//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mengentaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?  (Read 10720 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Mengentaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« on: 12 July 2007, 06:10:07 PM »
Habis baca artikel menarik Mentaskan Kemiskinan

Bila kita belajar dari negara lain seperti RRC misalnya dimana starting point jumlah rakyat miskinnya jauh lebih parah dibanding Indonesia,tentunya kondisi Indonesia tidak separah saat ini.
Sejak tahun 1976 RRC mencanangkan program EMPAT MODERNISASI yaitu perbaikan secara cepat bidang Pertanian,Industri,Ilmu pengetahuan/teknologi dan Pertahanan.
Bagi ibu2 dan pemuda2 yang tidak/belum bekerja,pemerintah mendirikan ribuan BENGKEL KERJA LINGKUNGAN[semacam Usaha Bersama/koperasi] disetiap wilayah setingkat kelurahan yang memproduksi hampir semua bentuk barang hasil industri ringan,seperti pakaian, lampu senter,minuman/makanan kaleng,kue2 kering,alat2 pertukangan, alat pertanian,mainan anak2  dan sejenisnya,dimana mereka mengatur sendiri gaji dan keuntungannya, setelah dipotong pajak dibagikan secara proposional pada anggautanya, mereka tidak diwajibkan mengembalikan investasi negara tetapi hanya membayar pajak penghasilan saja.

Multiple effek dari bengkel kerja lingkungan tersebut sangat luar biasa,memicu munculnya usaha2 lain seperti penitipan anak,catering,jasa ekspedisi dan sebagainya,sehingga mampu menyerap pengangguran dan membawa perubahan positip sosioekonomi kota2 dan perdesaan di RRC.
Justru Bengkel kerja lingkungan tersebutlah yang menjadi embrio bangkitnya industri2 raksasa dan masuknya investor asing ke RRT.
Pada pertengahan tahun delapan puluhan,produk2 bengkel lingkungan inilah yang membanjiri pasar dunia dengan harga yang sangat murah,sehingga membuka mata dunia bahwa rakyat RRT MAMPU memproduksi barang2 baik dan murah yang merangsang investor asing membangun industri2 disana untuk dieksport kenegara mereka.
Bengkel kerja lingkungan juga merupakan PEMASOK terbesar tenaga2 terampil ke industri2 besar di China,serta merupakan model KERJA SAMA pemerintah dengan swasta yang merupakan titik balik dari sistim sebelumnya[pemerintah menguasai dan mengatur perekonomian negara]berubah mengikuti hukum penawaran dan permintaan/pasar.


selama ini beberapa melihat diskusi di antara peserta milis mengenai baksos, lbh baik memberi kail atau ikan?
menurut aku 2-2nya penting, ikan untuk menyambung hidup hari ini -> dan ini yg biasanya dilakukan.
dan kail untuk menyambung hidup lusa ketika ikan sdh habis ->yg sptnya msh jarang.

melihat bagaimana pemerintah RRC melakukan pengentasan kemiskinan spt itu, bisakah kita melakukan hal yg sama untuk komunitas buddhist yg berada di bawah garis kemiskinan?

saya sih kepikirannya, tergantung daerah tempat komunitas buddhist itu memiliki kelebihan apa.. dr sana baru bisa dibuat program bengkel kerja spt apa. kalo daerah nelayan, tentunya programnya pengolahan hasil laut, untuk daerah pertanian, bisa ttg pembuatan tempe dan tahu.

bagaimana mnrt anda?
« Last Edit: 19 July 2007, 07:24:13 PM by langitbiru »
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #1 on: 12 July 2007, 07:23:12 PM »
Kalau RRC ada bukti nyata dan pengalaman sukses, kita bisa tiru.

Akan tetapi yg bertugas untuk mengaplikasikan ini dilapangan itu yang tidak ada. Perlu seseorang dengan visi dan konsisten. Dan fulltime tentunya.

Kalau dilihat yah, Majelis Buddhayana Indonesia dalam kegiatannya, mereka banyak mempekerjakan fulltimer untuk melaksanakan kegiatan sosial atau pemberdayaan. Dan terbukti berhasil.

Pengalaman dari China dan dari teman-teman di MBI tentu bisa jadi contoh.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.589
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #2 on: 12 July 2007, 07:31:19 PM »
Menurut saya berbalik lagi ke pribadinya..

Di RRC, mungkin pribadi2 di sana ingin terlepas dari masalah dengan cara berusaha..
Tetapi kalau di Indo, mungkin agak sulit, pribadi2 di sini sudah banyak lengah oleh SDA yang berlimpah, jadi mereka lebih banyak memikirkan bagaimana memanfaatkan alam tanpa harus berusaha.. (lebih canggih kan). Dan hanya sedikit yang berpikir positif bahwa dengan berusaha maka hasilnya lebih baik..

Selain itu, bila saya lihat.. Di sini banyak sekali imitator tanpa pemikiran yang panjang.. Misalnya melihat suksesnya suatu usaha.. Mereka berlomba2 membuka usaha yang sama tanpa ada ide untuk improvisasi dan inovasi. Jadi akibatnya produk yang mereka hasilkan tetaplah urutan ke 2. Karena brand image konsumen tentu pada produk yang pertama kali muncul yaitu produk inovator.

Akibatnya.. yang kaya makin kaya.. yang miskin makin miskin..

