emank, agak kering... ya iyalah kan dibuka gitu makanannya, kena angin, kena asep, kena panas, dll... pasti rasanya beda... tapi kaga tau kalo mank ada 'kebenaran' lainnya ya...
sya pernah nanya hal ini ke kk senior gitu di vihara...
katanya seh nggak pasti yang diundang akan datang... in case kalo si alm uda tumimbal lahir gimana? kalo mank kebetulan dia berada di alam makhluk halus mungkin bakal dateng... (but sya kepikiran, masa seh engkong gw jadi setan, dia kan baek )
yah meskipun yang diundang tidak dateng, makhluk" laen yang tak diundang yang akan dateng 'menikmatinya'... menikmati disini ga tau secara harfiah ato ikut merasa bahagia karena pelimpahan jasa ini...
oh ya pada nonton The Eye kan dulu... nah di film itu setannya makan lilin...
betul seh, kena panas, kena angin, kena asap dan lainnya... tp khusus kaya acara gtu kita bisa bedakan rasanya (ini bukan sugesti jg rasanya, siapa yg pernah mencoba nya ?)... kalo panas, asap, angin paling mentok kan atos/keras tuh fisik kue/daging, tapi bagiamana dengan buah ? kadang rasanya rada tawar...
gw pernah tanya, katanya mereka yg bs liat sih, itu ada mahluk yg dtng tp cuma memakan sari dari makan tersebut, makanya rasanya beda, kalo manis jd hambar kan mencolok ya, tapi kalo fisik kita bs jelaskan secara logika, misalkan jd keras/atos
betul... kan ga selalu leluhur kita itu terlahir dialam rendah, tp ada kemungkinan terlahir di alam manusia lg ato ke alam yg lebih luhur... nah jd persembahan/sesaji itu tidak di gunakan, tp ada kemungkinan mahluk halus yg punya ikatan kamma lampu/dikehidupan lampau (dialam menderita) yg datang "menikmati" nya...
seperti kata 7th, kata "menikmati" itu masih kabur arti sesungguhnya dalam kasus ini, tp yg pasti mereka tidak menikmati secara harfiah seperti makan fisik lilin, kalo itu lilin ga dibakar pun dah habis, trus pabrik lilin bs tekor trus tuh
... ayo siapa yg punya abinna, mungkin bs tulung jelaskan ini...
Mengenai orang baik menjadi setan... itupun menurut saya mungkin terjadi... karena setahu saya salah satu penyebab paling besar yg mengkodisikan dia terlahir sebagai apa, adalah kondisi pikirannya pada saat2 terakhir...
apakah pasti selalu
kondisi pikiran yg terakhir yg menentukan ? berarti konsep kamma/karma disini bisa dipatahkan donk ? sebab-akibat ini tidak berlaku untuk kasus ini ?
bayangi aja, preman yg jarang berbuat bajik, tapi waktu mau TKO dia mikir aja hal yg indah2 (lepaskan konsep abhidhamma mengenai pikiran yg bergetar beberapa kali menjelang kematian tiba) misalkan pikirin banyak bidadari yg cantik2 dan hal2 yg baik lainnya, berarti dia terlahir di alam yg lebih baik dunk...berarti bs di akali donk kematian itu ? ehm...