//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup  (Read 43102 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline allthingmustpass

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 144
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
  • life is suffering
[tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« on: 30 September 2013, 08:01:59 AM »
salam suhu-suhu sekalian, saya mau curhat mengenai isi hati saya dan mohon masukkannya. :(

saya adalah pria berusia 25 tahun. lulus S1 dari salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. memiliki fisik yang sehat. dan memiliki pekerjaan yang cukup lumayan untuk seorang lajang.

entahlah, saya semenjak SMP (saat saya sudah akil balig) sudah mulai bertanya apakah tujuan hidup ini. kenapa orang bisa "gila" dengan dunia ini. dan kenapa dunia ini terlalu gila untuk manusia waras untuk hidup.

Lalu saya mencari jawabannya di agama. kebetulan saya dilahirkan dari keluarga K yang sangat fanatik dan itu cukup mempengaruhi masa kecil hingga dewasa saya. Saya belajar agama begitu rajin (SMP hingga SMA), hingga saya yakin secara ilmu agama saya sudah begitu kuat. Buku-buku teologis, apologetika, sejarah gerja awal dan lain-lain sudah saya lahap yang harusnya seumur itu seorang kr****n cuma biasanya ikut KKR, perkumpulan remaja atau paling tinggi ikut studi confirmation iman.
Ilmu Teologis kekr****nan saya, saya rasa sudah begitu banyak, namun tidak dengan iman saya. Tuhan di agama K tidak sesuai dengan logika saya. saya tentu tidak akan menjabarkan alasan-alasan secara spesifik disini :)

Hati saya kosong dan hampa. sehingga saya beberapa kali mencoba bunuh diri di masa SMP-SMA, namun tidak ada yang berhasil. Akhirnya di akhir SMA saya memutuskan saya non religious hingga saya menemukan arti hidup ini.

setelah saya baru masuk kuliah, apatis saya terhadap dunia ini semakin menjadi-menjadi. Setelah kuliah saya langsung pulang ke kosan bahkan saya pernah satu semester tidak kuliah...Dikamar hanya main game dan ngeinternet saja. akhirnya kuliah berantakan dan sayapun makin tidak semangat hidup. Kembali lagi saya ingin bunuh diri atau sekalian saja saya masuk rumah sakit jiwa... hidup tidak cocok untuk saya. itu saja yang saya pikirkan.

namun dikeputusasaan saya itu ada senior saya di unit kemahasiswaan yang menolong saya mencari arti hidup ini. Dia menginspirasi saya kalau hidup itu bisa bahagia kalau kita punya materi. mau bahagia ya kaya. ya logikanya kalau ente lagi sedih, diajan nonton di bioskop terus clubbing. pulangnya senang kan?? kalau kamu ga semangat gini, kuliah kacau, duit ortu lu tambah habis... malah lu ga jadi orang. gimana mau bahagia? masalah tuhan atau hantu itu semua ga ada. enjoy your life aja lah. uda ga enjoy lagi ya matek aja.

... ya ini pandangan hedonis. pandangan yang tabu bagi masyarakat di Indonesia. saya terima pandangan ini dan saya jalani. DAN INI YANG SAYA RENUNGKAN MALAH NANTINYA JADI BUMERANG BAGI SAYA. Saya menjadi semangat hidup lagi. Saya belajar keras di studi saya, dan berusaha sampingan (trader saham dan forex). karena tujuan hidup saya ya wanita, uang, kesenangan... itu saja. Terkadang masih ada keinginan bunuh diri dan tidak semangat di saat itu. kalau ada pikiran seperti itu saya langsung keluar, clubbing mabuk apapunlah. dan selalu setelah itu saya bebas dari pikran bunuh diri/tidak ada semangat.

akhirnya setelah begitu lama kuliah, saya lulus. dan setelah lulus saya langsung bekerja. ini terjadi sekitar 3 bulan lalu. saya rasa ini mimpi kebanyakan para fresh graduate, lulus langsung kerja. apalagi seorang hedonis.

setelah bekerja ini, saya memiliki lingkungan yang baru. tidak ada masalah dengan lingkungan ini...karena saya juga kurang begitu suka bersosialisasi. jangan menganggu dan jangan diganggu saja. Dan kejadian kehampaan kembali merasuk ke badan saya...

