//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik  (Read 69227 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #120 on: 06 August 2008, 10:58:41 PM »
soal intravenous askorbat sih masih kontroversial...
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #121 on: 07 August 2008, 09:54:11 PM »
Vitamin C 1000 mg dalam rute iv bolus biasanya lebih untuk produk kecantikan..
Ada beberapa yang kotroversial memang. Dan juga 1 g Vitamin C kebanyakan kali ya :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline rocke

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #122 on: 26 March 2013, 04:56:09 PM »
mo nanya nih,, kalo batuk, perlu tidak minum antibiotik. anak saya 14 bulan batuk2 n saya bawa ke dokter dan dikasi antibiotik.
menurut teman, antibiotik tidak baik..

please adv ya :'(

Offline gryn tea

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.203
  • Reputasi: 34
  • Gender: Female
  • SABBE SANKHARA ANICCA
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #123 on: 26 March 2013, 05:04:45 PM »
mo nanya nih,, kalo batuk, perlu tidak minum antibiotik. anak saya 14 bulan batuk2 n saya bawa ke dokter dan dikasi antibiotik.
menurut teman, antibiotik tidak baik..

please adv ya :'(


Antibiotik klo gx slah buat kekebalan tubuh ya ??

Masi 14 bulan, gx mgkn dokter anak kasi obat sembarangan

Malah yg ane teman na, manx teman na lbh tahu n lbh pintar dr si dokter ???

Napa teman na gx jd dokter az

Hehee

Cpddd

Masa teman na lbh tahu dr dokter na

Cpddd

Jgn2 teman na suruh berdoa az ya ama tuhan n gx usa mnum obat

Hehee
Bagaikan sekuntum bunga yang indah tetapi tidak berbau harum; demikian pula akan tdk b'manfaat kata-kata mutiara yg diucapkan oleh org yg tdk melaksanakannya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #124 on: 26 March 2013, 06:49:47 PM »
mo nanya nih,, kalo batuk, perlu tidak minum antibiotik. anak saya 14 bulan batuk2 n saya bawa ke dokter dan dikasi antibiotik.
menurut teman, antibiotik tidak baik..

please adv ya :'(
Sebenarnya penggunaan antibiotik diperbolehkan untuk bayi juga. Tidak menjadi masalah koq sist / bro rocke.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah apakah penyebab batuknya adalah bakteri. Jika iya, penggunaan antibiotik sudah benar karena ditujukan untuk membunuh bakteri. Sekedar informasi, contoh batuk yang membutuhkan terapi antibiotik misalnya pada batuk si anak mengeluarkan sputum atau istilah awamnya dahak, dan dahak ini berwarna hijau kekuningan / kuning menandakan adanya infeksi.

Jadi jangan khawatir dalam hal ini. Namun bila masih cemas dan takut, silakan post resepnya di sini nanti akan saya terangkan apa kegunaan obatnya.. free of charge tentunya :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #125 on: 26 March 2013, 09:45:48 PM »
Antibiotik ktnya hrs minum ampe abis y kl ga bakterinya bs kebal?

Offline shinchan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 507
  • Reputasi: 12
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #126 on: 27 March 2013, 02:23:32 AM »
kata mamah, gigiku tidak bisa putih seperti kapas karena dulu aku dulu sering dikasih dokter obat antibiotik

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #127 on: 27 March 2013, 05:41:41 AM »
Antibiotik ktnya hrs minum ampe abis y kl ga bakterinya bs kebal?
iya..
kata mamah, gigiku tidak bisa putih seperti kapas karena dulu aku dulu sering dikasih dokter obat antibiotik
dulu antibiotik jenis tetrasiklin sempat menjadi "dewa" karena sifatnya broad spectrum, ampuh terhadap hampir semua jenis bakteri (bakteri gram positif dan negatif). Akibatnya penggunaannya sangat luas dan banyak diresepkan oleh dokter.. Namun tidak ada yang tahu bahwa antibiotik ini sebenarnya tidak boleh diresepkan pada anak2. Karena anak2 dalam masa pertumbuhan termasuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Salah satu efek samping antibiotik ini adalah menyebabkan tulang dan gigi bisa menjadi kuning. Namun jangan khawatir, penggunaan tetrasiklin saat ini sudah sangat jarang karena dulu sempat didewakan dan banyak yang pake tapi gak dihabiskan obatnya, akibatnya kebanyakan bakteri saat ini resisten terhadap antibiotik jenis ini dan saat ini sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke antibiotik jenis lain. 