Memang benar.. dibutuhkan kail dan ikan.. Keduanya penting. Tetapi selain itu jika bisa diberilah ikail, bukan ikan dan bukan juga kail..
Agar mereka termotivasi untuk melakukan gebrakan perubahan.. jangan monoton itu itu saja..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #3 on: 12 July 2007, 09:14:13 PM »
Susahnya Baksos di indonesia adalah banyak prosedurnya dan macam2 nya  >:D<
Smile Forever :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.589
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #4 on: 13 July 2007, 06:49:55 AM »
Iya.. post di atas juga ada benarnya..
Contohnya di padang.. mau melakukan apa2 sangat susah..
Pemugaran Vihara saja dipersulit ini itu.. jadi kesannya UUD (Ujung2 Duit)
 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #5 on: 13 July 2007, 07:12:44 AM »
Yup benar di indonesia sulit.
Bahkan untuk yang menguntung kan negara saja kita harus bayar.  >:(
Yang saya dengar ngurus pajak saja harus bayar.  >:(
Kalau begitu lebih baik tidak bayar.  >:D

regards.

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #6 on: 13 July 2007, 01:54:07 PM »
Quote from: Sumedho
Akan tetapi yg bertugas untuk mengaplikasikan ini dilapangan itu yang tidak ada. Perlu seseorang dengan visi dan konsisten. Dan fulltime tentunya.

emang untuk pelaksanaannya diperlukan orang yang fulltime. Roma tidak dibangun dalam 1 hari   :D
saya juga ngusulinnya masih omdo doang, siapa tahu ada org yg memang punya waktu n tenaga untuk merealisasikannya :-[

Quote from: Hedi Kasmanto
Menurut saya berbalik lagi ke pribadinya..
menurut saya sih, jangan apriori dulu ;D *positifthinking*
Quote
Agar mereka termotivasi untuk melakukan gebrakan perubahan.. jangan monoton itu itu saja..
:)) sabar hedi, kalo malihat kemajuan cina, mereka mulai dari meniru. yup.. meniru habis2an, sampai2 membajak segala software, hardware, desain. dan setelah sekian tahun kemudian, baru muncul ide2 baru, krn mrk sdh memiliki cukup uang untuk melakukan research sendiri.

Quote from: LotharGuard
Susahnya Baksos di indonesia adalah banyak prosedurnya dan macam2 nya
wah..bisa diceritakan sdr lothar?

Quote from: Kalyanadhammo
Bahkan untuk yang menguntung kan negara saja kita harus bayar.
Yang saya dengar ngurus pajak saja harus bayar.   >:(

setahu saya, beberapa kantor pemerintahan sdh melakukan pembenahan.
coba dicek lagi sdr kalyana, setahu saya kalo untuk pajak perorangan sih gampang ngurusnya, ga perlu bayar ini itu.
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #7 on: 13 July 2007, 02:49:38 PM »
Ooo begitu.
Hmm saya hanya mendengarnya saja dari teman2 saya & saudara.
Biasa belum bayar pajak langsung.  ^-^

regards.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.589
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #8 on: 13 July 2007, 04:05:38 PM »
Quote from: Hedi Kasmanto
Menurut saya berbalik lagi ke pribadinya..
menurut saya sih, jangan apriori dulu ;D *positifthinking*
Quote
Agar mereka termotivasi untuk melakukan gebrakan perubahan.. jangan monoton itu itu saja..
:)) sabar hedi, kalo malihat kemajuan cina, mereka mulai dari meniru. yup.. meniru habis2an, sampai2 membajak segala software, hardware, desain. dan setelah sekian tahun kemudian, baru muncul ide2 baru, krn mrk sdh memiliki cukup uang untuk melakukan research sendiri.

Maklum.. semangat berapi2.. sampai kebakar kali ye.. :))

 _/\_
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #9 on: 13 July 2007, 08:27:29 PM »
 :)) bisa dimengerti kok sdr hedi..
klliat indosuka pusing, kyknya kok kusut amat ya  ;D
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #10 on: 14 July 2007, 01:15:48 PM »
Susah Baksos di Indonesia

Dari sumber pengumpulan dana = banyak yang tidak percaya dan kadang dituduh Korupsi, Banyak yang No Open tidak mau jadi sponsor karena kita tidak ada Badan Yayasan or kalau bergerak sendiri atau kelompok selalu ditanya sanggup tidak?  >:(

Sebelum Baksos di Wilayah A = Mau bicarakan dulu dengan Kepala Lurah, Lorong, Preman2 setempat kalau tidak wehhh susah dipersulit dan hasil pembicaraan hasil2nya UUD.  :o

Setelah Baksos = penerima bantuan Baksos diminta Jatah oleh Preman2 setempat, kalau tidak  >:D

Buktinya saya saat ke rumah Acek Goh Siak Tjung kasih dana nanti saat mau pulang ada Preman datang minta Uang, saya tanya kenapa dikasih??? Jawabannya "Kalau tidak kasih, Tamu yang datang dipersulit"  ^:)^ ^:)^

Kalau urusan Pajak tidak usah ditanya lagi pasti UUD, Kalau tidak silakan Menunggu  =))

 _/\_
Smile Forever :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.589
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #11 on: 14 July 2007, 01:38:37 PM »
Indonesiaku sayang..
Indonesiaku malang..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #12 on: 14 July 2007, 02:18:05 PM »
ngomong2x baru sadar judul topiknya
"Mementaskan Kemiskinan dengan baksos". Mementaskan itu dari kata pentas ? Maksudnya show gitu kan ?
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.589
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #13 on: 14 July 2007, 04:48:37 PM »
Mengentaskan.. :P
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Mementaskan Kemiskinan dgn Baksos, Mungkinkah?
« Reply #14 on: 18 July 2007, 10:09:23 AM »
Ngomong2 soal Baksos jadi teringat tentang thailand waktu krismon waktu itu pada nyumbang emas buat bantu negara dan hasilnya cukup berhasil.
Di Indonesia juga dilakukan hal yang sama kalau gak salah oleh Mbak Tutut pada waktu itu.
Hasilnya katanya duitnya gak jelas pemakaiannya.  ;D ;D ;D

regards.

 

anything