Topik Buddhisme > Diskusi Umum

Apakah ada usaha coba mencoba oleh Mr. X didalam Buddhism ?

(1/2) > >>

dipasena:
Kalo kata coba mencobai di agama Samawi udah bi-asa, bukan hal umum, dimana penderitaan yg di alami manusia pasti cobaan dari Mr. X [sekarang malah ada teori baru, mencari si kambing hitam, eit... salah si setan/iblis], kalo kebahagiaan pasti berkah/mukjijat dari Mr. X kenapa musti di cobain tuh manusia ? byk alasan yg akan keluar...

nah, apakah di dalam Buddhism ada hal seperti itu pula ? krn saya baru dapat artikel yg mengatakan si A mendapat cobaan dari Mrs. X [versi Buddhism]

mohon sharingnya  _/\_

Forte:
Bro..
Articlenya di post donk.. Biar lebih afdol dan ada gambaran menjawab..

dipasena:

--- Quote from: Hedi Kasmanto on 26 July 2007, 09:41:52 AM ---Bro..
Articlenya di post donk.. Biar lebih afdol dan ada gambaran menjawab..


--- End quote ---

Potongan nya aja yah...

Sejarah Tembok Cina
Runtuhnya sebagian tembok besar Cina

Besarnya cinta pada suaminya meruntuhkan sebagian dari tembok besar Cina.



Saat Kaisar Hsi Huang Ti mendapat cobaan dari Dewi welas asih dengan 2 tangkai mawar, yang satu telah mekar dan yang lainnya masih kuncup.
Karena rasa bakti Kaisar Hsi pada istrinya, mawar yang telah mekar dengan indahnya diberikan pada istrinya, sedangkan yang masih kuncup dipersembahkan pada ibu suri (ibunya).

Disinilah sebenarnya cobaan dimulai, mawar yang sudah mekar mulai layu dan mulai, dibarengi oleh layunya kecantikan sang permaisuri, sedangkan mawar kuncup yang dipersembahkan pada ibu suri mulai mekar diiringi oleh keajaiban sang ibu suri juga semakin cantik, bahkan kelihatan lebih muda dari sang permaisuri.

...
...


email ini dr teman saya, dia pun dapat secara berantai dr teman yg lain... entah ini legenda ato gimana, tp kata2 seperti itu dah tersebar luas, kata2 cobaan dr Mrs. X, kalo ngikuti logika orang atheis :

"untuk apa kita dicoba-i oleh Mr/Mrs. X, sedangkan mereka diklaim sebagai maha tau. A tau, B mencintai-nya dan B jg tau, A mencintai-nya, tapi B maha mengetahui, entah mengapa B ragu terhadap si A, sehingga B mencobai/ngetes si A, masa B lupa kalo dia lebih mengetahui apa pun dr pada si A, jd untuk apakah sebenarnya B mencobai/ngetes si A"

apakah bener didalam Buddhism ada hal seperti itu pula ?

Sumedho:
Kayaknya sih enggak ada. Kalau itu sepertinya merujuk pada cerita rakyat disana saja. Kebetulan namanya Dewi welas asih. Sering kali ketuker2x deh..

davit_c:
Kyknya kata cobaan adalah kata yg paling umum digunakan untuk mereferensikan bahwa seseorang mengalami hal yang tidak menyenangkan dalam hidupnya...

Dalam Buddhism, bukankah kita sudah tahu bahwa segala hal yang dialami entah itu baik atau tidak baik, menyenangkan atau tidak menyenangkan berhubungan dengan kammanya sendiri?

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version