saya kembali menanyakan diri sendiri tentang arti hidup ini.... terkadang saya sampai tidak tidur untuk browsing dan sebagainya. GILANYA MALAH KEMELEKATAN SAYA TERHADAP MATERI YANG DULU MEMBUAT SAYA SEMANGAT MALAH MEMBUAT SAYA MAKIN HAMPA SEKARANG.... saya sekarang sudah mandiri secara ekonomi. cita-cita lulus dan mempunyai penghasilan yang lumayan sudah saya dapat. terus apa lagi?? ngumpulin duit sampe bikin instana, apakah setelah itu kamu bahagia?? itu terpikirkan terus sama saya...mindset hidup adalah utamanya untuk mencari kenikmatan runtuh. saya kehilangan tujuan hidup lagi

akhirnya pikiran saya menjadi-menjadi. mungkin menjadi sedikit gila. saya jadi paranoid terhadap manusia lain dan tidak mau keluar kamar kecuali cari makan dan saya seringnya cuma makan 1 kali sehari (kebetulan saya sedang tidak kerja lapangan saat ini). saya takut nonton tv dan baca internet. karena saya begitu sensitif terhadap berita perang, terorisme dan lainnya. benar-benar hidup serasa di neraka menurut saya.  Ingin menangis tapi air mata tidak bisa keluar.
apa yang bikin saya senang dulu (dugem, ngumpulin uang, main cewek) malah menakutkan sama saya. memori-memori hedonis saya seperti mimpi buruk karena itu semua seperti narkoba... enak sesaat tapi efek selanjutnya menghancurkan diri sendiri.

laporan pekerjaan saya juga dikejar-kejar bos. luar biasa rasanya penderitaan ini. bunuh diri lah mungkin cuma solusinya. Tapi setelah belajar buddhisme beberapa waktu itu, saya percaya bunuh diri malah membuat saya ke kehidupan yang lebih menderita. saat ini opsi bunuh diri masih saya urungkan. mungkin saya akan mati karena sakit makan tidak teratur dan pikiran saya yang kacau ini saja.


Bagaimana supaya supaya saya bisa semangat lagi dalam hidup ini?
apakah saya sudah sakit jiwa (mungkin ada dokter disini)?
bagaimana kalian bisa bertahan hidup dalam ketidakpastian dunia ini? apalagi saudara/i yang sudah punya anak.
apakah yang bisa saya jadikan pegangan dalam hidup ini?

mohon masukannya teman-teman sekalian
Do not pursue the past. Do not lose yourself in the future. The past no longer is. The future has not yet come. Looking deeply at life as it is. In the very here and now

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #1 on: 30 September 2013, 08:59:08 AM »
salam suhu-suhu sekalian, saya mau curhat mengenai isi hati saya dan mohon masukkannya. :(

saya adalah pria berusia 25 tahun. lulus S1 dari salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. memiliki fisik yang sehat. dan memiliki pekerjaan yang cukup lumayan untuk seorang lajang.

entahlah, saya semenjak SMP (saat saya sudah akil balig) sudah mulai bertanya apakah tujuan hidup ini. kenapa orang bisa "gila" dengan dunia ini. dan kenapa dunia ini terlalu gila untuk manusia waras untuk hidup.

Lalu saya mencari jawabannya di agama. kebetulan saya dilahirkan dari keluarga K yang sangat fanatik dan itu cukup mempengaruhi masa kecil hingga dewasa saya. Saya belajar agama begitu rajin (SMP hingga SMA), hingga saya yakin secara ilmu agama saya sudah begitu kuat. Buku-buku teologis, apologetika, sejarah gerja awal dan lain-lain sudah saya lahap yang harusnya seumur itu seorang kr****n cuma biasanya ikut KKR, perkumpulan remaja atau paling tinggi ikut studi confirmation iman.
Ilmu Teologis kekr****nan saya, saya rasa sudah begitu banyak, namun tidak dengan iman saya. Tuhan di agama K tidak sesuai dengan logika saya. saya tentu tidak akan menjabarkan alasan-alasan secara spesifik disini :)

Hati saya kosong dan hampa. sehingga saya beberapa kali mencoba bunuh diri di masa SMP-SMA, namun tidak ada yang berhasil. Akhirnya di akhir SMA saya memutuskan saya non religious hingga saya menemukan arti hidup ini.

