//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan untuk meyakinkan saya mohon bantuan nya untuk jawaban yang tepat !!  (Read 6736 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline terlalupolos

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
saya baru mempelajari tentang ajaran buddha belakangan ini dan menurut saya ajaran buddha sama dengan jalan pikiran saya
dan karna itu saya juga ingin menjadi buddhisme
tetapi ada beberapa pertanyaan yang saya bingung harus bertanya pada siapa
saya benar-benar bingung karna sudah mencari refrensi tapi tidak dapat jawaban yang tepat
mungkin dari forum DC ini saya bisa mendapatkan jawaban nya.

1.saya bingung apakah bila ingin pindah agama buddha harus ada ritual tertentu dulu ?? seperti agama "I" yang mempunyai syarat harus menyebut kalimat syahadat dan juga seperti agama "K" yang harus di baptis
2.apakah di vihara, orang (maaf) Pribumi menjadi kaum minoritas ? karna yang saya tau hampir semua keturunan chinese dan saya bukan keturunan chinese, saya tinggal di daerah tangerang dan yang saya tau vihara terdekat dari rumah saya Vihara Siripada yang ada di komplek Perumahan Vila Melati Mas mungkin ada yang tau

mohon maaf bila ada penulisan yang kurang berkenan
dan terima kasih atas bantuan untuk jawaban nya  :)

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
saya baru mempelajari tentang ajaran buddha belakangan ini dan menurut saya ajaran buddha sama dengan jalan pikiran saya
dan karna itu saya juga ingin menjadi buddhisme
tetapi ada beberapa pertanyaan yang saya bingung harus bertanya pada siapa
saya benar-benar bingung karna sudah mencari refrensi tapi tidak dapat jawaban yang tepat
mungkin dari forum DC ini saya bisa mendapatkan jawaban nya.

1.saya bingung apakah bila ingin pindah agama buddha harus ada ritual tertentu dulu ?? seperti agama "I" yang mempunyai syarat harus menyebut kalimat syahadat dan juga seperti agama "K" yang harus di baptis

Wajar anda bingung, karena persepsi anda terekam akan ajaran lainnya yang mana mengancam, jika pindah agama, maka ada konsekuensi .... dan seterusnya ....
 
sebenarnya tidak ada syarat apapun utk menjadi umat Buddhis
dasar keyakinan utk menjadi umat Buddhis adalah Sang Tiratana, Buddha, Dhamma, Sangha
Dan untuk menjadi umat Buddhis yang baik, dalam kehidupan sehari2, umat Buddhis wajib berlatih 5 sila dan disarankan pada hari Uposatha berlatih 8 sila.
Belajar dan pengetahuan tentang ajaran Buddha (Dhamma) juga penting, supaya dapat menjadi pedoman dan pengertian yang benar dalam praktek ajaran Buddha.
atau juga sering konsultasi atau mendengarkan Dhammadesana dari Bhikkhu, Pandita, atau teman2 DC yang memang suka sharing, diskusi dan bahas Dhamma.

Quote
2.apakah di vihara, orang (maaf) Pribumi menjadi kaum minoritas ? karna yang saya tau hampir semua keturunan chinese dan saya bukan keturunan chinese, saya tinggal di daerah tangerang dan yang saya tau vihara terdekat dari rumah saya Vihara Siripada yang ada di komplek Perumahan Vila Melati Mas mungkin ada yang tau

Ajaran Buddha bukan dikuasai atau milik suku/kaum tertentu.
setiap manusia dapat belajar dan berlatih praktek ajaran Buddha,
Ajaran Buddha adalah ajaran Kebenaran bersifat Universal, siapapun boleh mempelajarinya dan Ehipasiko

Jika anda berkunjung ke Vihara Siripada atau Vihara lainnya, terlihat kaum Tionghoa lebih dominan, semoga bukan halangan utk belajar dan berlatih menjadi umat Buddhis
dan karena kaum tionghoa banyak dan hampir disetiap Vihara2 di Indonesia (karena historis yang panjang)
Jika anda berkunjung ke vihara manapun anda tidak boleh merasa kecil hati menjadi minoritas.
Bhikkhu yang bukan keturunan Tionghoa juga banyak dan Beliau2 tidak merasa minoritas, dan bahkan diagungkan dan dihormati oleh umat Buddhis.

Siapapun yang berlatih dan praktek ajaran Buddha dengan pengertian benar, Semoga mendapatkan kehidupan dan batin yang lebih bahagia

« Last Edit: 04 April 2013, 06:06:36 AM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Benar seperti kata om Adi, jangan berkecil hati. Siapapun boleh mempelajari Ajaran Buddha. Jangan lupa dipraktekan karena Ajaran Buddha sangat bermanfaat dalam kehidupan. Semoga tetap semangat ya.

