pengikut na gt. itu kan tinggal liat masing2 orang gmn tanggepan na.. ^^V sama hal na keg maitreya ini pasti ada kelebihan na sehingga banyak yang ikut kan?? jd kita gak isa menyalahkan aliran ini, hanya saja kalo bisa di jelaskan kalo maitreya itu ada persamaan n perbedaan gt. :D jd gak isa sepenuh na di bilang salah jg :P apa lagi sesat
Sdri. Mei_lee, kita tidak perlu tergesa-gesa mengatakan “tiap agama pasti ada kelebihan na lar sampe ada pengikut na gt”. Karena ada pandangan lain. Yaitu, karena sebagian besar manusia miskin akan kebijaksanaan, penuh dengan avijja, mau dibodohi, keras kepala, malas (mau yang instan), dsb. Dengan sifat-sifat inilah maka sebagian besar manusia mudah jatuh ke dalam hal-hal yang tidak baik. Sebagian besar manusia akan tertarik dengan hal-hal yang menyenangkan dan instan didapat. Dan ketika ada agama, aliran yang menawarkan sesuatu yang memenuhi kebutuhan akan sifat-sifat manusia tadi, maka manusia akan berbondong-bondong mengikuti agama atau aliran tersebut.


Manusia itu rakus tapi tidak bisa artikan aliran itu semua jahat kan ?  _/\_
Smile Forever :)

Offline mei_lee

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 433
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #50 on: 20 December 2007, 12:48:15 AM »
iya seh ada jg yang keg gt. tp masa gak ada kelebihan na yang buat tertarik gt seh :D hehe

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.344
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #51 on: 20 December 2007, 12:50:12 AM »
Pasti ada, tidak usah dibilang seharusnya semua orang sudah mengerti  _/\_
Smile Forever :)

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #52 on: 20 December 2007, 03:59:18 AM »
apakah agama itu?
apakah sekte/alira itu?

mengapa agama ada?
mengapa sekte/aliran ada?

apa yang menyebabkan agama ada?
apa yang menyebabkan sekte/aliran ada?


datang!
pelajarin!
buktikan!
Sang buddha belajar dari banyak guru.
bahkan pada seekor burung.
mendapat pencerahan karna mendengarkan lagu sang"pemetik kecapi"
terbuka kebijaksanaan.

mendengar,melihat,kita pelajarin
yang baik kita ambil, untuk menambah kebijaksanaan kita
jika tidak sesuai tinggalkan.
sama sepeti kita mencoba masakan padang yang rasanya pedas,atau masakan india yang kuat bumbunya.
kalau tidak sesuai dengan perut kita,jangan dimakan, entar malah sakit.
tapi kita tak perlu marah-marah kan dengan yg membuat masakan padang or india yang tidak cocok dengan selera kita(entar dipikir tak waras pula welwh-weleh).

saya hanya menulis apa yang ada dihati saya
kalau ada yang tidak sesuai mohon maaf
saya juga baru belajar.
semoga apa yang saya katakan bermanfaat
yang baik di ambil, yang salah jangan di ikutin.
tak ada satu manusia pun didunia ini yang cap jempolnya sama.
so kalau setiap orang punya pandangan,keyakinan,kepercayaan yang berbeda itu wajar.

semoga semua makhluk berbahagia.
 

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.577
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
  • not mine - not me - not myself
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #53 on: 20 December 2007, 06:55:30 AM »
IMO dari keterangan bro Kelana.
Mengapa aliran Maitreya dikatakan sesat ?
Karena aliran ini mendompleng istilah Buddhism tetapi tidak menjalankan prinsip2 pokok di dalam Buddhism tersebut. Karena tidak menjalankan prinsip pokok tersebut, maka dikatakan aliran ini menyimpang a.k.a "sesat"

IMO, jika aliran Maitreya di Indonesia khususnya, tidak mendompleng Buddhism, dan menggunakan "istilah"2 Buddhism, seperti menggunakan nama Buddha masa depan dalam Buddhism, maka aliran ini tidak akan dikatakan sesat.