setelah saya baru masuk kuliah, apatis saya terhadap dunia ini semakin menjadi-menjadi. Setelah kuliah saya langsung pulang ke kosan bahkan saya pernah satu semester tidak kuliah...Dikamar hanya main game dan ngeinternet saja. akhirnya kuliah berantakan dan sayapun makin tidak semangat hidup. Kembali lagi saya ingin bunuh diri atau sekalian saja saya masuk rumah sakit jiwa... hidup tidak cocok untuk saya. itu saja yang saya pikirkan.

namun dikeputusasaan saya itu ada senior saya di unit kemahasiswaan yang menolong saya mencari arti hidup ini. Dia menginspirasi saya kalau hidup itu bisa bahagia kalau kita punya materi. mau bahagia ya kaya. ya logikanya kalau ente lagi sedih, diajan nonton di bioskop terus clubbing. pulangnya senang kan?? kalau kamu ga semangat gini, kuliah kacau, duit ortu lu tambah habis... malah lu ga jadi orang. gimana mau bahagia? masalah tuhan atau hantu itu semua ga ada. enjoy your life aja lah. uda ga enjoy lagi ya matek aja.

... ya ini pandangan hedonis. pandangan yang tabu bagi masyarakat di Indonesia. saya terima pandangan ini dan saya jalani. DAN INI YANG SAYA RENUNGKAN MALAH NANTINYA JADI BUMERANG BAGI SAYA. Saya menjadi semangat hidup lagi. Saya belajar keras di studi saya, dan berusaha sampingan (trader saham dan forex). karena tujuan hidup saya ya wanita, uang, kesenangan... itu saja. Terkadang masih ada keinginan bunuh diri dan tidak semangat di saat itu. kalau ada pikiran seperti itu saya langsung keluar, clubbing mabuk apapunlah. dan selalu setelah itu saya bebas dari pikran bunuh diri/tidak ada semangat.

akhirnya setelah begitu lama kuliah, saya lulus. dan setelah lulus saya langsung bekerja. ini terjadi sekitar 3 bulan lalu. saya rasa ini mimpi kebanyakan para fresh graduate, lulus langsung kerja. apalagi seorang hedonis.

setelah bekerja ini, saya memiliki lingkungan yang baru. tidak ada masalah dengan lingkungan ini...karena saya juga kurang begitu suka bersosialisasi. jangan menganggu dan jangan diganggu saja. Dan kejadian kehampaan kembali merasuk ke badan saya...

saya kembali menanyakan diri sendiri tentang arti hidup ini.... terkadang saya sampai tidak tidur untuk browsing dan sebagainya. GILANYA MALAH KEMELEKATAN SAYA TERHADAP MATERI YANG DULU MEMBUAT SAYA SEMANGAT MALAH MEMBUAT SAYA MAKIN HAMPA SEKARANG.... saya sekarang sudah mandiri secara ekonomi. cita-cita lulus dan mempunyai penghasilan yang lumayan sudah saya dapat. terus apa lagi?? ngumpulin duit sampe bikin instana, apakah setelah itu kamu bahagia?? itu terpikirkan terus sama saya...mindset hidup adalah utamanya untuk mencari kenikmatan runtuh. saya kehilangan tujuan hidup lagi

akhirnya pikiran saya menjadi-menjadi. mungkin menjadi sedikit gila. saya jadi paranoid terhadap manusia lain dan tidak mau keluar kamar kecuali cari makan dan saya seringnya cuma makan 1 kali sehari (kebetulan saya sedang tidak kerja lapangan saat ini). saya takut nonton tv dan baca internet. karena saya begitu sensitif terhadap berita perang, terorisme dan lainnya. benar-benar hidup serasa di neraka menurut saya.  Ingin menangis tapi air mata tidak bisa keluar.
apa yang bikin saya senang dulu (dugem, ngumpulin uang, main cewek) malah menakutkan sama saya. memori-memori hedonis saya seperti mimpi buruk karena itu semua seperti narkoba... enak sesaat tapi efek selanjutnya menghancurkan diri sendiri.

laporan pekerjaan saya juga dikejar-kejar bos. luar biasa rasanya penderitaan ini. bunuh diri lah mungkin cuma solusinya. Tapi setelah belajar buddhisme beberapa waktu itu, saya percaya bunuh diri malah membuat saya ke kehidupan yang lebih menderita. saat ini opsi bunuh diri masih saya urungkan. mungkin saya akan mati karena sakit makan tidak teratur dan pikiran saya yang kacau ini saja.