Ini ada sebagian dari kitab suci Tipitaka yg sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Semoga anda berminat membacanya dan dapat membawa manfaat dalam kehidupan anda.

_/\_

Digha Nikaya – Khotbah-
Khotbah Panjang Sang Buddha

Saṃyutta Nikāya – Khotbah- Khotbah Berkelompok Sang Buddha

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
saya baru mempelajari tentang ajaran buddha belakangan ini dan menurut saya ajaran buddha sama dengan jalan pikiran saya
dan karna itu saya juga ingin menjadi buddhisme
tetapi ada beberapa pertanyaan yang saya bingung harus bertanya pada siapa
saya benar-benar bingung karna sudah mencari refrensi tapi tidak dapat jawaban yang tepat
mungkin dari forum DC ini saya bisa mendapatkan jawaban nya.

1.saya bingung apakah bila ingin pindah agama buddha harus ada ritual tertentu dulu ?? seperti agama "I" yang mempunyai syarat harus menyebut kalimat syahadat dan juga seperti agama "K" yang harus di baptis
2.apakah di vihara, orang (maaf) Pribumi menjadi kaum minoritas ? karna yang saya tau hampir semua keturunan chinese dan saya bukan keturunan chinese, saya tinggal di daerah tangerang dan yang saya tau vihara terdekat dari rumah saya Vihara Siripada yang ada di komplek Perumahan Vila Melati Mas mungkin ada yang tau

mohon maaf bila ada penulisan yang kurang berkenan
dan terima kasih atas bantuan untuk jawaban nya  :)

Jika pas ada waktu kalau mau, kita bisa janjian ketemu di vihara siripada yah mungkin kita bisa bertukar pendapat dan berdiskusi bro.

PM saja jika mau atau yah posting disini jg boleh

utk no 1, tidak perlu sama sekali. pelajari dahulu saja, sisanya nanti akan otomatis
utk no 2 tidak masalah koq. contohnya di jawa sekitar borobudur, pribumi disana semua juga buddhis. pribumi di thailand jg buddhis, pribumi negara lain jg ada yg buddhis hehehehe. *joke*

thanks
« Last Edit: 04 April 2013, 08:17:03 AM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline Ms. Q

  • Teman
  • **
  • Posts: 67
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
wah dkt kak medho ya.... bgslah klo bgitu :)

Offline gryn tea

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.203
  • Reputasi: 34
  • Gender: Female
  • SABBE SANKHARA ANICCA
1. Untuk menjadi seorang Buddhis gx perlu pke2 ritual
Yg penting jalanin pancasila Buddhis az
Percuma jg klo ngaku Buddhis or Buddhis ktp , tp kelakuan dan pikiran tidak mencerminkan seorang Buddhis


2. Utk menjwb pertnyaan no2 , tlong drenungin pertnyaan gryn jg, apakah di india yg memeluk agama buddhis adalh org chinese jg ???

Bagaikan sekuntum bunga yang indah tetapi tidak berbau harum; demikian pula akan tdk b'manfaat kata-kata mutiara yg diucapkan oleh org yg tdk melaksanakannya

Offline gryn tea

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.203
  • Reputasi: 34
  • Gender: Female
  • SABBE SANKHARA ANICCA
Mgkn krn indonesia lbh cenderung byk umat muslim na, dan byk penyebaran na dbanding agama Buddha
Jd wajar warga pribumi lbh byk ttarik ama islam
Bagaikan sekuntum bunga yang indah tetapi tidak berbau harum; demikian pula akan tdk b'manfaat kata-kata mutiara yg diucapkan oleh org yg tdk melaksanakannya

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
saya seorang keturunan tionghua, dan pada suatu hari saya bermain ke sebuah desa di jawa tengah, dan saya mengikuti acara peresmian vihara di sana, ternyata hampir semua penduduk desa itu adalah Buddhis, dan saya mendengar bisik2 "cino kok buddhis". Jadi tidak benar bahwa kaum pribumi adalah minoritas dalam Buddhis

Offline hariyanto_sio

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 100
  • Reputasi: -5
buddhis atau non buddhis, chinese atau non chinese, itu cuma konsep, hal-hal tersebut tidak diperlukan utk mendapatkan kebahagiaan batin..

yang terpenting adalah setelah anda hidup sesuai Dhamma anda merasakan manfaatnya berdasarkan pengalaman anda langsung.. manfaatnya adalah kurangnya keserakahan, kebencian, dan kekeliruan batin.. anda tidak akan menjadi seorang perampok, seorang pembunuh, dan seorang yg berpikiran keliru.. dan masih byk lagi manfaat lainnya..

