Sobat,
Ini ada artikel dari seorang kr****n yang mengaku tentang keyakinannya. Menarik untuk dipelajari untuk dua hal: (1) untuk mengetahui bagaimana orang kr****n beradaptasi dengan keraguan yang timbul di balik imannya; (2) dapat juga digunakan secara tidak langsung untuk membandingkan dengan keyakinan kita dengan Buddhisme (meski tidak semuanya mengakuinya sebagai 'keyakinan').
Selamat membaca, dan semoga bermanfaat.
===============
Umat Kristiani yang Meragu Oleh Jason Boyett
Saya seorang Kristiani. Saya berasal dari keluarga Kristiani dan tinggal di Sabuk Alkitab (the Bible Belt). Saya telah menjadi anggota gereja Baptis Selatan yang sama sejak saya belajar kata "Yesus Mencintaiku" sejak sebelum sekolah. Aku menulis untuk majalah kr****n, buku saya bisa ditugaskan untuk kategori Amazon “Religion & Spirituality > Christianity,” dan aku bisa menyebutkan dengan cepat nama-nama para nabi minor dalam Perjanjian Lama lebih cepat daripada saya mengingat nama-nama the Kardashian.
Namun ada kalanya saya tidak sepenuhnya yakin kalau saya percaya pada Tuhan.
Ini adalah pengakuan saya yang kubuat dengan semakin lebih nyaman selama beberapa bulan terakhir ini, namun saya melakukannya dengan takut dan gentar. Masa kini, keyakinan tampaknya sama mendasarnya bagi kekr****nan injili sebagaimana halnya dengan salib. Pengakuan apapun yang berlawanan dengannya -- keraguan - - masih memiliki kekuatan yang mengguncang.
Kelemahan manusia yang lainnya sudah menjadi mainstream. Nafsu birahi, misalnya. Setelah membaca buku saya yang terbaru mengenai perjuangan saya sendiri meyakini, seorang mahasiswa pria berkata kepada saya bahwa dia dengan mudah mengakui kalau ia kecanduan pornografi ke gerejanya ketimbang mengakui kalau ia meragukan keberadaan Tuhan.
Seperti halnya nafsu birahi, perzinahan tidak lagi mengejutkan lagi bagi kita. Ini terjadi pada penginjil televisi terkenal seperti Benny Hinn dan hal itu terjadi pula pada para pria di bangku depan gereja. Kita akan memaafkan ketidakjujuran dan kemunafikan, juga. Ted Haggard terjerumus dengan cepat dan keras, tapi dia kembali dengan gereja dan pelayanan baru.
Tapi keraguan berbeda. Dalam dunia para penganut kr****n yang semrawut, Anda tidak menemukan banyak yang mengakuinya secara terbuka. Aku pernah mendengar mengenai Gereja-gereja Pantekosta yang meminta para peragu untuk keluar dari pelayanan doa mereka, khawatir jika mereka bisa mengurangi kehendak Allah untuk bertindak. Seorang pembaca berkata bahwa dia tidak mungkin membaca buku saya di depan anggota keluarganya. Dia khawatir akan apa yang mungkin akan mereka kira.
Mengapa keraguan menjadi tabu? Alkitab yang memerintahkan untuk "percaya dan tidak ragu-ragu" (Yakobus 1:6) merupakan akar, meskipun mereka juga dapat membaca bersama di dalamnya kisah-kisah para pahlawan seperti Abraham, Daud, dan para murid - yang bertanya langsung, dengan pertanyaan jujur tanpa dampak timbal balik dengan dasar untuk menyerangnya.
Masalah lain adalah kebutuhan kita untuk diterima. Kekr****nan dapat menjadi budaya yang dikendalikan oleh penampilan belaka layaknya dalam pergaulan sekolah atau klub pertemanan. Orang ingin menyesuaikan diri. Bila Anda berada di sekeliling lingkungan yang bahagia, tersenyum, para umat gereja yang bercerita tentang perbuatan Allah yang tiada henti dalam hidupnya, sulit bagi Anda untuk tidak mengakui bahwa juga mengalami suatu yang ilahi secara pribadi, dan bahwa penemuan-penemuan terbaru dalam ilmu saraf menyela sesaat, dan mengapa masalah kejahatan tidak membuat semua orang tetap terjaga di malam hari seperti halnya yang kualami?
Jadi kita menyamar keraguan kita di balik topeng kebenaran. Kita berpura-pura semuanya memiliki iman bersama-sama. Untuk orang begitu berkomitmen untuk Kebenaran-dengan-‘K’-besar modal, dibutuhkan sedikit usaha bagi kita untuk memilih dengan otomati bentuk ketidakjujuran demikian.
Kesalahan kita adalah kita melihat keraguan dan iman sebagai hal yang berlawanan. Aku dibesarkan memandang "iman" sebagai kemampuan untuk percaya akan anggapan-anggapan tertentu - bahwa Allah ada atau bahwa Yesus mati untuk dosa-dosa saya. Jika secara mental dapat menyetujui daftar anggapan-anggapan tersebut, saya memiliki iman. Jika saya bergulat dengan iman tersebut, maka aku memiliki keraguan. Iman dan keraguan tidak bisa hidup berdampingan.
Saya telah menghabiskan tiga decade untuk mempelajari kalau saya salah. Keraguan adalah penting untuk iman. Iman, menurut definisi, membutuhkan ketidakpastian. Menjawab "Saya tidak tahu" untuk sebagian besar pertanyaan-pertanyaan keagamaan bukan hanya jujur, tetapi juga rendah hati. Saat ini, jika aku memiliki iman, itu dalam kesediaan saya untuk mengikuti ajaran-ajaran Kristus meskipun saya ragu-ragu. Iman, bagi saya, adalah tindakan.
Dalam di lembah keraguan, aku masih menyebut diriku seorang kr****n dan mencoba untuk melayani orang lain, mengasihi musuhku, dan jika tidak hidup seperti seorang pengikut Yesus ... bahkan pada saat-saat ketika agnostisisme tampak menggoda. Bahkan pada hari-hari aku kerja untuk mendamaikan teori evolusi dengan Alkitab. Bahkan pada kala Aku tidak yakin Allah ada.
Aku adalah seorang peragu besar, yang teramat, dan aku belajar untuk menerimanya.
Jason Boyett adalah penulis, penceramah, dan penulis buku "O Me of Little Faith: True Confessions of a Spiritual Weakling." Blogsnya ada di www.omeoflittlefaith.com dan tweets [at] jasonboyett. Jason tinggal di Texas dengan isteri dan dua anaknya.