Bagaimana supaya supaya saya bisa semangat lagi dalam hidup ini?
apakah saya sudah sakit jiwa (mungkin ada dokter disini)?
bagaimana kalian bisa bertahan hidup dalam ketidakpastian dunia ini? apalagi saudara/i yang sudah punya anak.
apakah yang bisa saya jadikan pegangan dalam hidup ini?

mohon masukannya teman-teman sekalian

Hidup itu memang sebetulnya kosong. Setiap orang punya ego, keinginan, dan penolakan sendiri terhadap kekosongan hidup itu, sehingga membentuk suatu tujuan. IMO, tidak perlu ikut tujuan orang lain, walaupun tentu harus belajar dari pengalaman orang lain. Kalau mau bahagia, saya pikir mulailah dengan menerima dulu kenyataan bahwa memang hidup ini sebetulnya kosong. Lalu mulailah lakukan apa yang kita pikir bermanfaat buat diri kita dan/atau orang lain, lalu jalani saja. 

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #2 on: 30 September 2013, 09:11:55 AM »
kira2 apa itu arti hampa? kalo saya pikir2, kebanyakan orang punya pusat/center masing2. orang mengasosiasikan dirinya dengan pusatnya ini. pusat ini merupakan hal terpenting dalam hidupnya, bahkan identik dengan diri, sang aku itu sendiri...

ada orang yang berpusat pada cinta lawan jenis. segala2nya dimotivasikan oleh yang dicintai. bekerja karena ingin menyediakan uang untuknya. belajar karena ingin menjadi orang yang pantas untuknya. membeli materi2 karena untuk keperluan sang cinta. impian masa depan dirancang untuk hidup yang nyaman bersama yang dicintai.

ada orang yang berpusat pada tuhan / agama. segala2nya dimotivasikan oleh si tuhan atau doktrin agamanya. di pikirannya pagi siang dan malam adalah bakti pada tuhannya, atau betapa tindak tanduknya sesuai dengan doktrin agama, kepercayaan dan ayat2 buku sucinya.

ada juga yang berpusat pada uang dan materi. materi menjadi ukuran segala2nya. banyaknya materi menjadi ukuran kebahagiaan dan menjadi yang terpenting dalam hidupnya.

di saat pusatnya ini hancur atau disadari tidak terlalu penting lagi, sebagian orang menukar dari satu pusat ke pusat yang lain. menyadari materi ternyata tidak sepenting yang dulu, mulai mengganti pusatnya menjadi agama atau cinta, dsb.

namun ada yang benar2 muak, tak ada pusat yang ditukar dan orang itu kehilangan sesuatu yang bisa dikejar, gak ada lagi motivasi dalam hidup ini, sehingga akhirnya merasa hampa...

disinilah biasanya orang mulai mikir2 tentang dukkha....
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline gryn tea

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.203
  • Reputasi: 34
  • Gender: Female
  • SABBE SANKHARA ANICCA
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #3 on: 30 September 2013, 09:38:40 AM »
Klo sbgian dr yg baru gryn baca tadi

Itu bukan faktor agama tapi lbh cenderung pencarian ato pembentukkan "jati diri"
Bagaikan sekuntum bunga yang indah tetapi tidak berbau harum; demikian pula akan tdk b'manfaat kata-kata mutiara yg diucapkan oleh org yg tdk melaksanakannya

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #4 on: 30 September 2013, 10:20:45 AM »
coba seduh sedikit green tea hanget....mencicipin sambil meditasi sejenak...
tarik nafas....hembuskan...tarik nafas.....

"hidup dalam ketidakpastian", merupakan salah satu unsur...membuat kita
menjadi tidak bosan....seperti arah angin berhembus kemana ya ?
pacar pakai baju apa ya malming ini ? dia buat masakan special apa ya ? :x
apakah ini hari hujan, panas, turun es...atao ?...

memang berat kalao kita merasa berat.... tapi bro udah sehat, S1,...
jomblo lagi (masih terbuka hak pilih2....klo yg udah dirantai gak bisa pilih2 lagi)...
jadi merupakan kondisi yg udah sangatlah baik....

