//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Konsumen Lebih Memilih Belanja Kendaraan dan Barang Elektronik  (Read 1914 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
JAKARTA - Pebisnis ritel, baik kategori modern maupun tradisional, tampaknya, harus lebih gencar berpromosi. Sebab, sepanjang semester pertama 2010, konsumen belum terlalu memprioritaskan uang belanja untuk membeli makanan, minuman, dan berbagai kebutuhan harian. Konsumen, ternyata, lebih memilih belanja kendaraan dan elektronik.

Direktur Retailer Servis Lembaga Riset Nielsen Indonesia Yongky Susilo mengatakan, pertumbuhan penjualan ritel nasional sepanjang Januari sampai Mei lalu baru mencapai 9 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. "Angka tersebut jauh tertinggal dari pertumbuhan sektor lainnya," ujarnya.

Yongky memaparkan, pertumbuhan penjualan mobil mencatatkan angka tertinggi 73,5 persen. Begitu pula sepeda motor sebesar 35,2 persen. Pertumbuhan penjualan elektronik rumah tangga juga meningkat 32,35 persen, sedangkan komputer naik 30 persen.

Yongky Susilo menganalisis, saat ini terjadi pergeseran perhatian konsumen dalam membelanjakan anggaran bulanannya. "Kelas menengah atas masih memilih (belanja) big ticket item (mobil, motor, elektronik, Red). Tapi, itu juga mengindikasikan bahwa masyarakat kita makin mapan ya," ujarnya saat jumpa pers di Kantor Nielsen, Mayapada Tower, Jakarta, kemarin (7/7).

Konsumen tidak lagi berpikir bahwa dirinya akan kelaparan atau kekurangan pasokan pangan sehingga tidak gencar memborong kebutuhan harian pada awal bulan atau setiap akhir pekan. "Tapi, semoga saja di semester kedua akan bangkit dan terus meningkat," harap Yongky.

Khusus untuk ritel, kata Yongky, sepanjang satu semester ini konsumen, tampaknya, masih sangat irit. Tetapi, itu tidak berlaku untuk kepentingan yang lain, terutama voucher pulsa, teknologi IT -terutama ponsel- dan kendaraan.

Gejala tersebut memang mulai terlihat belakangan ini saat teknologi semakin canggih dengan didukung layanan yang semakin baik. "Sebelum ada teknologi, ada waktu menganggur sedikit, konsumen pasti pergi ke warung atau belanja. Begitu ada ponsel (dengan segala kecanggihannya), menganggur sedikit langsung online. Rekreasi sekarang ada di dunia maya sepertinya, bukan lagi di pasar tradisional atau supermarket dan hypermarket sekalipun," ungkapnya.

Yongky menyarankan agar semua pengusaha ritel lebih kreatif mengemas tempat berjualan, kemudian mempromosikannya lebih menarik lagi. Sebab, berdasar hasil survei yang dilakukan Nielsen, 19,8 persen konsumen mengungkapkan bahwa faktor nonfood (kenyamanan tempat, kemasan, promosi, dll) adalah alasan untuk datang ke tempat belanja.

Sepanjang 2009, total belanja konsumen untuk ritel terhadap 56 kategori produk -di luar telur, cabai, beras, dan beberapa sembako- mencapai Rp 99, 653 triliun. Sementara itu, pada Januari sampai Mei 2010, total uang yang sudah terbelanjakan Rp 44,685 triliun. "Harapannya, pertumbuhan ritel tahun ini sampai 15 persen atau sekitar Rp 115 triliun," jelas Yongky.

Nielsen melakukan riset tentang tren belanja masyarakat dengan cara wawancara face to face di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Responden adalah pria dan perempuan usia 15-65 tahun. Total 1.781 narasumber dengan kemampuan belanja lebih dari Rp 1,250 juta per bulan. (gen/c6/kim)

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.134
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Konsumen Lebih Memilih Belanja Kendaraan dan Barang Elektronik
« Reply #1 on: 15 July 2010, 06:45:14 PM »
Kecanggihan jaman dan gengsi ... Saat ini kendaraan dan elektronik dengan mudah dapat di cicil tanpa bunga.. Hal ini juga alasan penjualan meningkat di banding bahan pangan.


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline jamie999

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Konsumen Lebih Memilih Belanja Kendaraan dan Barang Elektronik
« Reply #2 on: 02 August 2010, 04:05:33 PM »
Dan..dahulu kala,orang mati dikarenakan kelaparan...dan zaman sekarang orang mati dikarenakan gengsi...

 

anything