Jadi intinya bukan dilihat dari baik buruknya suatu aliran, tapi sejalan tidak nya prinsip2 yang dijalankan aliran tersebut dengan "parent" dari aliran tersebut.
 
Ini bukan milikku, ini bukan aku, ini bukan diriku
6 kelompok 6 - Chachakka Sutta MN 148

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #54 on: 20 December 2007, 09:41:26 AM »
Pertama, saya tidak tahu apa yang dimaksud Sdr. Bond sebagai “sakyaditthi”. “telinga” saya merasa asing dengan kata tersebut apalagi jika dikaitkan dengan masalah sesat atau tidak sesat, keliru atau tidak keliru. Apakah yang dimaksud Sdr. Bond sebenarnya adalah “sakkayaditthi” atau justru “micchaditthi”? Tentu saja bagi saya kedua kata ini berbeda artinya.

Menurut  KBBI:
Sesat : 1. salah jalan, tidak melalui jalan yang benar. 2. ki salah (keliru) benar; berbuat yang tidak senonoh; menyimpang dari kebenaran.
Menyesatkan: 1. membawa ke jalan yang salah. 2. ki  menyebabkan keliru (salah)

Dengan demikian kata sesat bisa juga berarti keliru. Jadi, kata “pandangan keliru” juga bisa disebut dengan “pandangan sesat (menyesatkan)”, karena pandangan yang menyimpang dari yang sebenarnya, membawa ke jalan yang salah. Pandangan salah dalam bahasa Pali disebut “micchaditthi”.

Sakkayaditthi berarti pandangan yang beranggapan adanya diri yang kekal. Ini adalah pandangan menyimpang dari kebenaran. Oleh karena itu pandangan ini termasuk pandangan salah, keliru, sesat (menyimpang dari kebenaran), micchaditthi.

Salah satu point dari Jalan Utama Berunsur Delapan, yang paling pertama adalah sammaditthi (pandangan benar). Jika ada kepercayaan/aliran yang mengajarkan pemahaman salah seperti adanya diri sejati, karma diwariskan dari ortu ke anak dan karma diciptakan oleh tuhan personal, pembebasan hanya didapat dari mengucap “3 kata suci”, dll, maka ajaran ini adalah ajaran yang sesat. Mengapa disebut sesat? Karena menyimpang dari kebenaran dan  membawa ke jalan yang salah. Dengan keberadaan pandangan salah ini, maka otomatis ajaran tersebut menyimpang dari Jalan Utama Berunsur Delapan. Dan ketika menyimpang dari Jalan Utama Berunsur Delapan yang merupakan fundamental Buddha Dhamma, layakkah ajaran tersebut masuk dalam kategori Buddha Dhamma?

Sammaditthi adalah hal yang perlu karena merupakan awal untuk memahami sesuatu dengan benar. Oleh karena itu ia diletakkan paling pertama dalam Jalan Utama Berunsur Delapan. Apakah kepercayaan/aliran yang mengajarkan micchaditthi merugikan? Jelas merugikan karena membawa orang pada pemahaman yang salah yang nantinya akan menjauhkan diri dari pembebasan.


Suatu masukan yg bagus  mengenai pengertian Sakyaditthi dan micchaditti.

Saya lebih melihat kesesatan lebih kepada masalah hukum formal/hukum suatu negara. Apakah suatu ajaran meresahkan masyarakat dan mengarah kepada tindakan kriminalitas. Mengenai pandangan salah ttg adanya diri kekal yg akhirnya akan jauh dari 8 jalan kebenaran selama tidak berimplikasi menyimpang dari norma2 hukum kemasyarakatan, saya rasa tidak masalah. Itu hak mereka dalam beragama, Jadi hanya sebatas Sakyadithinya saja tetapi masih ada tujuan mulia,walaupun belum tentu kesampaian.