saran cumpol sihhh

1. kurangin main video game... karna ini bisa kecanduan juga sehingga bosan kumpul
    manusia lain...
2. set prioritas... time management... sehingga kerjaan kantor selesai,...
    kalao ada yg tidak selesai n numpuk,... lama2 menjadi berat lahhhh
3. bergaulah dgn manusia bijak...
4. lihatlah...banyak yg gak ada tangan n kakipun bisa sukses....
    gak punya jari bisa main piano....
5. makan sehat, hidup sehat...
6. dengar motivator2 lahhh spt di radio banyak yg gratis juga....salah satunya andre wongso....
    sonora 7 pagi....
7. jadi relawan...banyak bantu org2 lain....tentu kebahagiaan pun akan bertambah...

biasanya main game apa ya bro ? udah level berapa ?
« Last Edit: 30 September 2013, 10:46:21 AM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline gryn tea

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.203
  • Reputasi: 34
  • Gender: Female
  • SABBE SANKHARA ANICCA
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #5 on: 30 September 2013, 10:22:49 AM »
Hidup emanx berat
Akan lbh berat klo kamu bpikir n menganggap hidup itu berat

Lbh baik kamu byk berdana ato brlajar fangshen

Klo perlu ikut retret meditasi
Bagaikan sekuntum bunga yang indah tetapi tidak berbau harum; demikian pula akan tdk b'manfaat kata-kata mutiara yg diucapkan oleh org yg tdk melaksanakannya

Offline gryn tea

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.203
  • Reputasi: 34
  • Gender: Female
  • SABBE SANKHARA ANICCA
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #6 on: 30 September 2013, 10:26:47 AM »
Trz klo mw maen game
Lbh baik maen game candy crush

K indra uda level jauh tuh
Kalahin level k indra klo bisa
Bagaikan sekuntum bunga yang indah tetapi tidak berbau harum; demikian pula akan tdk b'manfaat kata-kata mutiara yg diucapkan oleh org yg tdk melaksanakannya

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #7 on: 30 September 2013, 10:47:25 AM »
Trz klo mw maen game
Lbh baik maen game candy crush

K indra uda level jauh tuh
Kalahin level k indra klo bisa
lebih baik lagi bisa buat game di hp android...atao iPhone....
nanti duit pun masuk lahhh....
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline gryn tea

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.203
  • Reputasi: 34
  • Gender: Female
  • SABBE SANKHARA ANICCA
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #8 on: 30 September 2013, 10:52:30 AM »
Cpdddd
lebih baik lagi bisa buat game di hp android...atao iPhone....
nanti duit pun masuk lahhh....

Cpdddd
Dia kan uda byk duit

Cpddd
Bagaikan sekuntum bunga yang indah tetapi tidak berbau harum; demikian pula akan tdk b'manfaat kata-kata mutiara yg diucapkan oleh org yg tdk melaksanakannya

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #9 on: 30 September 2013, 10:54:34 AM »
Bagaimana supaya supaya saya bisa semangat lagi dalam hidup ini?
membantu org lain tentu menciptakan semangat dlm hidup....
atao klo memang mau pergi.... coba donasikan semua bagian tubuh anda...itu juga bermanfaat


apakah saya sudah sakit jiwa (mungkin ada dokter disini)?
menurut penerawangan cumpol belum...tapi perlu makan sehat, multivitamin dst dst


bagaimana kalian bisa bertahan hidup dalam ketidakpastian dunia ini? apalagi saudara/i yang sudah punya anak.
sebenarnya cumpol suka juga ketidak pastian.... sehingga setiap kali buat masakan, cumpol ubah2...supaya ketidak  pastian itu terjadi, dan menu barupun tercipta...
..coba bayangkan, begitu bro milirik cewek cakep tsb... trus dia samperin dan bilang sama bro...
  punya duit berapa ? kapan mau buat akte nikah, langsung ya....
  nahhh kepastianpun tidak selalu indah....


apakah yang bisa saya jadikan pegangan dalam hidup ini?
bawa bekal sedikit...spt korek api, parang, jas hujan...dst...
   hidup di hutan selama seminggu...dan lihat apa pegangan
   dlm hidup ini.... sebelumnya pelajarin dulu di hutan bisa
   makan apa ya ? gimana buat rumah ? dst dst.....


success is my right...
AW
« Last Edit: 30 September 2013, 10:59:45 AM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline gryn tea

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.203
  • Reputasi: 34
  • Gender: Female
  • SABBE SANKHARA ANICCA
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #10 on: 30 September 2013, 11:23:44 AM »
K johan secheng
Napa gx kasi tahu sekalian cara bunuh diri yg ena
Bagaikan sekuntum bunga yang indah tetapi tidak berbau harum; demikian pula akan tdk b'manfaat kata-kata mutiara yg diucapkan oleh org yg tdk melaksanakannya