 _/\_
« Last Edit: 04 April 2013, 10:12:18 AM by hariyanto_sio »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
buddhis atau non buddhis, chinese atau non chinese, itu cuma konsep, hal-hal tersebut tidak diperlukan utk mendapatkan kebahagiaan batin..


bisa dijelaskan apa itu "konsep"? dan bagaimana buddhis dan chinese itu "cuma konsep"?

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
 [at] teralupolos
di siripada minggu ke 3 ada acara diskusidhamma bareng teman2 Dc,kalo mau boleh gabung kok...*asal siapin mental aja* hehehee
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
[at] teralupolos
di siripada minggu ke 3 ada acara diskusidhamma bareng teman2 Dc,kalo mau boleh gabung kok...*asal siapin mental aja* hehehee

OOT, emang Mr.Jhonz sudah bisa kah sekarang? kembali libur kah sabtu? ;D

Offline hariyanto_sio

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 100
  • Reputasi: -5
bisa dijelaskan apa itu "konsep"? dan bagaimana buddhis dan chinese itu "cuma konsep"?



uda lupa tuh

Offline Rina Hong

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.256
  • Reputasi: -2
  • Gender: Female
menurut saya untuk belajar sesuatu hal yang baru, untuk mendapat kemurnian ajaran itu sendiri jadi lah seperti halaman kertas putih yang tidak ada coretan. jangan ternoda dengan pelajaran yang anda pelajari sebelumnya, jadi dipisahkan antara ilmu lama dgn ilmu baru.
The four Reliances
1st,rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
2nd,rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
3rd,rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And 4th,rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions

Offline terlalupolos

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Wajar anda bingung, karena persepsi anda terekam akan ajaran lainnya yang mana mengancam, jika pindah agama, maka ada konsekuensi .... dan seterusnya ....
 
sebenarnya tidak ada syarat apapun utk menjadi umat Buddhis
dasar keyakinan utk menjadi umat Buddhis adalah Sang Tiratana, Buddha, Dhamma, Sangha
Dan untuk menjadi umat Buddhis yang baik, dalam kehidupan sehari2, umat Buddhis wajib berlatih 5 sila dan disarankan pada hari Uposatha berlatih 8 sila.
Belajar dan pengetahuan tentang ajaran Buddha (Dhamma) juga penting, supaya dapat menjadi pedoman dan pengertian yang benar dalam praktek ajaran Buddha.
atau juga sering konsultasi atau mendengarkan Dhammadesana dari Bhikkhu, Pandita, atau teman2 DC yang memang suka sharing, diskusi dan bahas Dhamma.

Ajaran Buddha bukan dikuasai atau milik suku/kaum tertentu.
setiap manusia dapat belajar dan berlatih praktek ajaran Buddha,
Ajaran Buddha adalah ajaran Kebenaran bersifat Universal, siapapun boleh mempelajarinya dan Ehipasiko

Jika anda berkunjung ke Vihara Siripada atau Vihara lainnya, terlihat kaum Tionghoa lebih dominan, semoga bukan halangan utk belajar dan berlatih menjadi umat Buddhis
dan karena kaum tionghoa banyak dan hampir disetiap Vihara2 di Indonesia (karena historis yang panjang)
Jika anda berkunjung ke vihara manapun anda tidak boleh merasa kecil hati menjadi minoritas.
Bhikkhu yang bukan keturunan Tionghoa juga banyak dan Beliau2 tidak merasa minoritas, dan bahkan diagungkan dan dihormati oleh umat Buddhis.

Siapapun yang berlatih dan praktek ajaran Buddha dengan pengertian benar, Semoga mendapatkan kehidupan dan batin yang lebih bahagia

terimakasih atas semua jawaban nya..
dari jawaban ini saya sudah bisa merasa tenang untuk benar2 mempelajari ajaran buddha  :)

[at] Sumedho
cek PM nya bro

[at] teralupolos
di siripada minggu ke 3 ada acara diskusidhamma bareng teman2 Dc,kalo mau boleh gabung kok...*asal siapin mental aja* hehehee

waduh siapin mental hehehe kira2 mau diapain ini ??
mungkin nanti kalo ada sempat waktu saya coba untuk kesana
memang untuk acara diskusidhamma itu diadainnya hari apa ya ?

dan untuk yang sudah bantu menjawab pertanyaan saya terimakasih banyak
ini benar2 pencerahan untuk saya   :)