Note : Thread saya merge ya.. silakan baca2 juga dulu sudah ada pembahasannya..


Semoga bermanfaat.

« Last Edit: 27 March 2013, 05:44:38 AM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #128 on: 27 March 2013, 08:33:03 AM »
Apakah penggunaan antibiotik bisa menyebabkan kerusakan ginjal?.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #129 on: 27 March 2013, 11:37:33 AM »
Apakah penggunaan antibiotik bisa menyebabkan kerusakan ginjal?.
tergantung antibiotiknya..
tapi sebenarnya bukan masalah antibiotik ya, kebanyakan senyawa pasti akan dimetabolisme di hati, dan  kebanyakan diekskresikan via ginjal. Jadi jika ada kelainan patologi ada baiknya disampaikan ke dokter, agar bisa diresepkan antibiotik yang lebih aman, atau dokternya bisa konsultasi dengan apoteker jika terpaksa harus pakai antibiotik tersebut agar si apoteker bisa menghitung penyesuaian dosis agar tepat tanpa terlalu memberatkan kerja ginjal / hati.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline rocke

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
obat batuk
« Reply #130 on: 03 April 2013, 04:22:23 PM »
dear bro Forte


bole adv apakah obat ANADEX aman buat anak2 (15 bulan)?

 :)
thanks

Offline Rina Hong

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.256
  • Reputasi: -2
  • Gender: Female
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #131 on: 04 April 2013, 03:43:24 PM »
Bro Hedi, kog waktu saya cabut gigi dikasih antibiotik yah? waktu itu saya minum cuma 3 pcs, habis itu dihentikan, apa akan bermasalah di kemudian hari?
The four Reliances
1st,rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
2nd,rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
3rd,rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And 4th,rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #132 on: 04 April 2013, 03:50:15 PM »
Bro Hedi, kog waktu saya cabut gigi dikasih antibiotik yah? waktu itu saya minum cuma 3 pcs, habis itu dihentikan, apa akan bermasalah di kemudian hari?

antibiotik itu berguna untuk mencegah kuman. karena gigi berhubungan dengan jantung dan otak, jadi rentan terinfeksi kuman gigi.

Offline shinchan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 507
  • Reputasi: 12
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #133 on: 05 April 2013, 11:49:25 AM »
antibiotik itu berguna untuk mencegah kuman. karena gigi berhubungan dengan jantung dan otak, jadi rentan terinfeksi kuman gigi.

Gigi ga berhubungan dgn jantung dan otak kk.  Akar gigi dialiri pembuluh darah, dari sini infeksi di gigi bisa menjalar melalui pembuluh darah hingga ke di jantung dan otak.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Penyakit Umum & Penggunaan Antibiotik
« Reply #134 on: 06 April 2013, 09:43:28 AM »
Bro Hedi, kog waktu saya cabut gigi dikasih antibiotik yah? waktu itu saya minum cuma 3 pcs, habis itu dihentikan, apa akan bermasalah di kemudian hari?
sorry karena kesibukan saya, baru sempat saya balas..

pemberian antibiotik itu ada 2 tujuan :
1. pencegahan bahasa ilmiahnya : profilaksis
2. pengobatan

ketika cabut gigi, memang standarnya diberikan antibiotik karena tujuannya untuk pencegahan tadi. Cabut gigi berarti ada jaringan yang terluka, dan karena ada jaringan yang terluka berarti ada yang terbuka.. dan dibutuhkan antibiotik agar menciptakan suasana "aman" agar kuman tidak masuk dari jaringan yang terbuka tadi dan menyebabkan infeksi.

Idealnya penggunaan antibiotik tidak cukup hanya 3 pcs, minimal 4-5 hari tergantung dari antibiotiknya. Jadi ada baiknya dilanjutkan lagi untuk mencegah terjadinya infeksi 

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

 

anything