//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: komentar atas ???n??iya Sutta  (Read 3162 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
komentar atas ???n??iya Sutta
« on: 21 February 2012, 10:42:08 PM »
Quote from:  DN 32 (Āṭānāṭiya sutta)
'Terpujilah Vipassī,[8]
Yang megah berpenglihatan tajam.
Terpujilah Sikhī juga,
Yang penuh belas kasihan terhadap semua makhluk.
Terpujilah Vessabhū,
Yang bermandikan pertapaan murni.[9] [196]
Terpujilah Kakusandha,
Penakluk bala tentara Māra,
Terpujilah juga Koṇāgamana,
Sang Brāhmaṇa sempurna.
Terpujilah Kassapa,
Terbebaskan dalam segala hal,
Terpujilah Angīrasa,
Putra Sakya yang bersinar,[10]
Sang Guru Dhamma
Yang mengatasi penderitaan.
Dan mereka yang terbebaskan dari dunia ini,[11]
komentar footnote [10]
Quote
Istilah angīrasa ‘bersinar’ berlaku untuk semua Buddha yang disebutkan.


dalam sumber komentar lain yang pernah saya baca, Angirasa merujuk pada Buddha Gotama, tetapi pada footnote diatas mengapa Angirasa merujuk pada semua Buddha yang disebutkan??
dalam baris selanjutnya dari syair tersebut tertulis "putra sakya yang bersinar"
Angirasa ini bukankah seharusnya merujuk pada Gotama yang notabene merupakan keturunan Sakya??
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: komentar atas ???n??iya Sutta
« Reply #1 on: 22 February 2012, 12:01:28 AM »
komentar footnote [10]

dalam sumber komentar lain yang pernah saya baca, Angirasa merujuk pada Buddha Gotama, tetapi pada footnote diatas mengapa Angirasa merujuk pada semua Buddha yang disebutkan??
dalam baris selanjutnya dari syair tersebut tertulis "putra sakya yang bersinar"
Angirasa ini bukankah seharusnya merujuk pada Gotama yang notabene merupakan keturunan Sakya??


confirmed, tidak ada kesalahan.
Angirasa = bersinar. Semua Buddha memang bersinar kan?

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.155
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: komentar atas ???n??iya Sutta
« Reply #2 on: 22 February 2012, 07:56:42 AM »
setiap bintang di langit  saja mempunyai cahaya yang unik tersendiri.

putra sakya yang bersinar secara sederhana di antara putra putra kaum sakya ada satu yang lebih bercahaya di banding lain nya (entah keunggulan dalam ilmu pengetahuan, tata krama, memanah, dll jadi tidak hanya dhamma pada saat tersebut [saat alam sutra tersebut ]tapi keunggulan lain yang di miliki dahulu oleh sang bodhisatva Sidartha Gautama sebelum mencapai ke Budddhan).
« Last Edit: 22 February 2012, 07:59:29 AM by daimond »

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: komentar atas ???n??iya Sutta
« Reply #3 on: 22 February 2012, 02:57:43 PM »
confirmed, tidak ada kesalahan.
Angirasa = bersinar. Semua Buddha memang bersinar kan?
yah, tapi dalam setiap baris penyebutan nama seorang buddha, IMO selalu diiringi oleh ciri-ciri yang lebih mencolok dibandingkan ciri lainnya..

Quote
'Terpujilah Vipassī,[8]
Yang megah berpenglihatan tajam. => ini cirinya buddha Vipassi
Terpujilah Sikhī juga,
Yang penuh belas kasihan terhadap semua makhluk. => ini ciri-ciri buddha Sikhi
Terpujilah Vessabhū,
Yang bermandikan pertapaan murni. => ini ciri buddha Vessabhu
dst.....

Terpujilah Angīrasa,
Putra Sakya yang bersinar, => ini bukankah ciri buddha Angīrasa??
ataukah saya yang salah paham??
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: komentar atas ???n??iya Sutta
« Reply #4 on: 22 February 2012, 03:02:45 PM »
yah, tapi dalam setiap baris penyebutan nama seorang buddha, IMO selalu diiringi oleh ciri-ciri yang lebih mencolok dibandingkan ciri lainnya..
ataukah saya yang salah paham??

maka penjelasan footnote itu menjadi penting. Angirasa bukan nama salah satu Buddha, baris itu bermakna terpujilah Semua Buddha.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: komentar atas ???n??iya Sutta
« Reply #5 on: 22 February 2012, 03:06:40 PM »
lalu kenapa baris dibawahnya tertulis: "Putra Sakya yang bersinar" om??
kalau penjelasan atas Angirasa adalah "Putra Sakya yang bersinar" bukankah maknanya jadi lebih spesifik??
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: komentar atas ???n??iya Sutta
« Reply #6 on: 22 February 2012, 03:17:21 PM »
lalu kenapa baris dibawahnya tertulis: "Putra Sakya yang bersinar" om??
kalau penjelasan atas Angirasa adalah "Putra Sakya yang bersinar" bukankah maknanya jadi lebih spesifik??

karena Angirasa itu tidak secara spesifik merujuk pada putera Sakya.


1. Angirasa (Angīrasa).-A name applied to the Buddha several times in the Pitakas. (E.g., Vin.i.25; D.iii.196; S.i.196; A.iii.239; Thag.v.536; J.i.116). In the Commentaries three etymologies are given: Buddhaghosa says that "it means emitting rays of various hues from the body," and that the word is therefore applicable to all Buddhas alike (DA.iii.963). Dhammapāla adds that it signifies being possessed of attainments such as virtue, and also that according to some, Angirasa was a personal name given by the Buddha's father in addition to Siddhatha (ThagA.i.503. It is worth noting that in AA.i.381 Siddhattha is referred to as Angīrasa Kumāra.)

Angirasa

It is, however, well-known that, according to Vedic tradition, the Gautamas belong to the Angirasa tribe (see Vedic Index: Gotama); the word, as applied to the Buddha, therefore, is probably a patronymic, in which case we have another example of a Ksatriya tribe laying claim to a brahmin gotra. See Thomas: Life and Legend of the Buddha, p.22-3.