Good info ttg sakyaditthi and micchaditthi, bisakah diterangkan perbedaan yg mencolok dari 2 kata tadi? Saya belum memahami pointnya, karena batasannya sangat tipis. Thanks

 _/\_
« Last Edit: 20 December 2007, 09:49:17 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #55 on: 20 December 2007, 09:53:18 AM »
IMO dari keterangan bro Kelana.
Mengapa aliran Maitreya dikatakan sesat ?
Karena aliran ini mendompleng istilah Buddhism tetapi tidak menjalankan prinsip2 pokok di dalam Buddhism tersebut. Karena tidak menjalankan prinsip pokok tersebut, maka dikatakan aliran ini menyimpang a.k.a "sesat"

IMO, jika aliran Maitreya di Indonesia khususnya, tidak mendompleng Buddhism, dan menggunakan "istilah"2 Buddhism, seperti menggunakan nama Buddha masa depan dalam Buddhism, maka aliran ini tidak akan dikatakan sesat.

Jadi intinya bukan dilihat dari baik buruknya suatu aliran, tapi sejalan tidak nya prinsip2 yang dijalankan aliran tersebut dengan "parent" dari aliran tersebut.
 

Inilah point dari pembahasannya. Dari sini kita bisa menambah wawasan, bukan dengan meng"ignore it"

Smoga teman2 dapat memahaminya. Dan penggunaan kata sesat bukanlah suatu "penghinaan", tetapi lebih kepada suatu pengertian mengapa demikian?

 _/\_
« Last Edit: 20 December 2007, 09:55:54 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #56 on: 20 December 2007, 10:06:19 AM »
jadi yang menyesatkan itu "ajarannya yang sesat"
atau ajarannya sesat karna tidak sesuai dengan bhuddhism?

saya disini baru belajar buddhism
selama ini saya kris...
saya banyak tidak mengerti tentang sekte/aliran dalam buddhis
mohon bimbinggannya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.577
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
  • not mine - not me - not myself
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #57 on: 20 December 2007, 10:11:43 AM »
Sesat ditinjau dari mana dulu ?
Maitreya bukan aliran sesat ditinjau dari segi moral dll bila mengajarkan kebaikan dan tidak ada praktek pemaksaan masuk ke aliran tersebut.
Tapi Maitreya merupakan aliran sesat bila ditinjau dari segi Buddhism, karena apa yang diajarkan bertentangan dengan prinsip2 pokok dari Buddhism.

Secara gamblang nya begini, bila Buddhism merupakan aliran kr****n terlepas dari baik tidaknya ajaran Buddhism.
Maka Buddhism merupakan aliran sesat karena bertentangan dari prinsip2 pokok dari kr****n, salah satunya adalah paham Monotheism.
Tetapi karena Buddhism bukan merupakan bagian dari kr****n, maka Buddhism tidak dikatakan sesat.. karena merupakan "parent", dan bukan merupakan "child" dari "parent"  kr****n
Ini bukan milikku, ini bukan aku, ini bukan diriku
6 kelompok 6 - Chachakka Sutta MN 148

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #58 on: 20 December 2007, 10:24:44 AM »
Sebenarnya kata sesat, hanya sebagai penjelas saja bahwa ajaran itu mendompleng ajaran2 Buddha, yg mana ajaran itu sendiri tidak mengandung prinsip2 agama Buddha. Hal yg paling pokok adalah mengacu Pada TIPITAKA, 4+8.

Kalau saja mereka berdiri sendiri , itu tidak masalah
seperti yg dikatakan FOX ROCKMAN.

Bisa dibayangkan ngak kalo suatu agama bilang bagian dari Buddhis, tapi ajarannya pake agama x,y,z padahal agama x,y,z juga banyak perbedaan yg fundamental. Lalu dimana kemurnian ajaran Sang Buddha. Misal saja , agama Buddha menekankan meditasi, nah yg disono bilang bisa kesurupan kalo meditasi. Apakah ini tidak bertentangan, apakah ini juga mau diadopsi ke ajaran Buddha?

Jadi lebih baik mereka memakai bendera agama tersendiri.



 _/\_ _/\_ _/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Aliran Maitreya yang Kritis...
« Reply #59 on: 20 December 2007, 10:55:19 AM »
Kaga Sesat secara Ajaran General (Spiritual/Filosofis/Batin)

Tapi SESAT & MENYESATKAN bila mengaku Buddhism

 

anything