Buddhisme Awal, Sekte dan Tradisi > Theravada

Was the Buddha born as a Once Returner?

(1/4) > >>

Predator:
ketika seseorang bertanya :

Was the Buddha born as a Once Returner?

Yesterday I listened to the Nalakapana Sutta MP3 by Ajah Brahm, and was so confused to hear AB’s saying “Buddha born as a Once Returner”

You can listen to that switching to following link and the exact time he mentioned that was between 1:19: 17 – 1:19:59 after beginning of the talk. (Please listen to it and let me know if I’m misinterpreting)

the link (http://www.bswa.org/modules/mydownloads/visit.php?cid=3&lid=424&PHPSESSID=9434fe8f3f311d9bb3e116a5101d6944)

My problem is,
Yes a once returner can be reborn as a human and become fully enlighten. But we don’t call them Buddha because they haven’t found the truth by their own.

But “The Buddha discovers dharma by his own”

If he was born as a once returner, he must have attain it in another Buddha Sasana, Using the teaching of a previous Buddha.
If so he cannot be a Buddha but just an arahat

The Buddha never mentioned that he was born as a once returner any where. So why Ajan Brahm is saying such a thing? Please correct me if I’m wrong.

Please Don’t get me wrong, I’m not criticizing AB, but I want to clarify. He is still my Best teacher


Lalu ajhan Brahm memberikan jawaban :

The Sautranhkas, one of the early 18 sects of Buddhism also claimed that Siddhartha Gotama was born a Sakadagami. In my presentation of the Nalakapana Sutta, I mentioned the many arguments in support of this thesis, not least of which was the fact that Siddhartha Gotama was a monk with previous Buddha Kassapa. According to all the texts, before Siddhartha Gotama achieved Full Enlightenment, he remembered his previous lives in detail. One of the most recent of these lives would have been as a bhikkhu under Kassapa Buddha where he would have learned the Dhamma. This fact makes it irrational to claim that Gotama Buddha discovered the Dharma by his own. Anyway, the texts do not state that this is a necessary requirement of a Buddha!

With metta
Ajahn Brahm

Kokuzo:
wedew, cool...   ;D
but mau Alfa Edison ato PLN yang nemuin listrik juga listrik tetep berguna bagi manusia...  :P

but, dalam sutta ada bagian Sang Buddha menyebutkan dia menemukan Dhamma sendiri?

Kalo ga salah pemutaran roda pertama ole Buddha Gotama kan? kalo zaman Buddha Kassapa udah ada bhikku, n Gotama belajar, berarti saat itu juga roda Dhamma udah berputar... bukan saat Gotama yan pertama kali?  :-? CMIIW

Kelana:
Dalam konteks pemutaran roda pertama oleh Buddha Gotama, saya merasa tidak ada yang aneh dalam masalah Sakadagami. Seorang Sakadagami pada kehidupan lampau bisa menjadi Buddha yang kembali memutar Dhamma yang terlupakan dengan syarat Dhamma memang telah terlupakan oleh dunia. Dan statusnya sudah berubah menjadi Bodhisatta ketika ia dilahirkan untuk yang terakhir kalinya. Dan karena proses kematian dan kelahiran kembali tidak menutup kemungkinan ingatan terhadap Dhamma yang dulu pernah ia dapatkan menjadi terlupakan, namun ia memiliki potensi untuk mengingatnya ketika Ia mencapai pencerahan.

Justru yang aneh adalah jarak antara masa Buddha Kassapa dengan kelahiran Buddha Gotama yang agak aneh. Jarak masa yang jauh tidaklah memungkinkan untuk lahir hanya 1 kali lagi jika mengacu konsep rebirth yang langsung tanpa jedah waktu. Jika ia sudah Sakadagami, maka ketika Bhikkhu Jotipala meninggal maka ia seharusnya lahir pada hari berikutnya juga pada masa Buddha Kassapa (jika Buddha Kassapa belum parinibbna)   

Sumedho:
kalau misalnya yah kita lihat bahwa pada masa pertapa sumedha bertemu buddha kassapa dia masih puthujana (bukan ariya), lalu disalah satu kehidupan ketemu salah satu buddha dan jadi sotapanna, lalu menjadi sakadagami ketika menjadi sakka. who knows.

kemungkinannya terlalu luas...

dilbert:
 Mencapai kesucian / nibbana (dengan mematahkan semua kilesa) menurut saya tidak sama dengan pencapaian seorang samma sambuddha. Menurut saya, seorang samma sambuddha merupakan pencapaian buddha (arahanta) yang paling sempurna dalam pengetahuan dhamma.

Dengan mematahkan semua kilesa, seseorang bisa mencapai tingkat arahanta, tetapi mungkin dalam penguasaa dhamma dan pengetahuan lainnya, pencapaian seorang samma sambuddha di atas pencapaian arahanta yang lain (savaka buddha maupun pacceka buddha). Oleh sebab itu, hanyalah samma sambuddha yang bisa menurunkan ajaran.

Jadi pencapaian sakadagami yang dicapai oleh siddharta, mungkin tidak sama dengan pencapaian sakadagami oleh individu lain, karena siddharta adalah seorang calon samma sambuddha (sehingga disebut bahwa kelahirannya adalah a once returner, bandingkan dengan semua siswa sang buddha yang mencapai tingkat arahat, apakah memang status mereka adalah sakadagami, jika ya, apakah penguasaan dhamma mereka sama dengan pencapaian dhamma seorang samma sambuddha???).

Demikian yang bisa saya pahami.

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version