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 409
  • Reputasi: 33
  • Gender: Male
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #11 on: 30 September 2013, 12:57:06 PM »
Quote
apakah yang bisa saya jadikan pegangan dalam hidup ini?
bawa bekal sedikit...spt korek api, parang, jas hujan...dst...
   hidup di hutan selama seminggu...dan lihat apa pegangan
   dlm hidup ini.... sebelumnya pelajarin dulu di hutan bisa
   makan apa ya ? gimana buat rumah ? dst dst.....


success is my right...
AW

setuju, mungkin TS boleh coba berpetualang/mengalami pengalaman beratnya hidup,
baru bisa menghargai kehidupan.

mungkin selama ini hidup ts terlalu mudah, sehingga menganggap hidup ini gratis/
bahasa jawanya take for granted hidup ini :)

mungkin boleh ikut mendaki mount everest, atau puncak jaya


mungkin TS terlalu cengeng dan lembek mentalnya, maaf kalo menghakimi.


HIDUP INI KERAS BUNG!! Wake up..
« Last Edit: 30 September 2013, 12:59:31 PM by sl99 »
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #12 on: 30 September 2013, 02:21:23 PM »
Apakah anda sekarang tinggal di kost sendiri atau di rumah dengan keluarga?
mungkin karena ada kecenderungan dari masa lampau
jadi ketika ada situasi baru yg stress, jadi terbawa pikiran ttg bunuh diri itu
seperti masa puber SMP-SMA
dan saat pertama kuliah
dan sekarang saat awal mulai bekerja


beli banyak buah untuk cadangan makanan di rumah
dan coba jalan keluar untuk kena sinar matahari
untuk saat ini tidak perlu melihat berita2, terlalu banyak input malah tambah berat beban otak
dan apakah memungkinkan untuk tinggal kembali di rumah ortu?
sekarang yg bisa dilakukan adalah coba makan supaya sehat dulu


sewaktu SMP-SMA dengan beberapa kali percobaan bunuh diri,
bagaimana keluarga anda membantu anda saat itu?
bagaimana anda mengatasi saat2 itu?
apakah ada ke konseling, psikiater, dll?
apakah disertai dengan obat anti depresi dll?


Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #13 on: 30 September 2013, 02:32:37 PM »
kl menurut gw lu cuma cengeng bro,..cengeng menghadapi kehidupan ini,  :P , lu lelaki harus tegar, kayak kakao, dibilang ky gimanapun masih tetep hidup sampe sekarang :)) , hidup yang berharga itu bukan hidup kaya atau bergelimang harta, tapi hidup yang memiliki arti bagi seseorang atau orang lain,  ;D gw juga gamer, tapi sekarang lagi kere :)) jd ga punya duit buat main game lagi, terpaksa tekad gw harus jadi depelover game, biar gw kelak bisa muasin nafsu gamer gw,  ;D , kl menurut gw lu pendiam bro, kenapa nggak beli kamera DSLR, coba2 tekunin fotografi, hunting ke manapun lu suka, lu udh punya duit, kalau perlu ajak gw, tapi gw sampe sekarang lm kebeli kamera DSLR :'( , lu liat sisi keindahan dunia, tidak hanya gemerlap, cwe, dan minuman aj, ada culture, budaya, alam, petualangan, itu termasuk game kehidupan ini bro,..terus foto-foto itu lu cetak, tempel dikamar lu, pandangi kalau lu galau, nggak ada semangat hidup, liat kehidupan org lain dari mata lensa lu, lu foto kehidupan manusia dulu, sebelum ke alam, gmana bro?? ide gw nih :whistle: .kalau lu bosen coba deh maenin Romance of three kingdom versi PS2, lu kuasain tuh seluruh China ;D , gw sih udh beberapa kali namatin gamenya ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: [tolong masukan]curhat karena tidak ada semangat hidup
« Reply #14 on: 30 September 2013, 02:36:11 PM »
K johan secheng
Napa gx kasi tahu sekalian cara bunuh diri yg ena
ahh menindingan hari minggu kasih cuci mobil gratisann aja....
   dgn syarat...kalao pemiliknya sedikit CAKEP.....baca : SEDIKIT CAKEP....
 _/\_

dari pada repot2 bunuh diri!
dan check apa hasilnya...
merryXmas n happyNewYYYY 2018