Para rekan rekan DC-er.
Bisa bantu sharing bagi yg sdh pengalaman menjawab promosi para telemarketer entah itu kardu kredit, dana tunai, fitness, membership hotel dan lain lain; yang saya rasakan sdh pada tahap sangat mengganggu ketenangan di rumah.
Dan yg bikin naik darah, dari bank yg itu itu juga, tapi telemarketing nya ganti ganti.
Mau ganti nomor telepon rumah, repot memberi tahu teman teman dan familil
Mau marah marah dengan telemarketer, kasihan juga, dia kan cari makan, dan ditarget sehari harus call berapa puluh nomor.
Bagaimana menjawab yang sopan, tapi bikin kapok.
Ayo sharing disini, karena caranya belum diajarkan di universitas atau akademi.
Agak sulit sih karena mereka biasanya tidak terorganisir. Jadi biasa A menelepon, besoknya B bisa jadi menelepon.
Saya awal sebal, tapi berpikir positif bahwa salut juga dengan mereka yang tidak tahu malu. Ditolak pun masih tetap pede.
Karena saya salut, makanya saya sopan juga terhadap mereka, biasanya saya jawab dengan "looping forever". Biasa mereka hanya betah sekitar 1-2 menit
Sales : "Pak kami ingin menawarkan kartu kredit / asuransi / ini. Boleh kami menjelaskannya ?"
Forte : "Tidak, terima kasih. Saat ini saya belum butuh"
Sales : "Tapi pak.. produk ini sangat bagus blablabla "
Forte : "Terima kasih. Tapi saat ini saya belum butuh"
Sales : "Produk ini banyak keunggulannya.. "
Forte : "Sudah saya katakan di awal, terima kasih tapi saat ini saya belum butuh"
Sales : "................"
Intinya hindari untuk berbicara terlalu banyak. Contoh case seperti ini :
Sales : "Pak saya ingin menjelaskan produk X... "
A : "Waduh.. tapi saya lagi ada cicilan rumah.. "
Sales : "Nah kebetulan Pak, produk X ini mencover cicilan rumah bapak"
A : "Waduh.. tapi saya masih ada biaya istri akan lahiran "
Sales :"Produk X ini juga bisa digunakan untuk istri Anda."
A : "Waduh .. tapi saya.... "
Bisa dilihat bedanya bahwa semakin kita banyak berbicara.. maka omongan kita akan dijadikan counter attack untuk serangan selanjutnya. Sedikit saja bicara cukup jawab "Tidak dan terima kasih" maka sales akan tahu bahwa kita tidak interest dengan produk mereka